close

Pengertian Nilai Berdasarkan Para Hebat Dan Secara Umum [Terlengkap]


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Pengertian nilai – Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Secara bahasa, nilai mampu diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai mampu dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan insan.

Secara biasa , nilai adalah rancangan yang menunjuk pada hal hal yang dianggap berharga dalam kehidupan insan, yaitu tentang apa yang dianggap baik, layak, pantas, benar, penting, indah, dan diinginkan oleh penduduk dalam kehidupan sehari-hari.


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Sebaliknya, hal-hal yang dianggap tidak pantas, jelek, salah dan tidak indah dianggap selaku sesuatu yang tidak bernilai. Sesuatu dibilang mempunyai nilai, bila memiliki kegunaan, kebenaran, kebaikan dan keindahan.

Contohnya emas dianggap selaku sesuatu yang bernilai sebab beliau memberi berguna, memiliki kegunaan serta berguna bagi insan. Sedangkan limbah dianggap tidak bernilai karena sifatnya buruk, jelek dan merugikan serta tidak memiliki manfaat sama sekali.

(baca juga pemahaman norma)

pengertian nilai

Pengertian Nilai

Berikut akan dibahas pengertian dan definisi nilai secara biasa dan berdasarkan usulan para hebat.

Definisi Nilai Secara Umum

Pengertian nilai secara biasa yakni konsep biasa wacana sesuatu yang dianggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan, diinginkan, dihayati, dan dilakukan dalam kehidupan sehari hari dan menjadi tujuan kehidupan bareng di dalam golongan masyarakat tersebut, mulai dari unit kesatuan sosial terkecil sampai yang terbesar, mulai dari lingkup suku, bangsa, hingga masyarakat internasional.

Nilai juga mampu didefinisikan selaku sebuah bentuk penghargaan serta keadaan yang berfaedah bagi manusia sebagai penentu dan pola dalam menganggap dan melakukan sebuah tindakan.

Dengan mengacu kepada sebuah nilai, seseorang mampu menentukan bagaimana dia harus berbuat dan bertingkah laku yang bagus sehingga tidak menyimpang dari norma-norma yang berlaku.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Selain penjelasan secara lazim, para ahli dan pakar memiliki pertimbangan yang berbeda-beda dalam menandakan definisi nilai. Berikut merupakan pengertian nilai menurut para ahli secara lengkap,

Menurut Spranger

Arti nilai berdasarkan Spranger yakni sebuah tatanan yang dijadikan tutorial oleh individu untuk menimbang dan menentukan alternatif keputusan dalam suasana sosial tertentu.

  Metode Politik Budaya, Penduduk Batak

Menurut Horrocks

Pengertian nilai yakni sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial menciptakan keputusan tentang apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan.

Menurut Antony Giddens (1995)

Nilai merupakan suatu gagasan yang dimiliki seseorang maupun golongan mengenai apa yang patut, apa yang diharapkan, serta apa yang bagus dan jelek.

Menurut Horton & Hunt (1987)

Definisi nilai yaitu sebuah ide tentang apakah suatu tindakan itu penting ataukah tidak penting.

Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lmm (1998)

Nilai yakni sebuah pemikiran gotong royong (kolektif) tentang apa yang dianggap penting, baik, patut dan dikehendaki, sekaligus perihal yang dianggap tidak penting, tidak baik, tidak layak dan tidak diinginkan dalam hal kebudayaan. Nilai merujuk kepada suatu hal yang dianggap penting pada kehidupan insan, baik itu sebagai individu ataupun sebagai anggota masyarakat.

Menurut Nietzsche

Pengertian nilai menurut Nietzsche merupakan sebuah tingkat atau derajat yang diharapkan oleh manusia.

Menurut Danandjaja

Nilai yakni pemahaman yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kurang penting, apa yang lebih baik dan kurang baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

Menurut Gordon Allport

Nilai berdasarkan Gordon yakni sebuah iman yang dapat menciptakan seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.

Menurut Mulyana

Nilai diartikan oleh Mulyana sebagai sebuah iman dan referensi untuk menentukan suatu opsi.

Menurut Kluckhohn

Nilai yakni sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan kepada cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

Menurut Notonagoro

Menurut Notonagoro, nilai berisikan 3 (tiga) nilai pokok yang utama, yakni nilai vital, nilai materil, dan nilai rohani.

Menurut Ralp Perry

Pengertian nilai menurut Ralp Perry ialah suatu objek yang berasal dari minat suatu individu

Menurut Fraenkel

Pengertian nilai merupakan suatu konsep ataupun pandangan baru mengenai apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting.

Menurut Kupperman 

Arti nilai yakni suatu standar yang bersifat normatif dan dapat mensugesti manusia dalam memilih sebuah pilihan.

Menurut Louis O. Kattsof (1987)

Nilai dibagi menjadi dua macam oleh Louis, dimana terdapat nilai intristik yang ialah nilai yang semulanya sudah bernilai, dan yang kedua yakni nilai instrumental dimana nilai merupakan hasil dari sesuatu akibat digunakan sebagai sarana dalam meraih sebuah tujuan.

Djahiri (1999)

Nilai ialah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, desain, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional.

  Konsep Institusi Sosial

Menurut Purwodarmito

Nilai dapat diterangkan menjadi lima hal, di antaranya yaitu harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu mutu, dan juga sifat-sifat yang penting.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian nilai menurut Koentjaraningrat yakni sebuah bentuk budaya yang memiliki fungsi selaku sebuah pemikiran bagi setiap insan dalam masyarakat. Bentuk budaya ini dikehandaki dan bisa juga dibenci tergantung daripada asumsi baik dan jelek dalam penduduk .


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
data-ad-slot=”1135366004″
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Menurut Alvin L. Bertrand

Nilai yaitu kesadaran yang dibarengi pemikiran atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini mampu baik dan bisa juga buruk. Oleh karenannya setiap penduduk harumampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang dijalaninya.

Menurut Robert Lawang

Definisi nilai yaitu gambaran perihal apa yang dikehendaki, berguna, patut, dan juga mampu memengaruhi sikap sosial setiap individu yang mempunyai nilai tersebut. Nilai ini menjadi cerminan serta menjadi fatwa tata tertip kehidupan penduduk .

Menurut Karel J. Veeger

Nilai yakni sebuah kiteria yang dberikan kepada individu ke individu lain menurut dengan tindakan yang dilakukan. Pengertian ini secara pribadi juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan menurut budpekerti.

Menurut Kimball Young

Pengertian nilai yakni asumsi abstrak dan kerap kali tidak disadari apa bergotong-royong yang penting dalam masyarakat.

Menurut AW Green

Definisi nilai yaitu kesadaran berlangsung dengan disertai emosi kepada sebuah objek.

Menurut Bambang Daroeso

Arti nilai yaitu sebuah kualitas atau pengahargaan terhadap sesuatu, yang menjadi dasar penentu tingkah laris seseorang.

Menurut Hendropusptio

Nilai yakni segala sesuatu yang penduduk mampu hargai alasannya nilai memiliki daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.

Menurut Simanjuntak 

Pengertian nilai menurut Simanjutak yakni inspirasi-ilham yang berkembang pada penduduk perihal sesuatu yang bagus.

Menurut Nursal Luth dan Dainel Fernandez

Nilai yakni perasaan-perasaan wacana apa yang dikehendaki atau tidak dikehendaki yang memengaruhi sikap sosial dari orang yang memiliki nilai itu. Nilai ialah kumpulan perilaku dan perasaan-perasaan yang senantiasa diperlihatkan lewat perilaku oleh insan.

Menurut Sidi Gazalba

Nilai yaitu sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah yang menuntut pembuktian empirik, melainkan penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki.

Menurut Chabib Thoha

Arti nilai ialah sifat yang menempel pada sesuatu (tata cara dogma) yang telah berhubungan dengan subjek yang memberi arti (manusia yang meyakini). Kaprikornus nilai yaitu sesuatu yang bermanfaat dan berkhasiat bagi manusia selaku contoh tingkah laku

  Prespektif Metode Sosial Pada Masyarakat Berbudaya

Menurut Laboratorium Pancasila IKIP Malang

Pengertian nilai ialah sesuatu yang berharga, berguna, indah, yang memperkaya batin, dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong, mengarahkan perilaku, dan sikap manusia.

Menurut Wikipedia

Pengertian nilai menurut Wikipedia yakni alat yang memperlihatkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau kondisi final tertentu lebih disenangi secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai menampung bagian pendapatyang menjinjing inspirasi-inspirasi seorang individu tentang hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan

Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian nilai menurut Soerjono Soekanto yakni konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini dikarenakan nilai mampu dianggap baik dan dapat pula dianggap jelek. Nilai baik selalu menjadi simbol kehidupan yang mampu mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan imbas yang berarati seperti halnya efek yang terjadi pada pertentangan.

Menurut Wood

Nilai ialah isyarat lazim yang telah berjalan usang, isyarat ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh akibatnya nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, adalah nilai baik dan buruk.

Macam-Macam Nilai

Ada beberapa bentuk dan jenis-jenis nilai dilihat dari bidangnya. Berikut ialah macam-macam nilai selengkapnya.

  • Nilai sosial, yaitu nilai yang berhubungan dengan sikap manusia yang membutuhkan derma orang lain.
  • Nilai agama, yakni nilai yang bersumber dari Tuhan yang tidak mampu diganggu gugat.
  • Nilai ekonomi, yaitu nilai yang bekerjasama dengan prinsip-prinsip ekonomi secara lazim.
  • Nilai etika, yakni nilai yang bersumber dari  bersumber dari kehendak maupun kemauan, disebut juga nilai kebenaran.
  • Nilai keilmuan, adalah nilai yang berhubungan dengan wawasan dan ilmu pengetahuan.
  • Nilai seni, yaitu nilai yang bersumber melalui unsur rasa pada setiap diri manusia, disebut juga nilai estetika atau keindahan.

Karakteristik Nilai

Sebuah nilai mempunyai ciri-ciri khusus tertentu yang khas. Berikut merupakan ciri-ciri dan karakteristik nilai selengkapnya.

  • Bersifat biasa
  • Berbentuk absurd
  • Konsepsional
  • Nilai mengandung kualitas etika insan
  • Nilai tidak selamanya realistik
  • Dalam bermasyarakat, nilai bersifat adonan
  • Cenderung bersifat stabil

Demikianlah ulasan wacana pengertian nilai menurut para hebat dan secara umum lengkap beserta karakteristik dan macam-macamnya. Semoga mampu menjadi acuan dalam mengerti apa itu pemahaman nilai secara benar.


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org