close

Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap) – Kehidupan yang ada di dunia ini banyak dan beragam sekali. Ada binatang, tanaman, dan ada insan yang hidup di dunia ini. Makhluk hidup yang tinggal di dunia ini memiliki cirinya tersendiri.

Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap)

Salah satu makhluk yang hidup di bumi ini yaitu tumbuhan. Tumbuhan yang banyak tersebar di dunia ini memiliki banyak jenis dan ragam yang berlawanan dan menawan untuk di lihat dan di perhatikan. Tumbuhan ini memiliki nama dalam bahasa biologi ialah plantae. Dalam dunia plantae atau kingdom plantae akan lebih jelasnya akan di jelaskan selaku berikut.

Pengertian Kingdom Plantae

Kingdom plantae atau tanaman adalah sebuah organisme eukariotik multiseluler berdinding sel dan klorofil. Klorofil sendiri yaitu merupakan suatu zat hijau daun yang gunanya untuk mampu melaksanakan fotosintesis. Fotosintesis ini berkhasiat untuk menciptakan kuliner untuk dirinya sendiri dan sifatnya autotrof. Hal ini yang mampu membedakan antara kingdom jenis ini dengan yang yang lain.

Ciri Kingdom Plantae

Kingdom ini mempunyai ciri-cirinya tersendiri yang membedakan antara kingdom jenis ini dengan kingdom lain. Kingdom ini mempunyai ciri-ciri yang diantaranya.

  1. Multiseluler (bersel banyak)
  2. Autotrof (menciptakan makanannya sendiri)
  3. Eukariotik
  4. Dinding selnya yang dibuat dari selulosa
  5. Hidupnya di perairan atau di daratan
  6. Makanan di dapat dari proses fotosintesis
  7. Cara reproduksinya dengan seksual (dengan putik dan benag sari) ataupun aseksual (dengan pencangkokan, stek, dan lain-lain)

Tumbuhan juga mempunyai organ dan sistem organnya. Salah satu organ tumbuhan ada daun yang berguna untuk menciptakan glukosa dengan menyerap sinar matahari dan akar berfungsi untuk dapat memperkokoh tanaman serta mampu menyerap air. Selain itu ada bunga yang di gunakan untuk menjadi alat reproduksinya.

Klasifikasi Kingdom Plantae

Dalam pembagian terstruktur mengenai ada tiga bab yakni tanaman lumut (Briophyta), tumbuhan biji (Spermatophyta), dan tumbuhan paku (Pteridophyta). Selain bab tersebut ada perbedaan dan juga persamaan dari morfologisnya. Berdasal hal itu maka flora terbagi menjadi dua kelompok besar ada flora non-pembuluh (Non Tracheophyta / Atracheophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Fungsi dari pembuluh yang dimaksud adalah sebagai tempat mengaliri sari-sari makanan ke bagian-bagian badan tanaman tersebut.

Campbell (1998: 550), menuturkan 12 divisio yakni yaitu,

Tumbuhan tidak berpembuluh (Briophyta)

  1. Briophyta
  2. Anthocerophyta
  3. Hepatophyta

Pengertian Kingdom Plantae Beserta Cirinya Lengkap

Tumbuhan berpembuluh (pteridophyta dan Spermatophyta)

  1. Anthophyta
  2. Gnetophyta
  3. Ginkgophyta
  4. Pinophyta (Coniferophyta)
  5. Pterophyta
  6. Equisetophyta (Sphenophyta)
  7. Psilophyta
  8. Lycophyta

Sekianlah klarifikasi perihal Pengertian Kingdom Plantae dan Cirinya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Di dalam dunia kita ini banyak sekal ijenis makhluk hidup dan kingdom yang ada di dalamnya. Salah satunya yang sering kita temui adalah kingdom jenis ini pada tumbuhan. Semoga berfaedah 🙂

Baca juga:

  Tahapan Glikolisis