close

Pengertian Energi Dan Contohnya

pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Energi didefinisikan sebagai kapasitas sistem fisik untuk melakukan kerja. Namun, penting untuk diingat bahwa hanya alasannya energi ada, tidak berarti energi itu selalu tersedia untuk melaksanakan kerja. Baca terus pembahasan lengkapnya di pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

 didefinisikan sebagai kapasitas sistem fisik untuk melakukan kerja PENGERTIAN ENERGI DAN CONTOHNYA

Bentuk Energi

Energi ada dalam beberapa bentuk seperti panas, energi kinetik atau mekanik, cahaya, energi memiliki potensi, dan energi listrik:

  • Panas – Panas atau energi termal yaitu energi dari pergerakan atom atau molekul. Pengertian arti definisi dari ini mampu dianggap selaku energi yang berkaitan dengan suhu.
  • Energi Kinetik – Energi kinetik yakni energi gerak. Sebuah bandul yang berayun mempunyai energi kinetik.
  • Energi Potensial – Pengertian arti definisi dari ini yakni energi alasannya posisi benda. Contohnya, sebuah bola yang duduk di atas meja mempunyai energi memiliki potensi kepada lantai karena gravitasi bekerja padanya.
  • Energi Mekanik – Energi mekanik adalah jumlah energi kinetik dan berpotensi sebuah benda.
  • Cahaya – Foton yakni bentuk energi.
  • Energi Listrik – pengertianartidefinisidari ini ialah energi dari pergerakan partikel bermuatan, mirip proton, elektron, atau ion.
  • Energi Magnetik – Bentuk energi ini dihasilkan dari medan magnet.
  • Energi Kimia – Energi kimia dilepaskan atau diserap oleh reaksi kimia. Pengertian arti definisi dari ini bahwa Bentuknya dibuat dengan memutus atau membentuk ikatan kimia antara atom dan molekul.
  • Energi Nuklir – Pengertian arti definisi dari ini yakni energi dari interaksi dengan proton dan neutron atom. Biasanya ini berhubungan dengan kekuatan yang besar lengan berkuasa. Contohnya yakni energi yang dilepaskan oleh fisi dan fusi
  √ Pengertian / Definisi Massa Jenis

Bentuk energi lain dapat mencakup energi geothermal dan pembagian terstruktur mengenai energi selaku energi terbarukan atau tidak terbarukan.

Mungkin ada tumpang tindih antara bentuk energi dan objek senantiasa memiliki lebih dari satu jenis pada satu waktu. Contohnya, pendulum yang berayun mempunyai energi kinetik dan energi potensial, energi panas, dan (bergantung pada komposisinya) mungkin memiliki energi listrik dan magnet.

Hukum Kekekalan Energi

Menurut hukum kekekalan energi, energi total suatu metode tetap konstan, meskipun energi dapat menjelma bentuk lain. Dua bola bilyar yang bertabrakan, contohnya, mampu berhenti, dengan energi yang dihasilkan menjadi suara dan mungkin sedikit panas pada titik tumbukan. Ketika bola bergerak, mereka mempunyai energi kinetik. Apakah mereka bergerak atau membisu, mereka juga memiliki energi memiliki potensi sebab mereka berada di atas meja di atas tanah.

Energi tidak mampu diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, namun dapat berganti bentuk dan juga berhubungan dengan massa. Teori kesetaraan massa-energi menyatakan suatu benda yang membisu dalam kerangka contoh mempunyai energi diam. Jika energi perhiasan disuplai ke objek, itu betul-betul mengembangkan massa objek itu. Contohnya, kalau Anda memanaskan ganjal baja (memperbesar energi panas), Anda sedikit meningkatkan massanya.

Baca: APA ITU ENERGI DAN BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Satuan Energi

Satuan SI untuk energi yaitu joule (J) atau newton-meter (N * m). Joule juga ialah satuan kerja SI.