Pengertian Desa Menurut Para Ahli

Pengertian Desa Menurut Para Ahli – Seringkali kita memaknai desa sebagai lawan kota. Padahal ada hubungan saring terkait satu sama lain. Adanya desa bukan sekedar pelengkap adanya kota. Lebih dari itu, desa memiliki beragam makna dan pengertian. Berikut kami sajikan beberapa pengertian desa yang dikutip dari buku, internet, wikipedia dan lain lain.

Pengertian Desa Menurut Para Ahli Kata. Ditulis di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Desa merupakan kata benda yang bermakna: satu wilayah yang dihuni oleh masyarakat, isinya kumpulan keluarga. Dimana ia punya sistem pemerintahan yang independen. Umumnya dikepalai oleh seorang KADES (kepala desa) Sumber: KBBI

Pengertian Desa Menurut Undang-undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Desa ataupun desa adat dalam hukum positif Indonesia yaitu kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah. Desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus pemerintahannya demi kepentingan masyarakat setempat. Yang berpedoman kepada prakarsa
masyarakat, hak asal usul, maupun hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam undang-undang Republik Indonesia. Sumber: Undang-undang Desa

Arti Desa Menurut Ahli R. Bintarto

Desa yaitu perwujudan wilayah yang timbul karena adanya unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomis politik, kultural setempat. Yang ia berpengaruh timbal balik serta berhubungan dengan wilayah lain.

Baca Juga: Pengertian Masyarakat Pesisir

Pengertian Desa Sutarjo Kartohadikusumo

Desa adalah satu kelompok masyarakat, memiliki wilayah secara spesifik, mempunyai hukum tersendiri/mandiri, serta berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri. Umumnya merupakan pemerintahan terendah di bawah camat

Makna Masyarakat Desa Menurut Bambang Utoyo

Umumnya di Desa penduduk memenuhi kebutuhan ekonominya yaitu di bidang pertanian dan menghasilkan bahan makanan. Jadi Desa adalah tempat dimana penduduknya kebanyakan bermata pencaharian petani.

Menurut Ahli Luar. William Ogburn dan MF Nimkoff

Desa adalah kesatuan organisasi masyarakat yang memiliki kehidupan sosial. Wilayahnya terbatas.

Pengertian Desa Menurut S.D. Misra

Desa adalah suatu kumpulan masyarakat yang bertempat tinggal. Umumnya memiliki pekerjaan sebagai petani. Wilayah satu desa berkisar antara 50 – 1.000 are.

Desa Bermakna? Menurut Paul H Landis

Desa adalah suatu kumpulan organisasi masyarakat dalam satu wilayah. Berjumlah penduduk kurang dari 2.500 jiwa. Memiliki ciri-ciri:

  • Satu sama lain saling kenal mengenal
  • Umumnya ada dalam satu ras yang sama. Sehingga ada ikatan yang sama baik tentang kesukuaan maupun kebiasaan
  • Umumnya bermata pencaharian yang mengambil dari kekayaan alam. Seperti petani. Sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor alam sekitar.

Penutup.

Itulah pengertian masyarakat desa menurut para ahli. Silahkan membuka website lain dan referensi lain untuk melengkapinya.


2 thoughts on “Pengertian Desa Menurut Para Ahli”

Leave a Comment