close

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Jenis-Jenis Iklan

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Iklan – Ada banyak cara untuk memberikan gosip terhadap penduduk atau khalayak biasa . Pada potensi sebelumnya kita sudah membicarakan perihal slogan dan poster. Pada peluang ini, kita akan membahas salah satu bentuk komunikasi yang umum digunakan untuk menawan perhatian masyarakat biar mau memakai produk maupun jasa yang disediakan.  Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk memberikan info secara menarik selain poster dan slogan, yakni iklan. Iklan dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi khalayak atau masyarakat luas. Saat ini iklan menjadi salah satu media yang sungguh ampuh untuk menyampaikan ide, produk, atau jasa. Setiap hari kita menyaksikan iklan baik yang ditayangkan di televisi, radio maupun media massa.

 Ada banyak cara untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat atau khalayak umum PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN JENIS-JENIS IKLAN

Iklan adalah sebuah seruan atau bujukan yang ditujukan terhadap para pembaca, pendengar, maupun penonton yang menerima informasi tersebut untuk menggunakan atau menggunakan, segala macam hal yang ditawarkan dari pembuat usulan atau si pengiklan.
Sebuah iklan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

1. Menggugah pembaca/pendengar iklan. artinya iklan mesti mencermati kebutuhan pelanggan, menawarkan penyelesaian, dan memberikan perhatian.
2. Informatif dan komunikatif. Sebuah iklan mesti memakai kata-kata yang jelas, dekat, mudah diketahui, dan tidak bertee-tele.
3. Persuasif, artinya rangkaian kalimat-kalimat dalam sebuah iklan haruslah membuat pelanggan nyaman, senang, tentram, serta menghibur. Jangan sampai iklan yang kita buat langsung dinilai negatif saat penayangan pertamanya.
4. Menampilkan iklan di media cetak mirip koran, majalah dan sejenisnya, maupun mealui media elektronik seperti televisi, radio, film, dan sejenisnya.

Ciri-ciri iklan

1. Informatif
2. Komunikatif
3. Bahasa mudah diketahui
4. Menarik

  Kata Kata Rindu Mantan Modern Sangat Mengharukan

Jenis-Jenis Iklan

Berdasarkan bentuknya iklan bisa dibedakan menjadi dua macam, ialah :
1. Iklan kolom
          Iklan kolom yaitu iklan dalam bentuk kolom (kotak), ongkosnya dijumlah per mm.
Iklan Kolom yakni iklan bergambar di space halaman iklan. Dengan ukuran lebar 36 mm sedangkan untuk tinggi mulai dari 30 mm hingga ukuran optimal 100 mm

2. Iklan baris
         Iklan baris ialah iklan yang berbentukataupun berbentuk baris dan memakai kata-kata singkat .
Biasanya iklan ini dipakai untuk mempromosikan suatu barang/jasa. Iklan baris dijumlah per baris.

Sedangkan menurut maksudnya, iklan bisa dibedakan menjadi :
1. Iklan penawaran (barang/jasa)
2. Iklan penelusuran
3. Iklan penjualan
4. Iklan lowongan pekerjaan
5. Iklan pengumuman

Demikian pembahasan ihwal Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Iklan. Semoga berguna.
Selamat mencar ilmu… 🙂