close

Pengenalan Tata Cara Transplantasi Ginjal Pertamakali Oleh Dokter Joseph E. Murray

Transplantasi organ yakni transplantasi atau cangkok atau pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke badan lainnya, atau dari sebuah bagian ke bab yang lain pada badan yang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk mengambil alih organ yang rusak atau tak befungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari donor. Donor organ mampu merupakan orang yang masih hidup maupun sudah meninggal.

Transplantasi ginjal yakni terapi penggantian ginjal yang melibatkan pencangkokan ginjal dari orang hidup atau mati terhadap orang yang memerlukan. Transplantasi ginjal menjadi terapi opsi untuk sebagian besar pasien dengan gagal ginjal dan penyakit ginjal stadium selesai.

Dokter Joseph E. Murray yaitu sosok yang melaksanakan transplantasi ginjal pertama dengan sukses di Rumah Sakit Peter Bent Brigham di Boston, Massachusetts Amerika Serikat (AS). Karena kesuksesan itulah Dokter Murray diganjar Hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran atau Fisiologi. Transplantasi yang berhasil dijalankan Murray dialami seorang laki-laki berusia 24 tahun kepada saudara kembarnya. Pria akseptor ginjal tersebut hidup lebih lama 11 tahun.

Profil Dokter Joseph E. Murray [Sumber

Transplantasi organ adalah transplantasi atau cangkok atau pemindahan seluruh atau sebagia Pengenalan Metode Transplantasi Ginjal Pertamakali Oleh Dokter Joseph E. Murray

Joseph Edward Murray (lahir di Mildford, Massachusetts, Amerika Serikat, 1 April 1919 – meninggal di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 26 November 2012 pada umur 93 tahun) adalah seorang dokter bedah Amerika Serikat yang pernah menjadi ketua jago bedah plastik di Brigham, Boston, selain menjadi profesor dalam bidang pembedahan di Harvard Medical School pada tahun 1970.

Pada tanggal 23 Desember 1954, sebuah upaya transplantasi antara ginjal pendonor yakni Ronald Herrick dengan penderita yang ialah saudara kembarnya, Richard, berhasil dijalankan dengan sempurna. Transplantasi tepat ini berhasil dilaksanakan oleh dokter Joseph Murray di rumah sakit Peter Brigham, Boston, Amerika Serikat.

  Robert S. Ledley - Penemu Mesin Ct Scanner

Pada tahun 1962, Dokter Joseph E. Murray melaksanakan pemindahan ginjal pertama antara orang yang sakit yang tidak eksklusif memiliki pertalian kerabat dengan menggunakan obat imunosupresif.

Joseph memenangkan Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran 1990 karena keberhasilannya memperkenalkan teknik pemindahan organ bareng mitranya Donnall Thomas.

Sumber: