close

Penemuan Sistem Transplantasi Hati Oleh Thomas Earl Starzl

Operasi transplantasi hati yaitu sebuah mekanisme penggantian hati dengan mengambil organ hati dari pasien  dan menggantinya dengan hati yang berasal dari donor. Operasi ini lazimnya mengkonsumsi waktu sekitar 6 sampai 12 jam. Selama operasi hingga beberapa hari kemudian, pasien akan menggunakan beberapa tabung khusus selaku pendukung fungsi tubuh.

Operasi transplantasi hati pertamakali dikerjakan pada tahun1963, oleh hebat bedah asal AS Dokter Thomas E. Starzl. Ia melakukan transplantasi hati dengan keinginan bisa menyelamatkan nyawa anak berusia tiga tahun. Sayangnya, transplantasi hati pertama ini tidak berhasil. Namun, upaya Starzl tersebut menjadi kerikil loncatan pertama untuk transplantasi hati selanjutnya di bidang kedokteran.

Transplantasi hati pertama kali berhasil dilaksanakan di Afrika Selatan oleh dokter bedah Christain Barnards, pada Desember 1967. Di Inggris pada 6 Desember 1983, untuk kali pertama, transplantasi hati berhasil dikerjakan kepada seorang pria berjulukan Lars Ljungberg.

Thomas Starzl, ahli bedah yang melakukan transplantasi hati pertama di di dunia, meninggal dunia beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-91, pada 11 Maret.

Ahil bedah Amerika Serikat ini mempelopori prosedur pencangkokan hati tahun 1963 namun pasien pertamanya meninggal dunia. Setelah membuat ramuan baru untuk obat antipenolakan, beliau berhasil melakukan operasi pencangkokan hati pertama tahun 1967. Sejak saat itu, nyawa ribuan orang bisa diselamatkan berkat mekanisme bedah yang dikembangkannya.

Profil Thomas Earl Starzl

Operasi transplantasi hati adalah suatu prosedur penggantian hati dengan mengambil organ h Penemuan Metode Transplantasi Hati oleh Thomas Earl Starzl

Thomas Earl Starzl (11 Maret 1926 – 4 Maret 2017) ialah seorang dokter, peneliti , dan jago transplantasi organ Amerika. Dia melaksanakan transplantasi hati manusia pertama, dan sering disebut sebagai “bapak transplantasi terbaru.”

Starzl lahir pada 11 Maret 1926 di Le Mars, Iowa , putra editor surat kabar dan penulis fiksi ilmiah Roman Frederick Starzl dan Anna Laura Fitzgerald, seorang guru dan perawat. Dia ialah anak kedua dari empat bersaudara. Awalnya berniat menjadi pendeta di periode remajanya, Starzl mengubah rencananya secara drastis saat ibunya meninggal karena kanker payudara pada tahun 1947.

Dia kuliah di Westminster College di Fulton, Missouri, di mana dia menerima gelar Bachelor of Science dalam biologi. Starzl berguru di Northwestern University Medical School di Chicago, di mana pada tahun 1950 ia menerima gelar Master of Science dalam bidang anatomi dan pada tahun 1952 menjangkau gelar Ph.D. dalam neurofisiologi dan MD dengan perbedaan. Saat di sekolah kedokteran, ia menjalin persahabatan panjang dengan Profesor Loyal Davis, MD, spesialis bedah saraf (yang istrinya, putri Edith Luckett Davis dari akad nikah pertamanya yaitu Nancy Reagan).

Starzl menghabiskan satu tahun tambahan di sekolah kedokteran, memakai waktu pemanis untuk menyelesaikan gelar doktor dalam neurofisiologi , pada tahun 1952. Dia menulis makalah mani yang menggambarkan teknik untuk merekam respons listrik dari struktur otak yang dalam kepada rangsangan sensorik mirip kilatan cahaya atau suara yang keras. Makalah ini sungguh dikutip, telah direferensikan dalam 384 postingan pada Januari 2019. Pada tahun 1959, beliau mendapatkan beasiswa Markle.

Setelah menemukan gelar medisnya, Starzl dilatih dalam operasi di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore dan Rumah Sakit Jackson Memorial di Miami. Di kedua kawasan, beliau melakukan penelitian laboratorium dan binatang, memperlihatkan minat dalam biologi hati.

Karir

Starzl yakni spesialis bedah dan peneliti di bidang transplantasi organ yang gres lahir di Universitas Colorado dari tahun 1962 sampai kepindahannya ke Universitas Pittsburgh pada tahun 1981.

Institut Informasi Ilmiah merilis info pada tahun 1999 yang mendokumentasikan bahwa karyanya sudah dikutip lebih dari peneliti lain di dunia. Antara 1981 dan Juni 1998, dia dikutip 26.456 kali.

Memoar otobiografinya, The Puzzle People , dinamai oleh The Wall Street Journal selaku buku terbaik ketiga tentang kehidupan dokter.

  Raymond Vahan Damadian - Penemu Pencitraan Resonansi Magnetik / Mri

Prestasi Starzl yang paling populer mencakup:

  • Melakukan transplantasi hati manusia pertama pada tahun 1963, dan transplantasi hati insan pertama yang sukses pada tahun 1967, keduanya di University of Colorado Health Sciences Center.
  • Membangun utilitas klinis siklosporin (siklosporin) pada tahun 1982, dan tacrolimus pada tahun 1991, keduanya mengarah pada kesepakatan FDA ;
  • Pengembangan berbagai kemajuan teknis dalam pelestarian organ, pengadaan, dan transplantasi ;
  • Menggambarkan indikasi dan kekurangan transplantasi organ perut;
  • Mendefinisikan dasar yang mendasari transplantasi organ selaku pengobatan penyakit metabolik yang diwariskan (sehingga memberikan alasan untuk upaya terapi gen saat ini);
  • Mengakui peran kausatif imunosupresi dalam pengembangan penyakit limfoproliferatif pasca transplantasi dan abses oportunistik yang lain dan kegunaan membalik keadaan imunosupresi sebagai pengobatan utama;
  • Melakukan transplantasi jantung dan hati secara simultan pertama pada Stormie Jones yang berusia enam tahun pada tahun 1984; 
  • Mengusulkan mikrochimerisme dalam toleransi transplantasi organ.