close

Penemu Jam Atom

Jam atom adalah sebuah jenis jam yang memakai standar frekuensi resonansi atom selaku penghitungnya. Jam atom awal yakni maser dengan peralatan yang lain. Standar frekuensi atom terbaik sekarang ini menurut fisika yang lebih maju melibatkan atom acuh taacuh dan air mancur atomik.

Jam atom adalah sebuah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai Penemu Jam Atom

Jam atom pertama dibentuk pada 1949 di National Bureau of Standards A.S. Jam atom pertama yang akurat, berdasarkan transisi dari atom caesium-133, dibuat oleh Louis Essen pada 1955 di National Physical Laboratory di Britania. Hal ini menimbulkan persetujuan internasional yang menerangkan detik selaku dasar dari waktu atomik.

Louis Essen FRS O.B.E. (6 September 1908 – 24 Agustus 1997) adalah seorang fisikawan Inggris. Ia ialah pengkritik teori relativitas Albert Einstein. Lahir di Nottingham, Essen menjangkau gelarnya dalam bidang fisika dari Universitas London pada 1928, meraih pembelajaran di University College Nottingham. Ia mulai bekerja di National Physical Laboratory (NPL) pada tahun selanjutnya, di bawah tutorial D. W. Dye

Pada Agustus 2004, ilmuwan dari National Institute of Standards and Technology – NIST (Lembaga Nasional Standar dan Teknologi Amerika Serikat) mempertunjukkan sebuah jam atom skala-chip. Menurut para periset, jam ini seukuran seperseratus dari jam lainnya yang sudah ada sebelumnya. Dan mereka menyatakan bahwa jam ini hanya memerlukan 75 milliwatt, membuatnya cocok untuk aplikasi yang menggunakan baterai.

Jam atom adalah sebuah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai Penemu Jam Atom
jam atom skala-chip

Jam radio modern memakai jam atom selaku referensi, dan menyediakan suatu cara mendapatkan waktu yang ditawarkan oleh jam atom bermutu tinggi di kawasan yang luas dengan memakai perlatan yang tidak mahal.

  Rumus Dan Contoh Soal Muai Volume

NIST mempertahankan keakuratan 10−9 detik per hari, dan ketepatan yang serupa dengan frekuensi radio pemancar yang memompa maser. Jam ini menjaga skala waktu yang stabil dan berkelanjutan, ialah Waktu Atom Internasional (International Atomic Time) (TAI). Untuk penggunaan penduduk , skala waktu yang lain digunakan, Coordinated Universal Time (UTC). UTC diturunkan dari TAI, tetapi disinkronisasi dengan lewatnya hari dan malam berdasarkan pengamatan astronomikal.