close

Pembagian Kawasan Keluarnya Aksara – Bab 5 Maudi’ul Khaisyum

 Sempat beberapa hari kami tidak update mengenai lanjutan dari materi pembagian makhorijul Pembagian Tempat Keluarnya Huruf - Bagian 5 Maudi'ul Khaisyum

Pembagian Tempat Keluarnya Huruf – Bagian 5 Maudi’ul Khaisyum – Masih tentang makhorijul aksara. Sempat beberapa hari kami tidak update tentang lanjutan dari materi pembagian makhorijul aksara ini. Nah, kini kita menginjak pada materi pembagian makhorijul karakter yang bagian ke lima, adalah Maudi’ul khaisyum. Sebagai lanjutan dari pembagian yang sebelumnya.

Namun sebelum kita menginjak pada materi Maudi’ul khaisyum, kita mengulangi klarifikasi dari pengertian makhorijul abjad yah.

Yang dimaksud dengan makhorijul abjad adalah daerah keluarnya abjad saat membunyikan/menyuarakannya. Tempat keluarnya huruf (makhroj) itu ada Sembilan Belas yang terbagi pada lima kawasan (mawadhi’), ialah diantaranya:

  1. Maudhi’ul Jaufi (موضع الجوف ) artinya daerah makhroj yang terletak pada rongga lisan. Jauf artinya rongga.
  2. Maudhi’ul Halqi  ( موضع الحلق ) artinya tempat makhroj yang terletak pada kerongkongan atau rongga lisan (rengkungan). Halqi artinya Rongga Mulut.
  3. Maudhi’ul Lisan ( موضع اللسان ) artinya daerah makhroj yang terletak pada Lidah atau lisan.
  4. Maudhi’usysyafataini (   موضع الشّفتين) artinya tempat makhroj yang terletak pada dua bibir (atas dan bawah). Syafatain artinya dua bibir.
  5. Maudhi’ul Khaisyum (  موضع الحيشوم) artinya tempat makhroj yang terltak pada pangkal hidung. Khaisyum artinya pangkal Hidung.
Itu klarifikasi singkat dan ringkas perihal makhorijul karakter. Pada postingan kami sebelumnya juga sudah dijelaskan bagian bagian dan macam-macam makhorijul huruf lengkap beserta contohnya. Bisa baca pada postingan kami berikut ini:

Nah, kini kita bahasa pembaigan yang terakhir, dari pembagian makhorijul huruf tersebut. Yaitu penjelasan perihal Maudi’ul Khaisyum, beserta contohnya.
Maudi’ul Khaisyum yakni semua bunyi dengung (gunnah), baik berbentuknun atau mim yang bertasydid atau saat dibaca ikhfa, keluar dari makhroj Maudi’ul Khaisyum ini.
Contoh:
مِمَّا – اِنَّا – لَمَّا – ظَنَّ – كُنَّا

Sekian Pembahasan kali ini tentang Pembagian Tempat Keluarnya Huruf – Bagian 5 Maudi’ul KhaisyumSemoga artikel ini memperlihatkan manfaat dan pembelajaran yang menambah ilmu dan pengetahuan anda sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan.
Jangan lupa untuk ikuti dan Sukai kami di Halaman Facebook di , untuk mengetahui kabar artikel kami selanjutnya. Madrasah