close

Pembagian Kawasan Keluarnya Aksara – Bab 1 Maudhi’ul Jauf

 Selamat malam sahabat  Pembagian Tempat Keluarnya Huruf -  Bagian 1 Maudhi'ul Jauf
Selamat malam sahabat , telah usang niyh saya tidak update postingan. Postingan aku yang terakhir yaitu perihal Pengertian Makhorijul Huruf (Versi Ringkas), dimana dalam postingan itu saya menerangkan secara ringkas ihwal pemahaman dari Makhorijul Huruf, bagi yang belum baca aku sarankan baca dahulu yah, alasannya pembahasan selanjutnya kita akan membicarakan pembagian makhorijul aksara.
Sebenarnya makhorijul karakter itu ada 19 makhroj dan dikelompokkan atau dibagi menjadi lima bagian loh… Hmmm Banyak juga yah. Bagi anda yang ingin membaca al-Qur’annya fasih dan tartil, kalian mesti belajar mengenal dan mempraktekkan Makhorijul Huruf ini yah.
Baik, pribadi saja sesuai judulnya Pembagian Tempat Keluarnya Huruf –  Bagian 1 Maudhi’ul Jauf, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Bagian Pertama dari makhorijul abjad, adalah Maudhi’ul Jauf.
Pada maudhi’ul Jauf ini, cuma terdapat satu makhroj yang disebut makhroj jauf. Huruf-karakter yang dikeluarkan dari makhroj jauf ini yaitu karakter mad atau hurf layyin, ialah Alif, Wawu dan Ya, yang ketiga-tiganya mati (Sukun).
Perhatikan gambar di bawah ini !
Contoh aksara alif yang mati ( اْ ) yang jatuh sesudah huruf yang berharakat Fathah:
اِنَّا – اِيَّاكَ – قَالَ – طَالَ – كَانَ
Contoh huruf Wawu yang mati ( وْ ) yang jatuh setelah abjad berharakat dhommah:
قُوْمُوْ – مُسِنُوْنَ – وَابْتَغُوْا – قَالَ
Contohhuruf ya mati yang ( يْ ) jatuh sesudah huruf berkharakat kasroh:
قِيْلَ – يُرِيْدُ – رَحِيْمٌ – خسِرِيْنَ
Itu saja penjelasannya. Next kita akan menjelaskan Bagian kedua ialah Maudhi’ul Halqi. Ditunggu yah teman-sahabat.
  Perjanjian Saragosa: Isi dan Latar Belakang