close

Pemahaman Teks Anekdot, Struktur, Ciri Ciri, Dan Contoh Teks Anekdot Singkat

Teks anekdot ialah salah satu topic yang dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia. Teks ini sering kita temui di banyak sekali media contohnya pada Koran, majalah dan lain lain. Dengan seiring perkembangan teknologi sehingga teks ini mulai dibuat di aneka macam media social. Dan teks ini umumnya berisi wacana sindiran atau dagelan dari tokoh public contohnya para pejabat.

Teks ini berisi humor atau malu dari tokoh yang dibicarakan sehingga memberi pesan sindiran kali ini kami akan menunjukkan penjelasan wacana teks anekdot.

Baca juga : pemahaman, ciri ciri, struktur, kaidah kebahasaan teks resensi

Pengertian teks anekdot

Pengertian teks anekdot sindiran
Teks anekdot sindiran adalh teks Yng berisi sindiran yang didalamnya termuat sebuah kritikan yang mempunyai kecenderungan ke unsure politik atau layanan public yang dibuat semoga masyarakat tetap tahu wacana apa yang dibicarakan tetapi didalamnya diselingi dengan sedikit humor atau candaan.
Selain dengan tulisan teks anekdot juga di buat dengan non tulisan ( gambar) yang tetap memberikan bagian humor yang berisi kritikan wacana seseorang atau tokoh penting. Teks anekdot tidak melulu berisi wacana humor, tetapi di Indonesia kalau ada teks anekdot yang berisi perihal pejabat penting jika tidak di selingi dengan guyonan terasa sangat kurang afdol. Karena umumnya teks ini membahas ihwal kesalahan atau insiden yang memalukan dari orang penting sehinggan kita lumrah jika mentrtawakannya.

Dengan kata lain teks anekdot ialah teks yang terdiri dari cerita konkret dari sesorang yang beisi perihal tingkah laku yang diselipkan unsut humor sehingga siapa pun yang membacanya dapat terhibur.anekdot yang sering kita temui ketika ini yakni anekdot yang berbentuk gambar atau meme.

  Berhasil, Inilah Cara Download Prefill PMP Offline 2023

Dengan majunnya teknologi xeperti ketika ini meme sering kita jumpai di berbagai meia social dengan tujuan semoga penduduk atau pembuat meme mampu terhibur dengan karya nya walaupun karyanyanya tsb beriesi kritikan kepada tokoh.

Pengertian teks anekdot pendidikan

Teks anekdot pendidiksn ialah teks yang berisi wacana sindiran atau guyonan namun tetap mendidik dengan di berikanya amanat pada dongeng.

Pengertian teks anekdot politik

Teks anekdot politik adalah teks yang membahas seputar kehidupan politik yang didalamnya terdapat humor, biasanya yang menjadi objek sindiran yaitu tokoh poltik dari masing masing partai.

Struktur teks anekdot

Struktur teks anekdot terdapat 5 macam bab yaitu abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda. Dengan penjelasannya selaku berikut
1. abstraksi adalah bab teks anekdot yang terdiri dari citra dari sebuah topic yang di bicarakan
2. orientasi yakni bab awal dari dongeng yang terdiri dari latarbelakang insiden tersebut mampu terjadi.
3. krisis adalah bagian yang mendeskripsikan masalah utama dari topic yang di bicarakan.
4. reaksi ialah bagian dimana kalimat tersebut membuat kita bereaksi ihwal apa yang sedang dibicarakan. Dan pada bagian inilah candaan atau humor di masukan kedalam teks.
5. koda dalah penutup atau final dari teks

Ciri ciri teks anekdot

Teks anekdot mempunyai ciri ciriĀ  selaku berikut
1. crita yang dibawakan secara singkat padat dan terperinci.
2. berisi perihal lawakan sindiran
3. dongeng yang dibahas yakni orang terdekat atau orang penting
4. terselip kritikan namun tetap menawarkan amanat
5. lazimnya sering menggunakan ungkapan

Contoh teks anekdot singkat

Guru ilmu aturan yang tidak pernah beriri dari kawasan duduknya
Sutau hari didalam kelas di salah satu kampus terdapat 2 orang maha siswa yang sendang membahas dosennya
Riko: jar mengapa ya kok pak dosen disaat mengajar tidak pernah bangkit dariĀ  kawasan duduknya
Fajar : mungkin pak dosen takut kali kursinya diduduki orang lain
Riko dan fajar pun langsung tertawa