close

Pemahaman Tata Cara Ekonomi

Pengertian Sistem Ekonomi – Secara umum, Pengertian tata cara ekonomi yakni sebuah cara untuk mengatur dan mengorganisasi seluruh aktivitas perekonomian dalam penduduk yang dilakukan pemerintah atau swasta berlandaskan prinsip tertentu dalam rangka menjangkau kesejahteraan atau kesejahteraan.
masalah pokok ekonomi. Cara yang dipakai oleh negara untuk menangani problem ekonomi tersebut tergantung dari metode ekonomi yang dianut negara tersebut. Sistem ekonomi yang dipakai oleh sebuah negara dipengaruhi oleh pandangan hidup atau falsafah hidup yang dianut oleh negara tersebut.
Sistem ekonomi yang berlaku di suatu negara dipengaruhi juga oleh pengetahuan yang dimiliki, kebiasaan, dan faktor politik yang berlaku pada masyarakat yang bersangkutan.
Berikut yakni pendapat para hebat yang mendefinisikan pemahaman metode ekonomi adalah selaku berikut :
  1. Menurut pertimbangan Gilarso (1992: 486), pengertian tata cara ekonomi ialah keseluruhan metode untuk mengoordinasikan perilaku penduduk (para produse, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam melakukan aktivitas ekonomi (bikinan, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis, dan kekacauan dapat dikesampingkan.
  2. Menurut Gregory Grossman dan M. Manu, pemahaman sistem ekonomi ialah sekumpulan bagian-komponen atau komponen-unsur yang berisikan atas unit-unit dan biro-biro ekonomi, serta forum-forum ekonomi yang bukan saja saling bekerjasama dan berinteraksi melainkan juga hingga tingkat tertentu yang saling menopang dan mensugesti.
  3. Pengertian tata cara ekonomi berdasarkan McEachern adalah seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana , dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).
  4. Menurut Chester A Bermand, pengertian sistem ekonomi yakni suatu kesatuan yang terpadu yang secara kolestik yang di dalamnya ada bagian-bagian dan masing-masing bagian mempunyai ciri dan batas tersendiri.
  5. Pengertian tata cara ekonomi berdasarkan Dumatry (1996) yaitu sebuah sistem yang mengendalikan dan terjalin korelasi ekonomi antar sesama manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam sebuah ketahanan.

Referensi :

  1. Putong.Iskandar, Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro:Ghalia Indonesia, 2003
  2. Sukirno, Sadono, Pengantar Teori Ekonomi, Rajawali Pers, 2002
  3. Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New Jersey: Pearson Education
      Ilmu Ekonomi Dan Teori Seruan