close

Pemahaman Statistik

     
    Kata Statistik berasal dari bahasa latin, adalah status yang berarti negara atau untuk menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Pada mulanya statistik hanya berkaitan dengan sekumpulan angka mengenai penduduk sebuah tempat atau negara dan pemasukan penduduk . Termasuk pula, kumpulan angka yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam menuntaskan beberapa duduk perkara.
    Seiring dengan pertumbuhan zaman, statistik mulai meliputi hal-hal yang lebih luas. Cakupan statistik tidak hanya bertumpu pada angka-angka untuk pemerintahan saja, tetapi sudah mengambil bab di aneka macam bidang kehidupan, termasuk penelitian-penelitian pada nyaris seluruh cabang ilmu, seperti ekonomi,sains, pertanian, sosial, dan pendidikan.
        Berikut ini beberapa pemahaman statistik sesuai dengan perkembangannya : 
1. Pengertian Pertama
        Statistik yaitu sekumpulan angka untuk membuktikan sesuatu, baik angka yang belum tersusun (masih acak) maupun angka-angka yang telah tersusun dalam sebuah daftar atau grafik.
        Dari pemahaman tersebut, statistik diartikan dalam arti sempit yakni keterangan ringkas berupa angka-angka.
pola : statistik penduduk, yang memiliki arti keterangan tentang penduduk berbentukangka-angka dalam bentuk ringkas, seperti jumlah penduduk dan rata-rata umur penduduk.
2. Pengertian Kedua
     Statistik yaitu sekumpulan cara dan aturan ihwal pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penafsiran data yang terdiri dari angka-angka.
3. Pengertian Ketiga
     Statistik ialah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat-sifat data atau hasil pengamatan.
    
     Dari pengertian kedua dan ketiga diatas, statistik sudah diartikan dalam arti yang luas dan telah ialah suatu sistem atau ilmu, adalah metode atau ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang ada.
Contoh : Seorang pemilik pabrik bumbu masak merek SEDAP ingin mengenali jumlah kemasan bumbu masak merek tersebut yang dipakai tiap rumah tangga perbulan, disebuah desa. Di desa tersebut tinggal 2.000 rumah tangga. Dari 2.000 rumah tangga tersebut terpilih 200 rumah tangga selaku sampel . Dari 200 sampel itu, data dikumpulkam, diolah, dan dianalisis. Akhirnya diketahui bahwa rata-rata jumlah kemasan yang dipakai tiap rumah tangga per bulannya berkisar 20 hingga 25 buah.
    Dari pemahaman-pemahaman diatas,  tampakadanya perubahan pemahaman dari pengerrtian yang sempit ke pemahaman yang luas. Berikut ini diberikan pengertian statistik yang lebih terang dan melingkupi pengertian-pengertian diatas.
Statistik adalah ilmu yang mempelajari wacana seluk beluk data, yaitu perihal pengumpulan, pembuatan, penganalisisan , penafsiran dan penarikan kesimpulan dari data yang berupa angka-angka. 
      Dari pemahaman statistik diatas, dapat disebutkan komponen-komponen bagian-bagian dari statistik adalah :
  1. data;
  2. perlakuan data, mirip pengumpulan, dan pembuatan;
  3. kesimpulan;
  4. angka-angka
     Sebagai perbandingan mengenai pemahaman statistik, diberikan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa para hebat.
Croxton dan Cowden
Statistik yaitu sistem untuk menghimpun, mengolah, dan menyuguhkan , serta menginterprestasikan data yang berwujud angka-angka  .
Anderson dan Bancroft
 Statistik yakni ilmu dan seni kemajuan dan tata cara paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan penginterprestasian data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi mampu diperkirakan dengan penggunaan pikiran sehat induktif yang didasarkan pada matematika probabilitas ( peluang )/
Prof.Dr.Sudjana, M.A.,M.Sc.
Statistik yaitu wawasan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, dan penarikan kesimpulan menurut kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan.
Steel dan Torrie
Statistik ialah tata cara yang memperlihatkan cara-cara guna menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.
J.Supranto
J. Supranto memperlihatkan pemahaman statistik dalam dua arti, yaitu:
a. Dalam arti sempit
     Statistik yakni data ringkasan yang berbentuk angka (kuantitatif).
b. Dalam arti luas
     Statistik yakni ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan evaluasi data, serta cara pengambilan kesimpulan secara lazim menurut hasil observasi yang menyeluruh.
Drs. Djarwanto Ps.
Statistik yakni kumpulan angka-angka yang bekerjasama dengan atau melukiskan sebuah masalah.
Sumber bacaan :
Pokok-pokok Mateeri Statistik 1 edisi kedua ( statistik deskriptif ) oleh Ir.M. Iqbal Hasan, M.M , halaman 1-3