close

Pemahaman Radiometri

Radiometri adalah seperangkat teknik untuk mengukur radiasi elektromagnetik, tergolong cahaya terlihat . Teknik radiometrik dalam optik mencirikan distribusi kekuatan radiasi di ruang angkasa, berbeda dengan teknik fotometrik, yang mencirikan interaksi cahaya dengan mata manusia. Radiometri berbeda dari teknik kuantum mirip penghitungan foton.

dalah seperangkat teknik untuk mengukur radiasi elektromagnetik Pengertian Radiometri

Penggunaan radiometer untuk menentukan suhu benda dan gas dengan mengukur fluks radiasi disebut pyrometry. Perangkat pirometer genggam sering dipasarkan selaku termometer inframerah.

Radiasi elektromagnetik yakni variasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat melalui ruang dan membawa energi dari satu kawasan ke kawasan yang lain. Cahaya tampak yakni salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Penelitian teoretis perihal radiasi elektromagnetik disebut elektrodinamik, sub-bidang elektromagnetisme.

Radiometri penting dalam astronomi, utamanya astronomi radio, dan memainkan peran penting dalam penginderaan jauh Bumi. Teknik pengukuran yang dikategorikan selaku radiometri dalam optik disebut fotometri pada beberapa aplikasi astronomi, berlawanan dengan penggunaan optik istilah tersebut.

Spectroradiometry yakni pengukuran kuantitas radiometrik sewenang-wenang dalam pita sempit panjang gelombang.

  Wheatstone Bridge (Jembatan Wheatstone) - Alat Ukur Tahanan