close

Pemahaman Komunikasi Pemasaran Berdasarkan Para Andal

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para AhliMenjelaskan pengertian komunikasi penjualan dapat diuraikan melalui relasi antara komunikasi dan penjualan, sebab komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah penggabungan dua kajian yakni komunikasi (communication) dan penjualan (marketing).
Secara biasa , komunikasi penjualan yaitu acara pemasaran dengan memanfaatkan teknik-teknik komunikasi yang ditujukan untuk menunjukkan informasi bagi orang banyak dengan harapan tercapainya tujuan perusahaan adalah kenaikan pemasukan (laba).

Philip Kotler (2001) mendefinisikan pemasaran selaku sebuah proses perencanaan dan melaksanakan rancangan, harga, penawaran khusus, serta diatribusi sejumlah barang dan jasa, untuk membuat pertukaran yang mampu membuat puas tujuan individu dan organisasi. Sedangkan komunikasi sudah diterangkan dalam pemahaman komunikasi menurut para andal.

Untuk memperdalam pemahaman pengertian komunikasi penjualan, berikut ini kau kemukakan beberapa usulan para mahir bekerjasama dengan definisi komunikasi pemasaran:

  • Terence A. Shimp (2003: 4) mengemukakan bahwa komunikasi penjualan atau marketing communication ialah aspek penting dalam keseluruhan misi penjualan serta penentu suksesnya penjualan.
  • Sutisna dalam Amir Purba, dkk (2006: 126 – 127) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran ialah perjuangan untuk meyampaikan pesan kepada publik khususnya konsumen anjuran perihal perbedaaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian acara untuk merealisasikan suatu produk, jasa, ilham, dengan memakai bauran penjualan (marketing mix) yakni iklan (advertising), pemasaran tatap paras (personal selling), penawaran spesial pemasaran (sales promotion), kekerabatan penduduk dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran langsung (direct marketing).
  • William G. Nickles dalam buku Amir Purba,dkk (2006: 126) mendefiniskan komunikasi penjualan sebagai proses pertukaran gosip yang dijalankan secara persuasif sehingga proses penjualan mampu berjalan efektif dan efisien.
  • Komunikasi penjualan ialah bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memperkuat taktik penjualan guna meraih segmentasi yang luas (Soemanagara, 2006: 4- 5 ).
  • Beberapa literatur menyamakan arti ungkapan penawaran spesial dengan komunikasi pemasaran. Crosier menjelaskan bahwa perumpamaan tersebut disamaartikan alasannya adalah terdapat konteks pengertian yang sama dalam memahami untuk konteks pijakan 4P atau Product, Price, Place, dan Promotion (Prisgunanto, 2006: 9).
Dapat dikemukakan bahwa pemasaran memfasilitasi proses pertukaran dan pengembangan korelasi dengan pelanggan dengan cara memperhatikan secara cermat keperluan dan keinginan pelanggan yang dilanjutkan dengan mengembangkan sebuah produk (product) yang membuat puas kebutuhan konsumen dan memperlihatkan produk tersebut pada harga (price) tertentu serta mendistribusikannya agar tersedia di daerah-daerah (place) yang menjadi pasar produk yang bersangkutan. Untuk itu perlu dijalankan penawaran khusus (promotion) atau komunikasi guna membuat kesadaran dan ketertarikan konsumen kepada produk bersangkutan. Proses ini disebut bauran penjualan (marketing mix) atau disingkat 4 P (Morissan, 2010: 5). 
(Baca pula: aspek yang sungguh berkaitan dengan bahasan ini yakni pemahaman e-marketing dan keuntungannya)

Sejumlah hebat menempatkan komunikasi penjualan dibawah periklanan dan promosi, tetapi saat ini, komunikasi penjualan muncul sebagai suatu bentuk komunikasi yang lebih kompleks dan berbeda. Sehingga, banyak akademisi dan juga praktisi mendefinisikan pemasaran yakni semua bagian promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar organisasi dan sasaran khalayak pada segala bentuknya yang ditujukan untuk meningkatkan performa penjualan (Prisgunanto, 2006: 8).

  Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris dan Artinya

Demikian pemahaman komunikasi pemasaran menurut para mahir dan penjelasan terkait. Baca juga pemahaman komunikasi bisnis berdasarkan para mahir alasannya adalah komunikasi pemasaran menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan komunikasi bisnis.