close

Pemahaman Integrasi Nasional Beserta Aspek, Syarat, Konsep & Misalnya


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Pengertian integrasi nasional – Integrasi nasional yaitu usaha atau proses menyatukan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Fungsi integrasi nasional sangat penting untuk menyatukan perbedaan dalam sebuah bangsa.

Dalam kenyataannya, memang terdapat beberapa aspek penghambat integrasi nasional. Ancaman integrasi nasional mampu tiba dari dalam atau pun luar. Namun tentu pentingnya integrasi nasional mesti ditegakkan demi persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai juga dengan tujuan pengetahuan nusantara untuk menjamin persatuan bangsa.


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Konsep integrasi nasional di Indonesia pun cukup unik sebab banyaknya keragaman yang ada, seperti suku, budaya, ras dan agama. Integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika pun mampu diwujudkan. Tentu ada sejumlah syarat integrasi nasional yang mesti dipenuhi demi terwujudnya persatuan bangsa.

pengertian integrasi nasional

Pengertian Integrasi Nasional

Berikut ini kami bagikan penjelasan pemahaman integrasi nasional secara lazim dan pemahaman integrasi nasional berdasarkan para mahir selengkapnya.

Definisi Integrasi Nasional Secara Umum

Pengertian integrasi berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yakni pembauran sampai menjadi kesatuan yang utuh atau lingkaran. Sementara definisi integrasi nasional menurut KBBI yakni penyatuan aneka macam kalangan budaya dan sosial ke dalam kesatuan kawasan dan pembentukan sebuah identitas nasional.

  Filsafat Pancasila Selaku Objek Kajian Ilmu

Pengertian integrasi nasional secara umum juga mampu dibedakan menjadi dua ialah pengertian intergasi nasional secara politis dan antropologis. Integrasi nasional secara politis ini memiliki arti bahwa penyatuan banyak sekali kalangan budaya serta sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

Sementara integrasi nasional secara antropologis berartii bahwa suatu proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berlawanan sehingga akan mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah beberapa pendapat tentang pengertian integrasi nasional menurut para hebat beserta penjelasan lengkapnya.

Menurut Dr. Nazaruddin Sjamsuddin

Integrasi nasional merupakan proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua faktor kehidupannya, adalah faktor sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

Menurut Howard Wriggins 

Integrasi nasional yaitu penyatuan bagian yang berlainan-beda dari sebuah penduduk menjadi sebuah keseluruhan/kesatuan yang lebih utuh atau memadukan penduduk -masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.

Menurut Myron Weiner

Integrasi nasional ialah proses penyatuan dari berbagai golongan budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional.

Menurut J. Soedjati Djiwandono 

Integrasi nasional sebagai cara bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti luas mampu didamaikan dengan hak memilih nasib sendiri.

Menurut Safroedin Bahar

Integrasi nasional adalah mengintegrasikan yang berarti menciptakan untuk atau menyempurnakan  dengan jalan menyatukan komponen-bagian bangsa yang semula mula terpisah-pisah.

Menurut Arfani

Pengertian integrasi nasional yaitu pembentukan sebuah identitas nasional dan dengan penyatuan aneka macam kelompok sosial dari budaya ke dalam suatu kesatuan wilayah.

Faktor Pendukung dan Penghambat Integrasi Nasional

Integrasi nasional mempunyai beberapa faktor yang mensugesti, baik itu faktor pendukung maupun faktor penghambat. Berikut ini ialah klarifikasi aspek-faktor penunjang dan penghambat integrasi nasional.

  Fungsi Dpr Ri Berdasarkan Uud 1945 (Legislasi, Budget, Pengawasan)


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
data-ad-slot=”1135366004″
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Faktor Pendukung Integrasi Nasional

  • Adanya perasaan senasib dan seperjuangan
  • Keinginan untuk bersatu dalam semangat usaha yang serupa
  • Rasa cinta tanah air di kalangan warga
  • Sebagai wujud pemaknaan ideologi nasional yang telah disepakati bareng
  • Pengembangan budaya tolong-menolong yang turun temurun
  • Antisipasi adanya ancaman asing dari luar

Faktor Penghambat Integrasi Nasional

  • Kondisi penduduk yang bermacam-macam atau heterogen
  • Luas wilayah negara yang sungguh luas
  • Kuatnya paham etnosentrisme di kalangan masyarakat
  • Tidak meratanya pembangunan nasional
  • Budaya asli atau budaya lokal yang mulai tergerus budaya ajaib
  • Masuknya bahaya dari luar yang menghambat integrasi nasional

Syarat-Syarat Integrasi Nasional

Berikut ialah 3 (tiga) syarat utama terwujudnya proses integrasi nasional di Indonesia secara umum.

  1. Adanya kesadaran anggota masyarakat bahwa dibutuhkan relasi satu dengan yang lain supaya dapat memenuhi keperluan mereka.
  2. Terciptanya janji antarmasyarakat mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan menjadi suatu anutan.
  3. Adanya norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dijadikan hukum yang baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.

Konsep Integrasi Nasional

Konsep integrasi nasional secara umum bisa dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, ialah integrasi nasional secara vertikal dan integrasi nasional secara horizontal.

  • Konsep integrasi nasional secara vertikal, mencakup bagaimana mempersatukan rakyat dengan pemerintah yang keterkaitannya terintegral secara vertikal, termasuk korelasi antara pemerintah pusat dan pemerintah tempat.
  • Konsep integrasi nasional secara horizontal, mencakup bagaimana menyatukan rakyat Indonesia yang tingkat kemajemukannya cukup tinggi dari sisi jati diri kalangan, agama, etnis, suku, dan aspek lain yang berlawanan.

Contoh Integrasi Nasional

Berikut ialah beberapa pola integrasi nasional di Indonesia dalam lingkup keluarga, sekolah, lingkungan penduduk serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Saling menghormati pendapat antar sesama anggota keluarga
  • Mengutamakan kepentingan bareng dalam keluarga dibandingkan kepentingan langsung
  • Berbuat baik pada semua sobat tanpa terkecuali tanpa membeda-bedakan teman
  • Menghargai perbedaan usulan antar teman di sekolah
  • Menerapkan perilaku toleransi antar umat beragama di penduduk
  • Menghargai kebudayaan dari suku dan ras lain yang ada dalam lingkungan penduduk
  • Menumbuhkan sikap patriotisme dan cinta tanah air
  • Terjadinya proses akulturasi budaya yang jadi hasil pencampuran dua budaya yang berlawanan
  • Saling menghargai perbedaan yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Terwujudnya asimilasi budaya yang ialah pembauran dua kebudayaan yang membentuk budaya gres

Nah itulah referensi pemahaman integrasi nasional beserta aspek pembentuk, faktor penghambat, konsep, syarat-syarat, dan contohnya. Integrasi nasional menjadi sangat penting untuk menyatukan sebuah bangsa supaya tidak terjadi pertikaian. Pentingnya integrasi nasional menjadi sangat krusial di tengah penduduk bermacam-macam yang bisa dijumpai di Indonesia.

Bagikan :


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Whatsapp