close

Pemahaman Drama Menurut Para Jago Dan Definisinya Secara Biasa

Pengertian drama – Apa itu drama? Istilah drama menjadi sungguh lazim kita jumpai di kehidupan sehari-hari, misalnya seperti film drama, pentasdrama dan sejenisnya. Nah dalam postingan ini akan dibahas secara lengkap tentang apa itu pemahaman drama berdasarkan para mahir serta arti dan definisi drama secara biasa .

Drama ialah salah satu bentuk lakon seni yang bercerita melalui percakapan dan aksi dari para tokoh-tokohnya. Sebuah pentasdrama mengandung komponen-bagian tertentu seperti tema, alur, tokoh, latar dan amanat. Ada beberapa ciri-ciri drama contohnya harus memiliki pertentangan, mesti dilakonkan dan mesti ada agresi.

Naskah drama dibuat hingga mampu dipentaskan untuk dirasakan oleh penonton. Tentunya suatu drama membutuhkan komunikasi berupa dialog, aksi serta suasana yang menjadi plot dongeng drama tersebut. Untuk itu diperlukan pertentangan yang menjadi masalah dalam suatu pertunjukan drama.

Ada banyak jenis-jenis drama, baik itu drama lama atau drama baru. Berdasarkan isi ceritanya, macam-macam drama antara lain yaitu drama romantis, drama komedi, drama bencana, drama opera dan lain-lain. Adapun struktur drama secara lazim berisikan prolog, obrolan dan epilog.

(baca juga pengertian novel)

pengertian drama

Pengertian Drama

Berikut akan diterangkan perihal pengertian drama secara lengkap, baik artinya berdasarkan KBBI, definisinya secara lazim serta menurut usulan para jago.

Arti Drama Menurut KBBI

Pengertian drama berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yakni komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan moral lewat tingkah laku (akting) atau obrolan yang dipentaskan.

Menurut KBBI, drama juga mampu diartikan sebagai cerita atau cerita, terutama yang melibatkan pertentangan atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater

  Pemahaman Mencar Ilmu Berdasarkan Para Ahli Dan Secara Lazim [Lengkap]

Definisi Drama Secara Umum

Pengertian drama secara lazim yakni jenis karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Umumnya, sebuah drama menggambarkan kenyataan kehidupan, budbahasa, serta tingkah laris manusia melalui peran dan obrolan yang dipentaskan.

Kisah dan kisah dalam drama menampung pertentangan dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater. Pada perkembangannya, definisi drama menjadi lebih luas lagi, mencakup sejumlah media lain seperti film sampai unsur-komponen kehidupan.

pengertian drama

Pengertian Drama Menurut Para Ahli

Apa saja definisi drama menurut para hebat? Berikut ini yaitu beberapa pengertian drama menurut para hebat beserta penjelasanya lengkapnya.

Menurut Budianta dkk (2002)

Pengertian drama secara biasa adalah genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara verbal setiap percakapan atau obrolan antara pemimpin di sana.

Menurut E. R. Reaske (1966)

Pengertian drama berdasarkan E. R. Reaske adalah suatu karya sastra atau sebuah komposisi yang menggambarkan kehidupan dan kegiatan manusia dengan segala tampilan, banyak sekali langkah-langkah dan dialog antara sekelompok tokoh di dalamnya.

Menurut Sumarjo (1984)

Pengertian drama berdasarkan Sumarjo ialah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh pemain drama.

Menurut Moulton

Pengertian drama menurut Moulton adalah cerita hidup digambarkan dalam bentuk gerak serta dihidangkan eksklusif dalam tindakan.

Menurut Balthazar Vallhagen

Definisi drama menurut Balthazar Vallhagen merupakan suatu seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam gerakan.

Menurut Tambojang (1981)

Menurut Tambojang, drama yakni cerita yang unik yang dibentuk tidak cuma untuk dibaca saja, namun untuk dipertunjukkan sebagai tontonan pada para penonton.

Menurut Ferdinand Brunetierre

Arti drama berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Ferdinand Brunetierre ialah sebuah drama harus melahirkan harapan oleh aksi atau gerakan.

  Fungsi Seni Rupa Beserta Acuan, Manfaat Dan Tujuannya [Lengkap]

Menurut Wildan

Menurut Wildan, pemahaman drama yaitu komposisi menurut beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, adalah drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Menurut Anne Civardi

Pengertian drama menurut pertimbangan dari Anne Civardi ialah suatu cerita yang diceritakan lewat kata-kata dan gerakan.

Menurut Krauss (1999)

Pengertian drama menurut Krauss ialah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani antik, yang di dalamnya dengan terperinci terorganisasi dialog dramatis, suatu konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung)

Menurut Tjahjono (1988)

Menurut Tjahjono, drama diciptakan bukan untuk dibaca saja, namun juga harus mempunyai kemungkinan untuk dipentaskan. Drama sebagai tontonan atau pertunjukan disebut dengan istilah teater yang memiliki sifat ephemeral, yang memiliki arti bermula pada sebuah malam dan berakhir pada malam yang sama.

Menurut Seni Handayani

Drama merupakan sebuah bentuk komposisi menurut dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yakni drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Menurut Tim Matrix Media Literata

Definisi drama ialah suatu bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam insan lewat sikap (akting) yang dipentaskan.

Nah itulah referensi pengertian drama berdasarkan para hebat, arti drama menurut KBBI serta definisi drama secara lazim, dijelaskan secara lengkap. Drama ialah suatu karya sastra berupa dongeng atau dongeng yang diperankan secara eksklusif yang melibatkan konflik dan emosi.