close

Pemahaman Dan Karakteristik Modal Ventura

PENGERTIAN MODAL VENTURA (MV)
Istilah “Modal Ventura” ialah terjemahan dari terminology bahasa Inggris “Venture Capital”.
  • Dalam Dictionary of business trens; disebutkan bahwa modal ventura yaitu sebuah sumber pembiayaan yang penting untuk memualai suatu perusahaan yang melibatkan resiko ivestasi tetapi juga menyimpan potensi keuntungan diatas laba rata-rata dari ivestasi bentuk lain. Karena itu MV umumjuga disebut “Risk Capital”.
  • Dr. Neil Cross; bahwa Modal Ventura ( MV ) yakni sebagai sebuah pembiayaan yang mengandung resiko lazimnya dijalankan dalam bentuk partisipasi Equity terhadap perusahaan-perusahaan yang memiliki potensi meningkat tinggi.
  • Clinton Ricardson; mengemukakan bahwa MV adalah selaku sejumlah dana yang di investasikan kedalam perusahaan pasangan perjuangan yang cukup berisiko tinggi bagi penanam modal.
  • Tony Lorenz; menerangkan bahwa MV tidak lain dari bentuk investasi jangka panjang dimana tujuan utama dan sebagai konpensasi atas resiko yang tinggi dari investasinya yaitu perolehan laba bukan pendapatan deviden ataupun bunga.
  • Menurut¬† Keppres No. 61 Tahun 1988 ( lihat juga Perpres no. 9 thun 2009) ihwal lembaga pembiayaan dalam pasal 1 angka 11 bahwa MV ialah sebagai perjuangan pembiayaan dengan bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan yang mendapatkan bantuan pembiayaan untuk rentang waktu tertentu.

Lembaga pembiayaan modal ventura pada dasarnya mempunyai sifat multi dimensi ialah berbentukpenempatan posisi dan bisnis modal ventura;

  1. Sebagai forum financial;
  2. Sebagai corporate institution, karena penyertaa equity;
  3. Sebagai MV berfungsi juga selaku forum penolong usahawan lemah.

KARAKTERISTIK MODAL VENTURA

  1.  Bantuan MV tidak hanya menginvestasi modalnya saja, tetapi juga terlibat dalam manajemen perusahaan yang dibantunya;
  2. Investasi yang dilakukannya tidaklah bersifat permanen, namun cuma bersifat sementara untuk kemudian dilakukan divestasi;
  3. Motif MV murni motif bisnis ( profit oriented)
  4. Investasi yang dikerjakan ke Perusahaan pasangan perjuangan bukan jangka pendek ( minimal 3 maksimal 10 tahun).
  5. investasi sifatnya bantuan;
  6. prinsip modal ventura ialah investasi tanpa jaminan collateral;
  7. ditujukan kepada perusahaan kecil.
  Orang Melayu Dan Orang Batak, Saat Tata Cara Budaya Seksualitas Berjalan

Sumber : bahan fotocopy dari Dosen