close

Pemahaman Dan Dampak Globalisasi Yang Perlu Anda Pahami

pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Pengertian dan efek globalisasi mesti diperhatikan dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan ketika ini aneka macam karakteristik yang tentu saja menghipnotis kehidupan bagi bangsa. Pengaruhnya tidak akan dicicipi dikala ini, namun mampu dinikmati beberapa puluh tahun ke depan. Oleh sebab itulah pengertian akan adanya globalisasi membuat kebudayaan dan produk luar negeri mampu masuk ke dalam sebuah negara ini perlu diterangkan kembali. Pengaruh dari macam-macam karakteristik yang biasa yaitu bermacam-macam interaksi Unsur Kultural antar negara lewat media massa dan internet yang ada di Indonesia yang jikalau disalah artikan akan mempengaruhi budaya lokal.

 harus diperhatikan dengan baik oleh masyarakat Indonesia PENGERTIAN DAN DAMPAK GLOBALISASI YANG PERLU ANDA KETAHUI

PENGERTIAN GLOBALISASI

Globalisasi yakni berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya yakni proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang menciptakan manusia saling terbuka dan bergantung satu sama yang lain tanpa tenggat waktu dan jarak.

Di abad globalisasi (Baca: APA ITU GLOBALISASI? DEFINISI GLOBALISASI LENGKAP) yang disokong pertumbuhan teknologi, alat transportasi dan ilmu wawasan seseorang di suatu daerah mampu mengetahui segala macam gosip yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah. Globalisasi dimaknai selaku dunia satu atap atau dunia batas.

Globalisasi merujuk pada proses, adalah proses menuju lingkup dunia. Dapat dibilang bahwa globalisasi artinya proses mendunia. Adanya globalisasi menciptakan kebudayaan dan produk mancanegara mampu masuk ke dalam suatu negara.

Adanya Globalisasi disebabkan oleh 2 hal yakni :

  1. Kemajuan fasilitas transportasi
  2. Kemajuan fasilitas komunikasi dan gosip.
  Perangkat Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 SD Lengkap

DAMPAK GLOBALISASI

Pengertian dan pengaruh globalisasi menguntungkan, namun disisi isu lain merugikan. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Dampak Positif

  1. Komunikasi dan Transportasi Manusia Semakin Dinamis
  2. Terbukanya Lapangan Kerja
  3. Meningkatnya Toleransi dan Semangat Membantu Antar Manusia di Dunia
  4. Makin Banyak Negara Menganut Sistem Demokrasi
  5. Memperkaya Unsur Kultural Bangsa

Dampak negatif

  1. Lunturnya Sikap Setiakawan (Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL)
  2. Kebudayaan Barat Masuk Ke Indonesia Dan Banyak Ditiru Masyarakatnya
  3. Maraknya Penyelundupan Barang Dari Luar Negeri
  4. Banyak Terjadi Sikap Mementingkan Diri Sendiri Dibandingkan Orang Lain
  5. Terjadi Kerusakan Lingkungan Akibat Polusi Limbah Industri

Namun, yang harus di ingat Globalisasi berlainan dengan ungkapan global warming atau pemanasan global.

Globalisasi memunculkan perilaku budaya penduduk konsumtif. Sebagai pola, akomodasi untuk mengakses media abad serta kedatangan media sosial mendorong individu untuk terus berbelanja barang-barang terkini sebagaimana tren yang berkembang; Globalisasi membawa dampak pada bahasa dan kebudayaan lokal.

KETAHUI GLOBALISASI DAN MODERNISASI ADALAH BEDA

Perbedaan globalisasi dan modernisasi ialah bahwa Modernisasi ialah proses pembangunan yang mengarah kepada pertumbuhan, perubahan dari tradisional menjadi modern, sedangkan globalisasi yaitu sebuah proses dalam penyebaran unsur-bagian yang baru karena hal ini dikarenakan masyarakat saling memiliki keterkaitan satu sama lainnya.

globalisasi dan modernisasi yakni dua hal yang selalu dikaitkan satu sama yang lain. Ada yang berpendapat bahwa globalisasi menimbulkan modernisasi, ada yang beropini bahwa sebaliknya, bahkan ada yang berpendapat bahwa keduanya yakni hal yang serupa, dan ada juga yang berpendapat bahwa globalisasi dan modernisasi yakni dua hal yang berbeda.

Adapun perbedaan modernisasi dan globalisasi yakni Modernisasi yaitu proses pembangunan yang mengarah terhadap kemajuan, perubahan dari tradisional menjadi modern, sedangkan globalisasi ialah sebuah proses dalam penyebaran bagian-unsur yang baru karena hal ini dikarenakan masyarakat saling mempunyai keterkaitan satu sama lainnya. Contoh faktual dari globalisasi yakni hadirnya kemajuan teknologi mirip komunikasi, transportasi, dan berita.

  Puisi Cinta Tentang Senja | Meniti Cinta Di Batas Senja

Globalisasi diartikan sebagai suatu keadaan dimana orang-orang di dunia (insan dengan insan, kelompok dengan kelompok, negara dengan negara) saling memiiliki suatu keterkaitan satu sama lain, mengesampingkan duduk perkara ekonomi, budaya dan geografis melalu proses social yang alamiah. Proses social yang alamiah disini dimaksudkan relasi yang terjadi oleh hasil jual beli yang meluas dan menyebabkan pertukaran budaya pada saat berlangsungnya proses tersebut. Ciri-ciri terjadinya globalisasi mirip terdapat pelebaran ekonomi lewat korelasi perdagangan yang kian meluas, social, ekonomi, pertukaran budaya pada pelosok daerah negara dan benua.

Sedangkan Modernisasi didefinisikan selaku langkah perubahan budaya suatu penduduk kepada semua aspek-aspeknya. Ciri-ciri manusia modern antara lain ialah yakin diri, yakin kepada ilmu teknologi dan ilmu wawasan, terbuka untuk menerima proses perubahan, saling mengapresiasi kepada prestasi sesama manusia, dan sebagainya. demikianlah ringkasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga berguna —-