close

Pemahaman Autoimun Dan Lupus Dalam Jenis Penyakit

Arti autoimun dan lupus dalam Jenis Penyakit – Mungkin Anda pernah mendengar istilah dari macam-macam gangguan autoimun dan lupus pada jenis penyakit, kadang kala membikin gundah apa itu autoimun dan lupus yang terdapat pada seseorang penderita jenis penyakit tersebut. Saking bingung dengan pengertian antara autoimun dan lupus, tak sedikit orang sering terbalik dengan arti Pengertian autoimun dan lupus. Untuk lebih jelasnya ihwal pengertian dari autoimun dan lupus, berikut ulasan singkatnya.

ARTI AUTOIMUN DAN LUPUS DALAM JENIS PENYAKIT

Apa itu Penyakit Autoimun?

Penyakit autoimun disebabkan oleh aktivasi yang tidak tepat dari sistem kekebalan badan ( sistem imun) yang menjadikan kerusakan pada jaringan diri. Sistem kekebalan menyebarkan antibodi atau imun yang diperantarai sel terhadap jaringan kita sendiri tanpa adanya stimulus berbahaya. Ini mengarah pada kerusakan jaringan-diri yang menyebabkan kegagalan organ vital. Meskipun etiologinya tidak terang, kerentanan genetik dan biro lingkungan mirip sinar ultraviolet, obat-obatan (mis. Hidralazin) diketahui menjadikan autoimunitas. Penyakit-penyakit ini dapat terjadi secara sistemik atau lokal. Systemic Lupus Erythematous (SLE), Systemic Sclerosis (SS), dan penyakit Rheumatoid Arthritis ialah beberapa acuan penyakit sistemik di mana banyak organ terpengaruh. Contoh penyakit lokal di mana hanya satu organ yang terpengaruh yaitu penyakit Grave, Myasthenia gravis, dll. Dalam kondisi ini, antibodi spesifik kepada aneka macam sel atau reseptor nuklir dapat dideteksi dalam serum pasien, yang berguna selaku biomarker dalam diagnosis. Penyakit autoimun diobati dengan penekan imun seperti steroid, metotreksat, dan azatioprin. Kondisi ini lebih sering terjadi pada perempuan usia menengah namun belum tentu. Penyakit autoimun umumnya mempunyai kursus remisi dan kambuh. Prognosis beragam tergantung pada luas organ yang terkena.

  Tanaman Obat Tradisional Untuk TBC

Beberapa pertimbangan para hebat mengemukakan mirip menurut Subowo ( 1993 ) bahwa Penyakit autoimun merupakan sekelompok penyakit yang lazimnya kurang terperinci patogenesisnya dan dengan   suatu manifestasi fenomena autoimunitas. Biasanya dikelompokkan menjadi 2 jenis,  yakni kelainan yang melibatkan sejumlah sistem tubuh (kelainan multisistem) – imun dan kelainan yang cuma melibatkan sebuah organ saja (khas organ).

Arti autoimun dan lupus dalam Jenis Penyakit  PENGERTIAN AUTOIMUN DAN LUPUS DALAM JENIS PENYAKIT

Apa itu Kekurangan Sistem Imun ?

Kekurangan kekebalan  ( Sistem Imun) yaitu kurangnya unsur tunggal atau banyak dari tata cara kekebalan badan. Oleh sebab itu, pasien-pasien ini tidak mampu memasang tanggapanimun yang efektif kepada patogen tertentu tergantung pada unsur yang hilang. Sebagai pola, cacat-cacat ini mampu dalam imunitas seluler, imunitas humoral atau dalam sistem pemanis. Kekurangan imun dapat diwariskan atau diperoleh kekebalan. Ini dapat terjadi alasannya beberapa penyakit mirip diabetes, HIV atau obat-obatan mirip penekan imun badan. Biasanya, pasien ini menderita abses berulang atau atipikal. Diagnosis didasarkan pada pendeteksian komponen tata cara imun yang hilang dengan pemeriksaan laboratorium. Pengobatan utamanya dengan pencegahan abses dengan imunisasi, antibiotik profilaksis serta penggantian bagian sistem imun yang hilang pada kasus-perkara tertentu. Pasien-pasien ini akan mempunyai pola hidup berkualitas jelek alasannya adalah jerawat berulang. Penyembuhan permanen umumnya tidak memungkinkan, dan beberapa perkara mampu diobati dengan transplantasi sel induk. Pasien-pasien ini memerlukan tindak lanjut seumur hidup dan perawatan.

Apa itu Penyakit Lupus?

Berikut beberapa pengertian dari penyakit Lupus pada jenisnya menurut pendapat para Ahli kesehatan.

  • Menurut Hochberg  Mc. ( 1997 ) beropini bahwa pengertian dari gangguan penyakit Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) (SLE) ialah penyakit inflamasi autoimun kronis  dengan etiologi yang belum dikenali serta manifestasi klinis, perjalanan penyakit dan prognosis yang sangat bermacam-macam.
  • Menurut Tutuncu, ( 2008 ) bahwa pengertian dari gangguan penyakit Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) (SLE) yakni Penyakit yang terutama  menyerang  wanita usia reproduksi dengan angka ajal yang cukup tinggi. Faktor genetik, imunologik dan hormonal serta lingkungan disangka berperan dalam patofisiologi  SLE.
  • Pengertian Menurut Rahman, ( 2008 ) mendefiniskan dari gangguan penyakit Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) (SLE) merupakan penyakit autoimun  multisistem yang berat. Pada kondisi ini badan membentuk berbagai jenis antibodi, termasuk  antibodi terhadap antigen nuklear (ANAs) sehingga menimbulkan kerusakan berbagai organ.  Penyakit ini ditandai dengan adanya era remisi dan episode serangan akut dengan citra klinis yang beragam berkaitan dengan aneka macam organ yang terlibat.
  Anda Sering Tertekan, Konsumsi Minuman Penghilang Tertekan Berikut Ini!

Dalam pengertianartidefinisidari.blogspot.com biasa , Penyakit Lupus ini termasuk penyakit autoimun non organ specific. Penderita lazimnya adalah wanita dengan perbandingan wanita terhadap laki-laki 9:1; kebanyakan menjangkiti usia reproduktif, namun mampu juga terjadi pada era kanak-kanak. Gejala kliniknya dapat sungguh beraneka ragam dari yang tidak khas hingga kepada yang khas, begitu pula dengan intensitasnya dari yang ringan hingga yang berat.

Bagaimana, kini sudah mengetahui perihal maksud dari lupus dan autoimun dalam jenis penyakit. Semoga bermanfaat!!