close

Pemahaman Administrasi Berdasarkan Para Andal Dan Secara Umum


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Kali ini akan diulas pemahaman administrasi berdasarkan para andal dan secara umum lengkap beserta fungsi, prinsip, tujuan dan macam macamnya. Manajemen yaitu sebuah seni didalam suatu proses dan ilmu pengorganisasian. Yaitu sebuah proses yang dilakukan untuk meraih sebuah tujuan dengan cara bekerja dalam team.

Manajemen ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. Dalam penerapannya, administrasi memiliki subyek dan obyek. Subyek adalah orang yang mengontrol, sedangkan obyek adalah yang diatur.


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Bisa juga diartikan bahwa administrasi adalah suatu ilmu wawasan yang sistematis untuk dapat mengetahui proses manusia saling bekerja sama biar bisa menghasilkan sesuatu yang berfaedah bagi orang lain, kelompok tertentu maupun masyarakat luas.

Adapun orang yang merumuskan dan melaksanakan peran keseharian serta melakukan aneka macam tindakan administrasi disebut manajer.

pengertian manajemen

Makara, dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen secara umum ialah suatu proses yang berisikan penyusunan rencana, pengorganisasian, pengarahan, kepemimpinan, pengendalian dan pengawasan lewat pemanfaatan sumber daya dan sumber-sumber yang lain secara efektif dan efisien untuk meraih tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

Pengertian Manajemen Secara Etimologi

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis antik ménagement, yang mempunyai arti “seni melaksanakan dan menertibkan.”

Kata administrasi mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang memiliki arti “menertibkan,” terutama dalam konteks mengatur kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang bermakna “tangan”.

Bahasa Prancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengontrol.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Selain pemahaman manajemen secara biasa seperti yagn telah diulas diatas, para jago dan pakar memiliki pertimbangan yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa yang dimaksud dengan manajemen. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini kumpulan pemahaman administrasi berdasarkan para hebat secara lengkap,

Encylopedia of the Social Science

Definisi manajemen yaitu proses yang dalam pelaksanaan tujuanya ,direncanakan, dilakukan serta diawasi.

Mary Parker Follet

Manajemen yakni sebuah seni, tiap tiap pekerjaan bisa tertuntaskan dengan orang lain. Definisi ini bermakna bahwa seorang manajer bertugas mengendalikan dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

George R. Terry

Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-langkah-langkah: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai target-target yang sudah ditetapkan lewat pemanfaatan sumber daya insan serta sumber-sumber lain. Manajemen ialah wadah didalam ilmu wawasan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara lazim kebenarannya.

  Bagian Program Transformasi Ekonomi

James A.F Stoner

Manajemen merupakan proses dalam menciptakan sebuah penyusunan rencana, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas/organisasi dan juga memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses penyusunan rencana, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk meraih target secara efektif dan efisien. Efektif mempunyai arti bahwa tujuan mampu diraih sesuai dengan penyusunan rencana, sementara efisien mempunyai arti bahwa tugas yang ada dilakukan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan acara.

Henry Fayol

Manajemen yakni ilmu yang mengandung pemikiran atau pandangan baru 5 fungsi utama adalah mendesain, memerintah, mengelola, mengatur dan mengkoordinasi.

Eiji Ogawa

Manajemen ialah penyusunan rencana, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap acara yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

John D. Millet

Ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul Managemen in the public service, bahwa pemahaman administrasi ialah proses dalam menunjukkan kode pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna meraih tujuan.

Prajudi Atmosudirdjo

Manajemen merupakan mengadakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel

Ia menerangkan apa itu manajemen dalam bukunya The Principles of Management, ialah suatu cara untuk meraih tujuan tertentu lewat acara lainnya.

Manullang

Manajemen ialah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan kepada sumber daya insan untuk meraih tujuan yang sudah ditetapkan.

Luther Gulick

Pengertian administrasi yakni sebuah bidang ilmu wawasan yang berusaha secara sistematis bertujuan untuk mengerti bagaimana serta mengapa insan melakukan pekerjaan sama dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

Joseph Massie

Manajemen yaitu proses dimana golongan yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.

Theo Haimann dan William Scott

Pengertian administrasi yakni proses sosio-teknikal yang memanfaatkan sumber daya, imbas, langkah-langkah manusia dan akomodasi perubahan untuk meraih tujuan organisasi.

Karnadi Wargasasmita

Manajemen merupakan mengontrol, mengelola, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.

Wilson Bangun

Manajemen yaitu serangkaian berbagai aktivitas atau acara yang dijalankan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

Drs. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk meraih tujuan yang telah ditentukan.

Lawrence A. Appley

Arti manajemen ialah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

  Sektor Vital Bagi Penduduk Sebagian Besar Dikuasai Oleh Negara Melalui Bumn Dan Lazimnya Bersifat Monopoli

Richard L.Daft (2002:8) 

Manajemen yaitu pencapaian target-target organisasi dengan cara yang efektif dan efisien lewat penyusunan rencana pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.

Lyndak F.Urwick

Manajemen adalah meramalkan/forecasting, perencaan pengorganisiran / planning orga-nizing, menyuruh / commanding, pengkoordinasian / coordinationg serta pengontrollan / controlling.

Hilman

Manajemen yaitu fungsi untuk meraih sebuah tujuan lewat mediator acara orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna meraih tujuan yang serupa.

Dr. Ahuja

Manajemen yakni pihak-pihak yang menawarkan/ menawarkan jasa untuk bidang yang berafiliasi dengan manajemen.


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
data-ad-slot=”1135366004″
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org

Peter F. D rucker

Definisi administrasi selaku organ multiguna yang mengontrol bisnis dan pemerintah, pekerja dan pekerjaan.

Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39)

Manajemen merupakan metode yang digunakan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.

Peterson dan Plowman

Pengertian administrasi adalah proses dimana cara tertentu dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.

Chaster Bernard

Manajemen yakni ilmu wawasan yang berisi pandangan baru-ilham dengan lima fungsi utama, yakni mendesain, mengendalikan, mengurus, mengontrol, dan mengoordinasi.

Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2) 

Manajemen adalah ilmu dan seni mengontrol proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber yang lain secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

T. Hani Handoko (2000:10) 

Manajemen ialah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi penyusunan rencana, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

Cyril O’donnel

Dalam bukunya yang berjudul Principles of Management, diterangkan bahwa definisi manajemen ialah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan lewat dan dengan orang-orang lain.

William H. Newman

Arti administrasi adalah ilmu perihal perilaku yang mencakup beberapa faktor sosial dalam konteks penyusunan rencana.

Thomas H. Nelson

Manajemen yakni ilmu dan seni memadukan ide-wangsit, akomodasi, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang berguna dan menjualnya dengan menguntungkan.

Gibson, Donelly, and Ivancevich

Manajemen yakni proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk meraih hasil-hasil yang tidak dapat diraih oleh orang itu sendiri.

Renville Siagian

Manajemen yaitu salah satu bidang perjuangan yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikontrol oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan berpengalaman.

Davis (1951)

Management is the fuction of the executive leadership any where (manajemen ialah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun).

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Manajemen yaitu ilmu sikap yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keamanan serta kesehatan kerja baik dari segi perencanaannya.

Koontz

Pengertian manajemen adalah sebuah seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman perihal ilmu yang mendasarinya.

  Pemahaman Dan Aspek Penentu Elastisitas Seruan

Kimball and Kimball (1951)

Manajemen berisikan semua peran dan fungsi yang meliputi penyusunan suatu perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diharapkan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

Robbins and Coulter

Manajemen yaitu proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja supaya terselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain

Fredrik Winslow Taylor

Manajemen sebagai seni mengetahui apa yang ingin kamu kerjakan, kemudian melihat bagaimana sesuatu itu dilaksanakan dengan cara yang sebaik dan semurah mungkin.

The Liang Gie (1982)

Definisi manajemen yakni komponen yang ialah rangkaian tindakan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap kemudahan kerja biar tujuan organisasi yang bersangkutan sungguh-sungguh tercapai.

Dr. Sp. Siagian

Dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI, manajemen dapat di definisikan selaku kesanggupan atau keahlian untuk menemukan sebuah hasil dalam rangka pencapaian tujuan lewat orang lain.

Ordway Tead

Disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT, diterangkan bahwa arti administrasi yaitu proses dan acara pelaksanaan perjuangan memimpin dan menerangkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi Manajemen

  • Perencanaan (planning)
  • Pengorganisasian (organizing)
  • Pengarahan (directing)
  • Pengendalian (Controlling)

Prinsip Prinsip Manajemen

  • Pembagian kerja (division of work)
  • Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  • Disiplin (discipline)
  • Kesatuan perintah (unity of command)
  • Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  • Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination of perorangan interests to the general interests)
  • Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  • Pemusatan (centralisation)
  • Hierarki (hierarchy)
  • Tata tertib (order)
  • Keadilan (equity)
  • Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  • Inisiatif (Inisiative)
  • Semangat kesatuan (esprits de corps)

Tujuan Manajemen

  • Melaksanakan dan memeriksa strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien.
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melaksanakan banyak sekali penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan taktik.
  • Senantiasa memperbaharui taktik yang kita rumuskan semoga sesuai dengan pertumbuhan lingkungan eksternal.
  • Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
  • Senantiasa melakukan inovasi atas aktivitas sehingga kita hidup kita lebih terstruktur.

Macam Macam Manajemen

  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Administrasi
  • Manajemen Personalia
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Informasi
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Pengetahuan
  • Manajemen Pendidikan
  • Manajemen Resiko
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Proses

Demikianlah pembahasan tentang pengertian administrasi menurut para ahli dan secara biasa lengkap beserta fungsi, prinsip, tujuan serta macam macamnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan wawasan dalam mengetahui apa itu manajemen.


wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org
wargamasyarakat.org