close

Pantun Tahun Gres 2022

 Tahun gres yaitu pergantian antar-tahun. Yang dirayakan umumnya sekadar sepekan saja. Cukup antara akhir bulan Desember dan Awal bulan Januari tahun berikutnya. Tahun gres pada dasarnya sekadar ungkapan. Tahun baru lazimnya diikuti dengan ucapan ‘Tahun Baru Semangat Baru’. Kata ‘semangat’ bisa diganti dengan berbagai kombinasi keinginan dan citra sesuai kondisi masing-masing. 

Misalnya:

Tahun gres, pekerjaan gres.

Tahun baru, rumah gres.

Tahun gres, sekolah gres.

Tahun baru, semangat baru.

Tahun gres, pasangan baru.

 

Selamat Tahun Baru 2022

Ada juga yang sedikit ‘bandel’ dengan mengungkapkan:

Tahun gres, suami gres (bagi istri).

Tahun gres, istri gres (bagi seorang suami).

 

Tentu itu dalam konteks candaan. Bisa sungguh luwes dan sungguh luas. Tahun gres bukan perayaan dari orang dengan agama tertentu. Yang biasanya diperingati secara luas yaitu pergeseran tahun masehi, dari dari Desember ke Januari.

Meskipun sebetulnya tidak hanya tahun baru masehi yang diperingati di Indonesia. Selain Tahun Baru Masehi –yang oleh sebagian orang dianggap selaku tahun barunya orang kristen– juga diperingati pula Tahun Baru Islam dan Tahun Baru Imlek, serta Tahun Baru Saka. 

Tahun baru yang tanpa suplemen islam, imlek, dan lainnya itu, niscaya merujuk pada Tahun Baru Masehi. Perayaan Tahun Baru masehi diperingati secara luas di Indonesia alasannya adalah Negara Indonesia secara resmi kenegaraan menggunakan teladan kalender masehi. 

Makara, penentuan program kenegaraan menggunakan kalender masehi. Baik dalam surat menyurat, acara kegiatan, dan acara penyelenggaraan negara yang lain. Oleh karena menjadi Tahun Resmi Negara, perayaan pergantian tahunnya juga sungguh luas. Karena Desember menjadi batas final dalam pelaporan setiap acara masyarakat. 

  30+ Pantun Olahraga : Sepak Bola, Sepeda, Lari dan Kesukaanku

Perusahaan akan tutup buku di bulan Desember. Tutup buku laporan ini niscaya diakhiri di Desember dan diawali di Januari. Anak-anak sekolah walaupun memiliki Tahun Ajaran Baru yang biasanya dimulai pada bulan Juli, juga turut serta mencicipi libur tahun baru alasannya adalah pergeseran tahun terjadi bertepatan dengan jadwal libur semester satu, di tamat bulan Desember.

Tahun baru bisanya menimbulkan banyak jenis ucapan dan istilah yang diikuti dengan impian-cita-cita. Yang biasanya disebut dengan resolusi. Tak mau kalah pantunmun.blogspot.com turut serta menyemarakkan pergantian tahun baru 2022 dengan berpantun ria, sesuai dengan keahlian admin Pantunmun ini. 

Berikut ini adalah kumpulan beberapa pantun ucapan tahun gres 2022 serta pantun-pantun lain yang terkait dengan tahun baru. 

Pergi ke pasar beli bakwan

Bakwan dibungkus kain batik

Selamat Tahun Baru Kawan

Tahun depan harus lebih baik

 

Dibungkus rapi kain batik

Batik manis juga higienis

Jika tahun ini sudah baik

Tahun depan haru lebih

 

Pagi hari makan kudapan

Kudapan baris juga ditata

Tahun depan bukan sekadar ucapan

Harus juga langkah-langkah positif

 

Kayu terbakar menjadi arang

Arang sembunyi di bawah meja

Bisa menjadi pribadi yang matang

Tidak lagi cengeng manja

 

Ada cendana ada gaharu

Wangi semerbak penuhi ruangan

Tahun gres semangat baru

Bukan sekadar ganti pasangan

 

Pantun-pantun di atas cocok untuk menggambarkan keinginan baik yang ingin diraih di tahun gres. Selanjutnya, pantun-pantun tahun baru di bawah ini cocok untuk menggambarkan situasi malam tahun gres.

Kenapa malam? Karena pergantian tahun yang dirayakan umumnya ialah malam perubahan yang sempurna di antara pukul 24.00.

  √ 25 Pola Pantun Jenaka Anak Sd

Berikut ini ialah kumpulan pantun malam tahun baru 2022.

Ada belibis cemburu pada ayam

Ayam diberi bunga Dahlia

Tahun baru tak harus semua gres

Cukup cita-citakan hal mulia

 

Kambing berbisik pada angsa

Bercengkerama di atas dipan

Kembang api meledak di angkasa

Hiasi malam yang penuh cita-cita

 

Ada bunga diikat akar

Akar tumbuh di tengah telaga

Orang berkumpul bakar-bakar

Bersama sanak juga keluarga

 

Burung sumeringah sungguh ceria

Katak murung alasannya dikelabui

Ada yang berpesta bersukaria

Mensyukuri apa yang tlah dilalui

 

Bunga berkembang di padang sabana

Hujan lebat danau terisi

Tahun gres tidak ke mana-mana

Lalui malam nonton televisi

 

Pantun-pantun di atas menggambarkan macam-macam cara orang melalui tahun baru. Ada yang berpesta ceria. Ada yang sekadar kumpul-kumpul dengan keluarga terdekat. Ada pula yang cukup menonton televisi dengan acara hidangan malam tahun baru. 

Namun dalam tahun 2021 berganti tahun 2022 ini, situasi masih pandemi. Tentu saja, pesta dalam kerumunan massa yang sangat besar juga dibatasi oleh pihak berwajib. Kaprikornus, mungkin nanti akan ada pesta-pesta dalam kecil-kecilan. 

 

Selamat tahun gres 2022, biar menjadi lebih baik lagi.