close

Orang Yang Memiliki Kemampuan Dan Kreatifitas

Suatu pentunjuk yang menyolok tetang betapa pentingnya kemampuan yang kreatif itu mampu kita tarik kesimpulan dari peryataan presiden administrator perusahaan raksasa Du Pont dalam rapat pemegang sahamnya gres-baru ini :

“Tujuh puluh lima persen dari hasil penjualan yang menghasilkan jutaan dollar berasal dari produksi barang-barang yang sepuluh tahun yang lalu tidak dikensl sama sekali.”

Inilah laporan sebuah perusahaan yang merah laba dua bilyun dollar tiap tahunnya. Ini mempunyai arti bahwa idee-idee yang gres itu mampu menghadirkan duit lebih dari satu setengah biliyun dollar dalam dunia perdagangan. Itu pun hanya dalam satu perusahaan saja.

Lalu apakah arti idee anda untuk perusahaan anda? Gagasan anda sangat di perlukan. Daya kreasi anda akan mempunyai imbas terhadap perkembangan perusahaan anada dalam 5 atau sepuluh tahun mendatang. Dan pastinya akan menentukan pula beberapa banyak uang yang dapat kantongi.

Jadilah ptugas yang penuh gagasan. Jangan sekedar seorang ahli yang jadi pelaksana semata. Sebab majikan anda menhendaki pemecahan duduk perkara, bukan menyebabkan masal. Jangan jatuh dalam kelembahan-kelembahan mental. Susunlah suatu daftar yang bercorak “bisa dapat di lakukan dengan alasan-argumentasi yang masik logika.” Tak perlu anda menghabiskan puluhan lembar kertas untuk mencantumkan kesulitan-kesusahan anda. Mjikan anda sudah tau kesulitan itu, maka itulah sebabnya meminta pertolongan anda untuk menanggulanginya. Berikanlah kepadanya gagasan anda, dan jangan anda bersikap seakan-akan basuh tangan saja terhadap masalah itu.

Suatu perusanhaan taxi di chicago meminta saran-usulan dari para supir taxi. Kebanyak dari mereka mengejek atau negatif saja. Namun ada seoarang supir yang menyampaikan suatu daftar yang menampung dua puluh empat undangan. Ada yang masuk akal, ada yang terlampau muluk dan tidak tergapai. Satu seruan sungguh mempesona. “pasanglah alat televisi di dalam kendaraan beroda empat taksi.” Usul itu di terapkan. Seratus buah taksi dipasang pesawat televisi. Hasilnya? Banyak penumpang senang mengendarai taksi itu, dan para supir pun mendapatkan duit tips lebih besar dari lazimnya .

  Berhentilah Menyesali Diri Sendiri

Jangalah anda jatuh ke dalam jurang kelemahan perilaku. “itu bukan tanggung jawab saya.” Ajukanlah anjuran -nasehat sekalipun kelihatannya tidak bekerjasama lansung dengan bidang anda. Ingat, bahwa kondisi anda hanya mampu sejahtera bila perusahaan anda oun turut sejahtera. Marilah kita lihat jadinya bagaimana seoarang hebat bersikap menutup mata kepada pembiayaan yang mahal, yang merugikan perusahaan.

Seorang konsultan meninjau tempat penyaluran minyak entah yang melintas sebuah jalan kereta api dari sumber minyak ke dalam pangkalan kendaraan beroda empat pengangkut. Ia tercengang menyaksikan kayu penanngkal pipa yang begitu mahal. Kepala andal yang bertanggung jawab di situ beliau mengajukan pertanyaan, “mangapa mengunakan jenis kayu yang mahal?” jago itu cuma menjawab, “itu bukan urusan aku. Bagian di kantor itulah yang memesan. Saya hanya tinggal pasang saja.” Konsultan itu pun melaksanakan pendekatan terhadap peminpin supaya kayu yang mahal itu di ganti dengan jenis yang murahsaja. Perobahan itu sudah meminimalkan 48.000 dollar setahun bagi perusahaan itu. Tetukanlah satu sasaran idee bagi diri anda. Lalu buatlah sebuah peta rancangan untuk menolong anda melaksanakan hingga berakhir. Gagasan itu harus terang dari semula. Kalau idee anda itu sampai berhasil, maka anda mampu bayangkan keutungan yang dapt di peroleh perusahaan anda itu.

Maka untuk tahun berikutnya perlipaat gandakanlah target anda itu. Perhatikanlah jadinya. Jadilah seorang yang berjiwa kepemimpinan. Doronglah orang lain untuk melaksanakan ide anda dalam peran anda maencapai sasaran itu. Anda akan tercengang bahwa anda telah mengerahkan kesanggupan inovatif yang mengagetkan akhirnya. Sungguh amat efektif sekali.

Pada tamat tiap tahun seorang majikan sebuah perusahaan penerbit meminta kepada para manejernya untuk mengajukan usul dan rancangan untuk program tahun berikutnya. Sekaligus dengan cara-caranya melaksanakan pemikiran itu. Gagasan yang bagus dipilihnya dan di susunnya dalam sebuah buku petujuk. Menurut prioritas jenis projeknya. Kemudian dia himpun semua karyawan dan menjelaskan pelaksanaan projek itu. Pada akhir tahun majikan itu minta laporan dari para manajer lagi. Hasilnya? Seratus prosen dari program yang disusun dalam buku isyarat itu telah berakhir dikerjakan dengan hasil yang memuaskan sekali.

  Gunakanlah Otak Anda Bagaikan Kincir Angin

Bersikap inovatif secara berencana, jangan secara kebetulan saja. Nasib beruntung memeng memeggang tugas penting dalam merangsang ide gres dalam segala bidang buatan. Akan tetapi kita tak boleh mengandalkan diri semata-mata pada nasib beruntung sambil berleha-leha. Jangan menunggu-nunggu sampai datangnya ide untuk menghadirkan uang bagi anda. Pakailah kemampuan meneliti. Secara terus-menerus. Susunlah rencana usaha anda yang inovatif itu. Dengan deikian mempunyai arti anda sudah mengambil tindakan untuk memaksa nasib mujur itu datang berkunjung ke tengah-tengah kehidupan anda.

Seseorang pegawai perusahan materi kimia pada sebuah hari lewat ditempat pembuangan sampah kotapraja. Tempat itu sarat di kerubuti lalat dan serangga. Akan namun beliau amati ada satu daerah di antaranya yang tidak di hinggapi lalat dan serangga. Aneh! Hal itu menimbulkan rasa ingin taunya. Ia pun menyelidikinya. Ternyata kawasan itu mengandung sisa buangan bahan kimia tertentu. Ia mengambil acuan sisa buangan itu dan menyampaikannya kepada insiyur kimia di perusahaan itu. Mulai dari saat itu peminpin perusahaan memberi bonus kepada penemu itu. Namun mereka tidak puas hanya dengan inovasi yang secara kebetulan saja. Pipinan perusahaansering dengan sengaja memerintahkan sejumlah karyawanya menuang banyak sekali macam bahan kimia di kawasan-tempat sampah di kota itu mempan menghalau serangga. Peneliti yang berencana itu menghasikan sejumlah materi pembasmi serangga yang lebih tepat lagi dari inovasi yang secara kebetulan itu, sehingga perusahaan mendapatkan untung membuat puas.