close

On Time Vs In Time

ON TIME vs IN TIME

Apa perbedaan antara “in time” dan “on time”? Pada dasarnya perbedaan antara keduanya sungguh tipis dan terkadang penggunaannya dapat saling dipertukarkan. Namun, penutur orisinil bahasa Inggris menggunakannya masing-masing dalam suasana yang berlawanan. Berikut ulasannya

On Time
Ketika seseorang melaksanakan sesuatu “on time”, artinya ia melakukannya tepat waktu, sesuai dengan waktu atau jadwal yang ditentukan sebelumnya.

Contoh:

• “My flight is on time, so I’ll meet you at the airport at 3.30 PM.”
Pada contoh ini, penerbangan dijalankan sesuai dengan acara yang sebaiknya dan tidak ada perubahan atau penundaan.

 • “She’s never on time.”
Pada pola ini, orang yang bersangkutan tidak pernah datang tepat waktu, alias senantiasa terlambat.

• “The road is closed, I won’t be able to arrive in time/on time.”
Pada perkara ini, “in time” dan “on time” dapat dipertukarkan. Jika “in time” yang digunakan, kalimat ini menekankan pada “keterlambatan”. Jika “on time” yang dipakai, maka arti yang ditekankan ialah “gagal untuk hadir sesuai dengan jadwal yang ditentukan”.

In Time

“In time” bermakna sesuatu terjadi pada momen terakhir sebelum tenggat waktu, atau sebelum sesuatu yang buruk terjadi/tidak tersedia lagi.

Contoh:

• “They got the accident victim to the hospital just in time.”
Artinya, kalau mereka tidak menjinjing korban kecelakaan itu ke tempat tinggal sakit , bisa jadi nyawa korban tersebut tidak tertolong lagi.

• “Budi didn’t arrive at the theatre on time, but he still arrive in time to see the whole performance.”
Misalkan pertunjukan dimulai pukul 6 sore dan akhir pukul 8 malam. Meski Budi datang pukul 6.30 sore dan pertunjukannya telah dimulai (terlambat), namun dia masih masih punya waktu untuk menonton sisa pertunjukannya sebelum betul-betul selesai.

  Contoh Tugas Administrasi Keuangan Perjuangan Roti & Kue

Source : Line ID = @toeflonline