close

Nukleus (Inti Sel)

Pengertian Arti Definisi dari Nukleus atau Inti Sel. pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Nukleus atau inti sel merupakan unsur sel bermembran yang bentuknya bundar atau lonjong mirip cakram. Letak nukleus pada sitoplasma umumnya di tengah, namun pada sel flora sering kali nukleus terletak agak ke tepi sitoplasma. Umumnya pada sel tumbuhan ataupun hewan memiliki satu nukleus, namun ada pula yang mempunyai nukleus lebih dari satu nukleus contohnya sel otot lurik. Nukleus yaitu bab sel yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan organel sel kebanyakan, ialah berukuran antara 10 – 20 nm.

Baca: STRUKTUR DAN BAGIAN-BAGIAN INTI SEL

Fungsi utama inti sel yaitu mengontrol seluruh kegiatan sel. Secara lebih rinci, fungsi inti sel (nukleus) antara lain:

  • Sebagai pengendali seluruh aktifitas sel
  • Mengandung atau menjinjing gosip genetik (DNA) yang hendak mewariskan sifat-sifat genetik tersebut lewat pembelahan sel
  • Memproduksi tRNA, rRNA dan mRNA untuk kebutuhan sintesis protein
  • Memproduksi ribosom

Struktur dari Nukleus ataupun Inti Sel dapat dilihat pada gambar dibawah postingan pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

Pengertian Arti Definisi dari Nukleus atau Inti Sel NUKLEUS (INTI SEL)

Nukleus tersusun atas bagian-komponen berikut:

  • Membran nukleus (membran inti sel), mempunyai struktur lipoprotein, dengan fosfolipida bilayer mirip haknya membran plasma. Membran nukleus merupakan membran rangkap yaitu membran luar dan membran dalam, dan diantara membran luar dan dalam terdapat ruang yang disebut ruang perinuklear. Di beberapa sisi dari membran luar berkesinambaungan dengan retikulum endoplasma agresif (rRE). Pada membran nukleus terdapat porus yang memungkinkan adanya korelasi antara nukleoplasma dan sitoplasma Membran nukleus ini memisahkan bab nukleus dengan sitoplasma sel.
  • Nukleoulus (anak inti) yang berfungsi untuk mensintesis aneka macam macam molekul RNA (asam ribonukleat).
  • Nukleoplasma (plasma inti) merupakan cairan yang tersusun dari protein.
  • Butiran kromatin yang terdapat pada nukleoplasma, yang mampu menebal menjadi struktur seperti benang yakni kromosom yang mengandung DNA (asam deoksiribonukleat) yang berfungsi memberikan isu genetik melalui sintesa protein.
  Glomeromycota: Pengertian, Ciri, Struktur, Reproduksi, Contoh dan Manfaat

Baca: MACAM-MACAM JENIS INTI SEL

Demikianlah Pengertian Arti Definisi dari Inti Sel atau Nukleus dalam materi pelajaran sekolah Biologi terkait Struktur dan Fungsi Komponen Sel. Sebagai pengingat kembali, bahwa Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil penyusun makhluk hidup. Makhluk hidup terdiri dari uniseluler dan multiseluler. Uniseluler merupakan makhluk hidup yang tersusun atas satu sel atau sel tunggal, sedangkan multiseluler yaitu makhluk hidup yang terdiri dari banyak sel, ya sahabat pengertianartidefinisidari.blogspot.com