close

Nasihat Al-Qur’an Diturunkan Dalam Berbahasa Arab

Hikmah Al-Qur’an Diturunkan Berbahasa Arab
Selanjutnya kita akan membahas pertanyaan kedua, apa pesan yang tersirat, Allah menurunkan Al-Quran berbahasa Arab? Berangkat dari sini, kita akan menggali segi keutamaan bahasa arab, sehingga Allah memilihnya selaku bahasa Al-Quran.
Sebelum menyaksikan segi keutamaan bahasa arab, satu hal penting yang perlu kita tanamkan, bahwa Allah membuat segala sesuatu di alam ini dan Allah yang paling berhak untuk memilih siapa diantara makhluknya yang memiliki kelebihan melampaui yang lain. Ada milayaran manusia. Tentu saja, derajat mereka tidak sama. Allah berhak memilih, siapa diantara mereka yang berhak menjadi nabi dan rasul.
Ada ribuan bahasa di alam ini. dan Allah berhak menentukan bahasa mana yang paling pantas untuk kitab-Nya.
Kita yang cuma berposisi selaku hamba, hanya mampu menerima, dan saja sama sekali tidak berhak mengkritik.
Semacam ini Allah ajarkan dalam firman-Nya :
وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ
 
“Tuhanmu menciptakan apa saja yang Dia kehendaki dan Dia memilih (sesuai yang Dia kehendaki). Mereka tidak bisa menentukan opsi.” (QS. Al-Qashas: 68).
Karena itu, alur berfikir yang benar terkait kenyataan Al-Alquran, bukan bertanya, apa keunggulan bahasa Arab, sehingga Allah memilihnya untuk bahasa Al-Quran. Akan namun, cara berfikir yang tepat, bahwa dengan Allah menentukan bahasa arab sebagai bahasa Al-Alquran, itu telah sangat cukup untuk menjadi dasar yang memberikan bahasa Arab memiliki banyak keunggulan.
Sumber :
 https://konsultasisyariah.com/24981-mengapa-alquran-berbahasa-arab.html
Wallahu’alam…
  Tips Menentukan Warna Jilbab Untuk Lebaran Sesuai Dengan Usia