close

Meracuni Tikus Tapi Kucing Yang Mati ? 5 Hal Yang Harus Diamati Saat Menaruh Racun Tikus Dirumah

Sedikit cerita mengapa saya mengambil topik ini Meracuni Tikus Tapi Kucing yang Mati ? 5 hal yang harus diperhatikan ketika menaruh racun tikus dirumah
Sedikit cerita mengapa aku mengambil topik ini. Teman saya di WA membagikan sebuah status dimana melampirkan suatu foto kucing yang dikubur dalam satu liang. Terlihat dari foto itu  kucing betina dan empat anak kucing.
Tragis, mengenaskan bukan?
Yah, dibawah foto ada kata-kata yang dia sematkan seperti ini : 
“Kasihannya, mereka cuman meminta sisa makanan kenapa mesti diracuni? Wahai insan.. satu keluarga kucing ini diracuni manusia tidak ada yang tersisa.”
Kurang lebih mirip itu kata-kata yang dituliskannya. Menurut kalian bagaimana ? untuk lebih jelasnya saya lampirkan fotonya. 
foto: SS status sahabat di WA
Saya mengomentari dan menjajal mengerti, semoga kita sama-sama mampu mempunyai pengetahuan yang luas dalam mempesona kesimpulan dari apa yang kita lihat dan juga dengar.
Kita menilai kejam, namun bagaimana jika itu tidak ia sengaja? Atau dia sendiri meratapi perbuatannya. Contohnya, ketika menaruh racun tikus didapur ternyata kucing-kucing itu yang memakannya, lantas bagaimana? Apa itu masih termasuk insan tak berperasaan?
Jika memang ia berniat meracuni kucing-kucing itu, kita doakan bareng supaya ia menyadari kesalahan perbuatannya. Jika tidak sengaja kita mampu mengambil pelajaran bareng agar tak menaruh racun tikus sembarang pilih. 
Berikut saya rangkum dari berbagai artikel ihwal hal yang harus kita perhatikan dikala menaruh racun tikus dirumah : 
Pertama, Memilih kawasan tikus yang dilalui
Pastikan tempat tikus terlebih dulu sebelum memberi racun. Misalnya di dapur, pilih kawasan yang aman agar binatang lain tidak memakannya. Jika ditempat terbuka simpanlah di dalam jebakan tikus.
Kedua, Simpan di daerah yang tertutup
Jika meletakkan racun tikus di kawasan sampah atau sebuah wadah, cobalah ditutup saja ingat tikut punya sejuta cara untuk bisa mencari makan ditempat-tempat yang sulit sekalipun misalnya dalam penggalan pipa. 
Eeeee kok tau sih ? iya soalnya saya tetanggaan ehehehhee becanda..
Ketiga, Simpan racun beberapa hari
Umpan pertama kadang ngak ada hasil bisa jadi umpan kedua akan mendatangkan hasil. Tapi itu tadi jikalau disimpan berhari-hari pastikan aman dari binatang lain atau belum dewasa.

Keempat, Buang bangkai
Jika bangkai lama di tangani yakin dan yakin baunya akan merebak kemana-mana. Lebih tajam dan dasyat dari amis parfum loh.. Apalagi si bangkai tikus itu berada ditempat yang sulit di evakuasi. 
Hmmm…

Kelima, Jauhkan dari binatang lain dan anak-anak
Saya lebih sarankan mendingan pakai lem tikus ketimbang racun tikus. Yah, itu tadi jika tidak hati-hati menaruh racun maka akan terkena korban lain. Lebih baik menghalangi daripada kadung, iyakan ? 
Pengalaman Pribadi wacana Racun Tikus 
Gini, aku pernah mengalami hal mirip ini secara langsung. Pengalaman ini menciptakan saya juga panik. Bukan saya tetapi salah satu keluarga yang berencana meracuni tikus. Saat itu memang aku akui banyak tikus didapur. 
Selain memasang perangkat atau lem tikus, kami juga menaruh racun tikus didapur. Nah, dirumah tidak ada kucing jadi kami tidak memperhatikan hal ini. 
Hampir setiap malam seperti itu, alhasil tikus menyusut. Namun, pagi hari entah aku lupa itu hari apa. 
Saya melihat seekor kucing tetangga terkapar dibelakang rumah. Kejang-kejang sembari dari mulutnya keluar busa berwarna putih. Sontak itu menciptakan aku berteriak mengundang orang rumah untuk menolongnya. Hanya saja, kami telat. Beberapa ketika sesudah kejang-kejang kucing itu risikonya menghembuskan nafas terakhirnya. 
Bukan cuma kucing, ayam pribadi pun ikut jadi korban keteledoran ini.
Takut? tentu saja, kami merasa menyesal alias bersalah karena tak mempertimbangkan hal ini mampu terjadi. 
Entah mungkin dari pandangan orang yang hanya menyaksikan tanpa mendengar cerita yang bergotong-royong bisa menduga kami kejam atau tak berperasaan. Padahal dalam hati kami menangis membunuh binatang ini apalagi ini seekor kucing. 
Itulah yuk mari kita sama-sama lebih waspada guna menghindari hal ini terjadi pada kalian juga.
 Ohiya Saya hanya mau memberi tahu kepada sobat-teman semua bahwa apa yang terlihat dan terdengar mampu jadi itu bukan kebenaran yang bergotong-royong.  
Contohnya ini, maksud hati meracuni tikus namun kucing yang mati. 
Demikian goresan pena kali ini, biar berfaedah yah.. Wallahu a’lam..

Sumber tumpuan goresan pena ini :
Pengalaman pribadi
https://www.99.co/blog/indonesia/racun-tikus-paling-ampuh-murah/
https://jogja.tribunnews.com/2018/03/22/tak-boleh-sembarangan-ini-enam-cara-memasang-racun-tikus-yang-sempurna
Sumber foto : https://www.pexels.com/id-id/@francesco-ungaro