close

Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik (Bahas Lengkap)

Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik (Bahas Lengkap) – Mengidentifikasi cerpen dapat dijalankan menurut dua komponen, adalah bagian intrinsik dan komponen ekstrinsik. Kita pasti telah sering mempelajari kedua komponen tersebut.

Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik (Bahas Lengkap)

Kedua unsur ini ialah salah satu bahan kajian hasil karya sastra.

Identifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik

Pada bab ini kita akan mengidentifikasi bagian intrisnsik cerpen.

Alur

Setiap kisah memiliki pola alur sebagai berikut:

  • Perkenalan keadaan
  • Pertikaian / konflik mulai terjadi
  • Konflik berkembang menjadi makin rumit
  • Klimaks
  • Peleraian / penyelesaian / solusi

Penokohan

Penokohan atau perwatakan yaitu pelukisan tokoh kisah, baik keadaan lahir maupun batinnya termasuk keyakinannya, persepsi hidupnya, adat istiadat dan sebagainya. Yang diangkat pengarang dalam karyanya ialah insan dan kehidupannya.

Oleh alasannya adalah itu, penokohan merupakan unsur kisah yang sangat penting. Melalui penokohan, dongeng menjadi lebih faktual dalam angan pembaca. Ada tiga cara yang dipakai pengarang untuk melukiskan moral tokoh cerita, yakni dengan cara langsung, tidak langsung, dan kontekstual.

Pada pelukisan secara pribadi, pengarang pribadi melukiskan keadaan dan sifat si tokoh, contohnya banyabicara, bandel, jelek, baik, atau berkulit hitam. Sebaliknya, pada pelukisan sopan santun secara tidak pribadi, pengarang secara tersamar menginformasikan kondisi tokoh kisah.

Watak tokoh dapat ditarik kesimpulan dari fikiran, cakapan, dan tingkah laris tokoh, bahkan dari penampilannya. Watak tokoh juga dapat ditarik kesimpulan melalui tokoh lain yang menceritakan secara tidak langsung. Pada pelukisan kontekstual, sopan santun tokoh mampu ditarik kesimpulan dari bahasa yang digunakan pengarang untuk mengacu terhadap tokoh.

Latar

Latar dibedakan menjadi tiga, ialah latar waktu, latar kawasan, dan latar situasi. Pertama Latar waktu adalah waktu (masa) tertentu dikala kejadian dalam cerita itu terjadi. Latar daerah yaitu lokasi atau bangunan fisik lain yang menjadi tempat terjadinya insiden-peristiwa dalam dongeng. Latar suasana ialah salah satu unsur intrinsik yang berhubungan dengan keadaan psikologis yang timbul dengan sendirinya serentak dengan jalan kisah.

Identifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik Lengkap

Suatu kisah menjadi mempesona alasannya berlangsung dalam situasi tertentu. Misalnya suasana gembira, murung, tegang, penuh semangat, damai, tenang, dan sebagainya. Suasana dalam kisah lazimnya dibangun bersama pelukisan tokoh utama. Pembaca mengikuti kejadian demi peristiwa yang dialami tokoh utama dan bersama ia pembaca dibawa larut dalam suasana dongeng.

Demikianlah pembahasan singkat kita perihal Mengidentifikasi Cerpen Berdasarkan Unsur Intrinsik, maaf bila ada salah-salah kata. Semoga berguna buat kita semua, terimakasih.

Kharisma Bahasa Indonesia kelas XI semester 2

  4 Langkah Untuk Menulis Karya Ilmiah (Pola Kerangka Goresan Pena Karya Ilmiah)