close

Mencar Ilmu Nge Blog Secara Otodidak

Assalamu’alaikum.. 😀

Yoooooo ada yang sudah tau perihal blog sebelumnya ?? jikalau belum tau coba tanya mak google wkwkkwwk..
Yah..hobby nge blog telah lama saya tekuni, mulanya bermula dari PR sekolah yang mintanya mesti ihwal internet, pastinya mau tidak ingin aku mesti mencari bahan itu di internet.  Waktu itu saya masih SMP, sekarang mah uda renta hihihi … ingin tau tuanya mirip apa?? lihat sendiri saja 😛
Lanjut dongeng…
mencari dan terus mencari, terpikir oleh saya “waaah, banyak materinya.. cara mereka nulis gini gimana yah?” rasa ingin tau terus bergelut dalam asumsi aku saat itu, pokoknya aku mesti mencari tau tentang dunia blog bermula dengan membaca artikel-postingan, buku-buku, bertanya ke teman-sahabat ihwal blog dan Alhamdulillah, kini aku juga bisa nulis blog.. hohoho..
Bagi sahabat-sobat yang mungkin mulai terpesona dengan dunia ini juga, agar goresan pena saya ini bermanfaat bagi yah..
Makara, mesti mulai dari mana.. yuuuks intip :

1. NIAT DAN MOTIVASI
Hal yang paling pertama adalah niat dan apa yang menjadi motivasi sahabat-teman nulis blog, apakah cuma sekedar terpesona atau ikut-ikutan saja? bila ikut-kutannya baik yah nga papa sih..tetapi kalau yang tidak baik mending stop aja deh sampe sini..

“kita putus pokoknya, maaf cuma hingga disini”..  
eeeeeeeee kok baperan sih. stop-stop yang baca jangan ikut baper nanti nangis loh.. nangis alasannya teringat mantan hohoho..
Niat dan motivasi yakni hal yang penting untuk sobat-sahabat amati, karena akan ada waktu dimana sahabat akan berhenti sejenak untuk mempertimbangkan perihal ini, mau lanjut nulis, atau dibiarin aja blognya…
Banyak yang seperti itu, termasuk aku sendiri, alasannya sibuk akan hal-hal yang diprioritaskan hasilnya jarang update, terlebih beberapa bahan kuliah yang belum di update secara tuntas menciptakan perasaan gundah merana hihihi..
2. BACA BUKU/ARTIKEL DAN NONTON VIDEO

Hayoooo….ada yang malas baca buku disini?? mungkin pas baca buku mata udah ngeslip alias ngantuk melanda..
Tak usah khawatir kalau memang tak sudah biasa baca buku coba sahabat-sahabat nonton video, tentu buku dan video yang aku maksud disini seputar blog yah..
Membaca maupun nonotn video InsyaAllah akan sungguh membantu sobat-sobat sebab sahabat mampu nonton dan sekaligus praktekin caranya, apalagi video wacana blog telah banyak membanjiri laman youtube.. 
3. JANGAN BERHENTI BELAJAR DAN PRAKTEK
Nah, setelah membaca, dan juga nonton video ihwal blog, teman jangan pribadi tersenyum riang.. eiiits sabar alasannya semua butuh proses loooh..
Jangan pernah berhenti untuk mencari tau dan juga mencar ilmu .. mencar ilmu janga cuma sekedar tau tapi coba praktekin yah supaya terlihat hasil dari apa yang kalian baca atau nonton..
4. SILAHKAN BUAT BLOGMU SENDIRI
Siapkan alat-alat dan materi.. hihihi disini bukan berguru masak yah meskipun ini menyangkut blog ada beberapa yang sobat-sobat mesti siapkan seperti :
a. laptop/NB/HP yang terhubung dengan jaringan internet.
b. Tentukan tema blog kalian atau apa saja yang akan kalian diskusikan di dalam blog itu. 
kalau aku sih bercampur aduk hehehhe.. bercampur namun terarah kok, bila sahabat-sobat melihat blog aku ini teracak-acak maka, kritik saja…
c. Pilih tema yang mendukung.
 Nah, di blog saya ini aku memakai tema responsive, berbagai tema-tema yang unik-unik dan simple namun elegan loh, ohiya minta pertolongan mak google aja untuk menolong teman memperoleh tema blog yang sahabat  kehendaki.
Selamat menjajal .. salam berhasil 😉
Wallahua’lam..