makanan masyarakat adat papua

Masyarakat Adat di Indonesia

Posted on

Pengertian Masyarakat Adat

Sebelumnya blog ini pernah menulis tentang masyarakat primitif dan masyarakat modern, kali ini saya akan coba membahas mengenai masyarakat adat.

Menurut UN Economic and Sosial Council yaitu suku-suku dan bangsa yang mempunyai warisan sejarah (historis) yang dianut masyarakat sebelumnya yang nuansanya cukup kental, sehingga menganggap kelompok dirinya berbeda dari kelompok masyarakat lain yang datang untuk menjajah kehidupan di wilayah mereka.

Secara hukum pengertian masyarakat adat menurut undang-undang No.32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup BAB I Pasal 1 butir 31 menyebutkan bahwa:

Komunitas adat adalah kelompok/komunitas sosial masyarakat yang secara turun-temurun memiliki pemukiman di wilayah geografis khusus, karena terbentuknya ikatan kuat asal usul leluhur, serta hubungan yang kuat dengan lingkungan alam, dan juga terdapatnya beberapa nilai yang menunjukan pada pranata ekonomi, sosial, politik dan hukum.

Sedangkan Aliansi Masy Adat Nusantara memberikan pengertian masyarakat adat sebagai berikut;

Masy adat sebagai komunitas yang punya asal-usul yang secara turun temurun hidup di wilayah geografis khusus, serta memiliki sistem nilai, ideologi ekonomi, politik, budaya dan sosial yang khas”. Masyarakat ini masih kental memegang nilai-nilai tradisi dalam sistem kehidupannya.

Pada kongres I Masy Adat Nusantara tahun 1999 menyatakan pengertian masyarakat adat yaitu “Komunitas-komunitas yang hidup karena asal-usulnya secara turun-temurun di satu wilayah tertentu, masyarakat tersebut memiliki kedaulatan dan hak atas tanah, alam, serta kehidupannya secara sosial budaya yang telah diatur hukum khusus adat dan lembaga adat yang mengelola keberlangsungan kehidupannya”.

Sederhananya masyarakat adat terikat kental oleh hukum adat mereka, leluhur dan tempat tinggalnya.

Kategori masyarakat Adat

ILO (dalam Keraf, 2010:361) mengkategorikan masyarakat adat menjadi:

  • Suku-suku asli yang memiliki satu kondisi sosial, budaya dan ekonomi yang berbeda jika dibandingkan kelompok masyarakat lain dalam satu negara, dan yang keadaanya/hukumnya diatur sebagian/seluruhnya oleh adat tradisi atau mereka sendiri (khusus).

  • Komunitas masyarakat atau suku yang dianggap oleh orang lain atau menganggap dirinya sebagai suku asli karena secara keturunan dan genetik mereka berasal dari penduduk asli yang mendiami wilayah tersebut sejak dulu. Sebelum masuknya bangsa asing (penjajah), atau sebelum diberlakukannya peraturan tentang batas-batas wilayah administratif, seperti yang berlaku sekarang.

  • Baik yang mempertahankan atau yang sedang berusaha mempertahankan sebagian atau semua ciri, lembaga sosial, ekonomi, budaya dan politik yang mereka miliki.
    Dalam pengertian ini berarti masyarakat adat pasti memiliki bahasa, budaya, agama, tanah dan teritori yang sedikit berbeda dan terpisah dari kelompok masyarakat lain, sebelum terbentuknya negara bangsa modern.

Ciri-ciri Masyarakat Adat

Ciri masy adat menurut Keraf (2010:362). Beberapa ciri menonjol membedakan masyadat dengan kelompok masyarakat lainnya, yaitu:

  • Komunitas tersebut mendiami tanah-tanah milik leluhur dan nenek moyangnya, baik seluruhnya atau sebagian.

  • Garis keturunan dan darah mereka sama, asalnya dari penduduk asli daerah tersebut.

  • Mereka memiliki kebudayaan yang khas, baik menyangkut agama, sistem suku, tarian, pakaian, tata cara hidup, alat-alat hidup sehari-hari, sampai termasuk mencari nafkah/makanan.

  • Bahasa sendiri yang mereka miliki sendiri.

  • Umumnya hidup terpisah dari kelompok masyarakat lainnya. Sedikit menolak atau bersikap hati-hati pada hal-hal baru yang bukan berasal dari komunitasnya.

Baca Juga: Masyarakat Majemuk dan Masyarakat Madani

Contoh Masyarakat Adat di Indonesia

Jika kita ingin mengetahui contoh-contoh masyarakat adat di Indonesia silahkan tonton beberapa film dokumenter karya watchdoc di bawah ini.

Komunitas adat di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

Komunitas Adat Baduy Dalam

Masyarakat Adat Papua