close

Masakan Untuk Mencegah & Mengobati Penyakit Arteri Koroner

makanan untuk mencegah dan mengobati penyakit arteri koroner Makanan untuk Mencegah & Mengobati Penyakit Arteri Koroner
Sebelum merinci sejumlah nutrisi atau masakan untuk mencegah dan mengobati penyakit arteri koroner. Pertanyaan pertama, Apa itu penyakit arteri koroner? Pembuluh darah yang membawa darah ke jantung disebut arteri koroner. Pembuluh tersebut seperti tabung sempit. Zat lemak yang disebut plak mampu terbentuk di arteri ini dan menjadikannya menjadi lebih sempit, sehingga sedikit darah masuk ke jantung. Jika Anda mempunyai penyakit arteri koroner, jantung Anda tidak menerima darah dan oksigen yang diperlukan untuk bekerja sebagaimana normalnya. Penyakit arteri koroner mampu menjadikan dilema kesehatan yang serius, tergolong angina (nyeri atau tekanan di dada) dan serangan jantung.

Beberapa hal mengembangkan risiko penyakit arteri koroner, termasuk hipertensi, merokok, diabetes, obesitas, menjadi pria, riwayat penyakit keluarga dan tingkat kolesterol tinggi. Meskipun Anda tidak mampu mengubah semua hal yang mengembangkan risiko penyakit arteri koroner, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol Anda dengan melaksanakan pergeseran pada masakan Anda, dan Anda mampu berhenti merokok. jika anda merokok sekarang).

Apa itu kolesterol?

Kolesterol yaitu zat yang ada di kita semua. Tubuh kita membuat kolesterol. Ini juga hadir dalam kuliner daging dan susu. Makanan tanaman tidak mengandung kolesterol. Ada beberapa jenis kolesterol, tergolong low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL disebut kolesterol “jelek” alasannya adalah bisa terbentuk di bagian dalam arteri Anda, menyebabkannya menjadi sempit. HDL disebut kolesterol “baik” karena melindungi arteri Anda dari penumpukan plak.

Bagaimana menurunkan kolesterol LDL dapat menolong?

Menurunkan kadar kolesterol LDL Anda akan menolong menjaga agar plak tidak terbentuk di arteri Anda. Hal ini membuat lebih mudah hati Anda untuk menerima darah dan nutrisi yang dibutuhkannya.

Jika Anda sudah memiliki penyakit arteri koroner, dokter Anda mungkin ingin menurunkan tingkat LDL Anda setidaknya 30 sampai 35 persen lewat pembatasan makanan , olahraga dan kemungkinan obat-obatan. Cara lain untuk membantu yaitu dengan meningkatkan tingkat HDL Anda. Jika Anda dapat meminimalisir tingkat LDL Anda menjadi kurang dari 130 dan memajukan tingkat HDL Anda menjadi sekurang-kurangnya50, Anda berada di jalur yang benar.

Makanan apa yang harus aku tambahkan ke makanan aku untuk mencegah penyakit arteri koroner?

 
Saat mencoba menurunkan kolesterol LDL Anda, Anda ingin menyertakan kuliner yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, alasannya adalah badan Anda mengubah lemak bosan menjadi kolesterol. Untuk melaksanakan ini, tambahkan masakan yang mengandung serat larut tinggi. Selain itu, ada banyak cara untuk menambahkan makanan sehat ke kuliner Anda. Ikuti tip dan fatwa ukuran takaran di bawah ini:

  • Mulailah hari Anda dengan benar. Miliki berbagai macam gandum (mirip roti whole grain atau sereal gandum) dan buah untuk sarapan pagi. Pikirkan biji-bijian dan sayuran sebagai menu utama Anda saat makan siang dan makan malam. Jika Anda menghidangkan daging atau unggas sebagai menu utama, tambahkan salad atau sayuran ke piring.
  • Tambahkan kacang ke salad berdaun, salad pasta dan kacang polong stew-chick, kacang merah dan kacang navy telah terbukti meminimalisir kadar kolesterol LDL.
  • Minum susu bebas lemak atau 1 persen susu, bukan susu utuh atau 2 persen susu. Carilah yogurt dan keju rendah lemak juga.
  • Cobalah produk kedelai. Kedelai sudah berjalan usang dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, Anda mampu memperoleh produk kedelai di banyak toko kelontong dan toko masakan kesehatan. Cobalah burger kedelai-kedelai, pepperoni kedelai, tahu atau susu kedelai.
  • Sajikan buah mentah atau diolah dengan yogurt rendah lemak untuk pencuci lisan.
  • Makan cuma sedikit minyak. Jika Anda ingin memakai minyak untuk mengolah masakan, cobalah minyak zaitun atau minyak canola, bukan minyak yang mempunyai lemak tak jenuh ganda, mirip minyak jagung, minyak kacang dan banyak margarin. Minyak zaitun dan minyak canola tinggi lemak tak jenuh tunggal, yang menurunkan LDL dan kadar kolesterol total.
  • Makan hanya sedikit permen.
  • Makan satu hingga dua porsi ikan atau seafood setiap ahad kalau Anda memiliki penyakit arteri koroner. Orang dengan penyakit arteri koroner sepertinya mendapat faedah dari makan ikan dan makanan laut.
  • Masak dengan bawang putih. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih meminimalkan kolesterol LDL dan menurunkan tekanan darah.
  • Makan kacang dalam jumlah sedang yang kaya akan lemak tak bosan tunggal, seperti hazelnut, kacang almond, kemiri, kacang mete, kenari dan kacang macadamia. Kacang ini sudah terbukti memperbaiki kadar kolesterol. Hindari makan kacang dengan segenggam. Sebagai gantinya, hiasi kuliner dengan satu sendok makan kacang cincang per orang.
  Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Pneumonia

Apa lagi yang bisa saya lakukan jikalau saya terkena penyakit arteri koroner?

Selain mengubah pembatasan makanan Anda, Anda mesti mengatakan dengan dokter perihal acara latihan yang tepat untuk Anda. Jika Anda merokok, berhenti merokok. Jika Anda keunggulan berat badan, usahakan menurunkan berat badan (mengganti pembatasan makanan dan berolahraga akan membantu menurunkan berat tubuh). Bicarakan dengan dokter Anda tentang menghemat faktor risiko yang lain, mirip tekanan darah tinggi atau diabetes.

Bagaimana jikalau mengubah diet aku tidak menolong?

Tubuh Anda akan memerlukan waktu untuk merespons pergantian pembatasan makanan Anda. Dokter akan melihat kemajuan Anda. Jika kadar kolesterol Anda tidak membaik sesudah dua sampai enam bulan, dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk menurunkan kolesterol Anda. Namun, Anda masih perlu makan kuliner sehat untuk menolong kerja obat. Sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

Artikel ini kami share kepada para pembaca dari American Academy of Family Physicians. Informasi terkait kesehatan lainnya tersedia online di situs www. familydoctor.org. Informasi ini memberikan gambaran umum dan mungkin tidak berlaku untuk siapa saja dalam hal mencegah dan mengobati penyakit arteri koroner. Bicaralah dengan dokter keluarga Anda untuk mengetahui apakah info ini berlaku untuk Anda dan untuk mendapatkan lebih banyak berita ihwal masalah ini.