close

Macam-Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya

Macam-Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya (Artikel Lengkap) – Manusia mempunyai ototyang merupakan jaringan dalam tubuh selaku alat yang berkhasiat untuk bergerak. Otot mampu bekerja dengan cara  berkontraksi & relaksasi. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas ihwal macam-macam otot, dimana kita mengenal ada tiga macam otot yaitu otot polos, lurik dan jantung.

3 Macam Otot Pada Manusia dan Penjelasannya (Artikel Lengkap)

Untuk pembahasannya mampu kita simak berikut ini.

Macam-Macam Otot

Adapun macam-macam otot yang ada didalam badan insan antara lain:

Otot Polos

Terdiri dari sel-sel otot polos yang bentuknya gelendong, di bagian tengahnya membesar dan keduan ujungnya runcing. Jumlah intinya hanya satu dan berada di tengah sel. Otot polos ini merupakan otot tak sadar alasannya bekerjanya diluar kesadaran kita tanpa perintah dari otak.

Otot polos berada pada dinding alat-alat badan dalam seperti di dinding usus, susukan kelamin, pembuluh darah, dan saluran ekskresi. Cara kerja otot polos ini sangat lambat, terstruktur dan tidak mudah lelah. Walaupun dalam kondisi kita sedang beristirahat.

Otot Lurik

Sel-sel otot lurik ini berupa mirip tabung atau silindris dan mempunyai inti banyak. Jika dilihat dengan memakai mikroskop, tampak adanya bagian yang gelap dan jelas berselang-seling sehingga memberi kesan lurik.

Otot ini disebut juga dengan otot serat lintang. Dikarenakan letaknya melekat pada rangka yang disebut otot rangka. Otot ini sering disebut dengan otot sadar sebab bekerjanya sesuai kemauan dan perintah dari otak.

  √ Pemahaman Dan Fungsi Enzim Ptialin

Serabut-serabut otot berkumpul menjadi berkas-berkas otot, dan serabut-serabut itu pada pada dasarnya ialah sel-sel otot. Otot sadar yang secara terus menerus berkontraksi akan menyebabkan capek dan keletihan.

Oleh karena itu, dibutuhkan istirahat untuk mengembalikan kebugarannya. Otot-otot kita mampu dilatih melalui olahraga yang terstruktur sehingga menciptakan otot kita menjadi lebih kuat, lentur dan fleksibel.

3 Macam Otot Pada Manusia (Artikel Lengkap) & Penjelasannya

Otot Jantung

Ini ialah otot yang istimewa. Otot ini tersusun dari serabut-serabut otot lurik yang bercabang-cabang. Otot jantung ini melakukan pekerjaan terus menerus, bersifat tak sadar sehingga juga disebut otot tak sadar dan tidak memerlukan waktu istirahat.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai Macam-Macam Otot Pada Manusia (Artikel Lengkap) & Penjelasannya, biar berfaedah bagi pembaca. Sekian terimakasih 🙂