close

Letak Luas Dan Kondisi Alam Nigeria

Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria – Nigeria yakni salah satu negara meningkat di Afrika. Namun, kalau dibandingkan dengan negara Afrika yang lain negara ini cukup sejahtera. Awalnya negara ini ialah jajahan Inggris yang gres merdeka pada Oktober 1960. Akan namun, gres bertahun-tahun mengalami merdeka, adalah tahun 1967 terjadi perang saudara yang mengakibatkan kehancuran negara ini. Baru tahun 1970, negara ini berdiri kembali didukung oleh kekayaan dari sumber alam khususnya yaitu minyak bumi. Negara ini berbentuk Republik federal yang terdiri atas 19 negara bagian yang masing-masing dikepalai oleh seorang gubernur militer. Perhatikan Tabel 6.7 berikut.
Nigeria adalah salah satu negara berkembang di Afrika Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria

Letak dan Luas

Secara astronomis, Nigeria terletak di antara 5° LU–14° LS dan antara 4° BT – 16BT. Luas wilayahnya mencapai ± 924.630 km². Adapun batas-batas geografisnya antara lain di sebelah utara berbatasan dengan negara Niger, selatan dengan Teluk Guinea, sebelah barat dengan negara Benin, dan sebelah timur memiliki batas dengan Kamerun. Untuk mengenali kondisi dan situasinya maka perlu menyaksikan kawasan Afrika di Teluk Guinea ini melalui peta berikut.
Nigeria adalah salah satu negara berkembang di Afrika Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria

Keadaan Alam (Bentang Alam dan Iklim)

Wilayah Nigeria membentang mulai dari ujung timur Teluk Guinea hingga ke perbatasan Republik Niger di sebelah utaranya. Garis pantainya terbentang kira-kira sepanjang 800 km dari Benin hingga Kamerun. Kedua teluk besar di Nigeria yakni Teluk Benin dan Teluk Bonny ialah bagian dari Teluk Guinea. Di sepanjang pantai dan daerah pedalaman sampai sejauh 100 km, lahannya tertutup rawa bakau dan diselingi oleh sunagi serta belum dewasa sungai yang banyak. Lahannya sebagian besar merupakan belantara tropis yang membentang ke arah utara dengan sedikit diselingi lahan-lahan terbuka pertanian yang tidak luas.
Secara khusus, bentang alam Nigeria mampu dibedakan menjadi beberapa kawasan utama sebagai berikut.
Nigeria adalah salah satu negara berkembang di Afrika Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria
a) Wilayah Ledok Sungai Niger
Wilayah ini sebagian besar terletak di kawasan cekungan yang ialah Daerah Aliran Sungai (DAS) Niger. Sungai Niger ialah salah satu sungai terpanjang di benua Afrika (4.180 km) sesudah sungai Nil yang melintas di sepanjang sisi timur benua Afrika. Sungai Niger bermuara di Teluk Guinea, dan mempunyai beberapa anak sungai yang mengalir dari arah barat dan timur Nigeria. Sungaisungai tersebut antara lain yakni Benue dan Gongola. Pada bab muara sungai Niger membentuk suatu delta yang cukup luas dan subur.
b) Wilayah Dataran Tinggi
Wilayah ini meliputi dua kawasan, yakni dataran tinggi Jos yang terletak di bagian tengah dengan rata-rata ketinggian 1200 m dpl. dan dataran tinggi Adamwa yang terletak di bagian timur yang ketinggiannya meraih 1500 m dpl dan di antaranya terdapat puncak tertinggi di Nigeria yakni gunung Vogel (2.042 m dpl.). Pada dataran tinggi Jos mengalir beberapa sungai yang bermuara ke danau Chad. Pada dataran tinggi terutama di sebelah selatan didominasi oleh vegetasi sabana adalah padang rumput yang diselingi semak belukar. Sementara di bab utaranya ditumbuhi padang rumput semi arid.
Secara geologi wilayah Nigeria terdiri atas batuan kristalin renta dari zaman prakambriun yang sudah berusia sekitar 4.550 tahun. Lapisan batuan tersebut tidak mengandung barang tambang bermakna kecuali bijih timah di dataran tinggi Jos. Di sekitar inti batuan kristalin bau tanah terdapat endapan batuan sedimen yang lebih muda. Pada formasi batuan ini mengandung batu bara, batu kapur, dan minyak bumi. Lapisan batuan kristalin renta sudah mengalami perubahan sehingga menjadi tanah yang subur yang dijadikan kawasan perkebunan cokelat di daerah Nigeria barat.
Iklim di Nigeria yakni tropis dengan suhu rata-rata tinggi dan sama di setiap kawasan di sepanjang tahun. Daerah hutan belantara tropis di tempat selatan, memiliki demam isu panas yang panas dan berair adalah antara bulan April – Oktober. Di daerah sabana di sebelah utara jauh lebih kering. Pada trend cuek dari bulan November sampai Maret, angin kering dan panas yang berasal dari gurun Sahara di sebelah utara bertiup ke arah selatan ke daerah Nigeria menjinjing endapan pasir dan debu halus. Angin ini disebut Harmattan.
Sekian perihal Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria, agar ini mampu bemanfaat.