close

Kurva Penawaran Dan Pergantian Kurva Penawaran

Kurva Penawaran Dan Pergeseran Kurva Penawaran Dalam kurva penawaran perlu dibedakan antara dua pengertian yakni penawaran dan jumlah barang yang disediakan. Penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Adapun jumlah barang yang ditawarkan memiliki arti jumlah barang yang ditawarkan pada sebuah tingkat harga tertentu.
penawaran mampu didefinisikan sebagai :
“Yaitu sebuah kurva yang memberikan relasi diantara harga sebuah barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang disediakan”.
  • Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
  • Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas.
  • Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh prosedur pasar
Menurut Haryati (2007), kurva penawaran yakni kurva yang menghubungkan titik – titik kombinasi antara harga dengan jumlah barang yang dibuat atau disediakan. Kurva penawaran merupakan garis pembatas jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Pada tingkat harga yang ditentukan, pedagang bersedia menawarkan lebih minim tetapi penjual tidak mau memperlihatkan lebih banyak. Penjual bersedia mendapatkan harga yang lebih tinggi bagi sebuah jumlah tertentu, namun penjual tidak bersedia memperlihatkan jumlah itu dengan harga yang lebih ekonomis. Konsep ini sering disebut dengan kesediaan minimum penjual mendapatkan harga (willingness to accept).
Ciri-ciri kurva seruan, adalah :

  Sistem Ekonomi Yang Baik Biasanya Dapat Menyelesaikan Masalah......