close

Kiat Merantau Kuliah Bagi Kalian Si Penyendiri/Pendiam

Assalamu’alaikum.. semangat sore
yooooosh gimana kabar kalian sore ini?? 
semoga senantiasa baik deh, met istirahat aja yah..
Hari ini saya mau mengembangkan sedikit pengalaman, kali aja ada yang serupa mirip saya, atau kalian yang merasa penyendiri atau pendiam, yaaah intinya jarang banget komunikasi sama orang-orang luar trus minat kuliah gitu ke kota orang namun kurang percaya sama diri sendiri, trus mengajukan pertanyaan dalam hati dengan paniknya: 
 “aduh, gimana yah kuliah nanti?”
” kuliah di kota perantauan gimana sih rasanya apalagi males ngomong kayak gini?”
“nanti mampu ada temen ngak yah?”
“gimana yah jadi anak kos?”
gimana yah nanti jika… gimana yah.. gimana yaah… dan masi banyak perasaan dan pedoman yang tak karuan menggelut di asumsi kita. yaaaaah begitulah kehidupan ehehehe.. Tapi jika tak dijalani gimana kalian bisa tau, iya kan??  iya dong?
huuuuusssssst… udah deh stop,, stop.. guys sebelum kalian menjalani sesuatu jangan terlalu mikir yang ngak-ngak loh,, walau sering kali baik juga sih berfikir sebelum terjadi, untuk persiapan aja gitu..
 pribadi aja yah berikut TIPS nya 
1. YAKINKAN DIRI DAN KUATKAN NIAT
Yuuupppsss… selalu setiap kali saya menulis perihal kiat-tips yang paling utama saya tekankan disni adalah niat kalian guys,, sekaligus motivasi kalian, mirip rumah tanpa pondasi gimana yahh?? hanyoooo gimana???  yaaah niscaya jawabannya roboh laaah,, gres ketiup angin sepoi-sepoi aja langsung duuuubrrrrrrruk…  ehehhehe…
Yakinkan diri sendiri, cobalah malam ini mikir dan tenangkan diri kamu, ngak mesti semalaman banget juga sihhh,, nanti gara-gara mikir tubuh kamu langsung kurus looh wkkwkwkw… 
Coba malam ini,, menyendiri dulu dikamar.. aku sarankan sih tengah malam aja berdiri alasannya adalah suasana tengah malam lebih damai, nah ketenangan itu yang mampu menciptakan anggapan kita lebih rilex untuk berfikir. Bagi kalian yang muslim mampu habis shalat tahajud, berdoalah minta diberi ketenangan dan isyarat , juga berdoalah untuk lebih kuat dalam meyakinkan diri kamu agar terhindar dari rasa takut dan khawatir yang berlebihan.
Sekali lagi,, kuatkan niat kau,, tekad kalian,, dan tujuan kalian dengan baik.

2. MINTA DUKUNGAN KELUARGA
Nah, seringkali kalian yang penyendiri atau pendiam kadang males ngomong kan.. apalagi mau minta semangat, nasehat atau apapun gitu sama keluarga.. lebih senang merencanakan sesuatu sendiri gitu tanpa mau ada yang usik kan?? 
tapii,, soal kuliah apalagi mau merantau ke kota orang.. kalian si pendiam alias penyendiri butuh banget loh kritik,, rekomendasi,,dan  masukan dari keluarga apalagi menyangkut  kurun depan kalian seperti ini… cobalah memberanikan diri untuk menyatakan perasaan atau niat kalian kepada sesuatu terhadap keluarga kalian.
3. SIAPKAN DIRI UNTUK LEBIH TERBUKA
 Hayooo… adakah diantara kalian yang ogah-ogahan ngomong… males ngomong sebab males aja gitu..
Saya juga tipe yang males banget bila berkominikasi sama orang asing (bukan orang bule looh) . sering kali harus berfikir dua kali jika mau berkomunikasi, soalnya mesti mikir dahulu sih,, topik apa yah yang cocok jika ajak ngomong, terlebih sama orang yang baru pertama ketemu.
Cerita sedikit :
Waktu saya merantau untuk kuliah ke makassar, sebab aku orang yang dinilai pendiam dan penyendiri di keluarga dan seringkali dinilai cupu di sekolah (troma di buli waktu Sekolah Menengah Pertama sih) ehehhehe
Untuk pertama kali ke kota orang ditemani abang saya… entah perasaan saya mirip apa dikala itu, cemas, khawatir gitu.. terlebih kakak aku penduduknya tegas banget, aku disuruh untuk mengantri tiket (checkin tiket) di bandara, eeeee padahal baru pertama kali nginjakk bandara looh.. udah disuru ngantri… bantu-membantu mau bilang ” kak,, saya ngak tau gimana check in?”  tetapi pertanyaan itu aku telen kembali -_-‘ soalnya takut dimarahin ditengah-tengah banyak orang .. kan jaga imec gitu ..
udah deh,,, dengan polos nya saya ngikut aja antriannya,, sambil memperhatikan alias mengamati (ala-ala detektif) orang-orang di depan, belakang, samping kiri dan kanan.. atas eeeeee ataskan lampu wwkwkkwkw.. oooo yaaaah,, “ternyata check in tiket pesawat seperti itu” nyeloteh dalam hati, tiba giliran aku “Alhamdulillah” dapat tiket juga.
(TANPA DISADARI, SAYA SUDAH MULAI BERKOMUNIKASI DAN BERBAUR DENGAN ORANG-ORANG SEKELILING SAYA) .
4. JADI DIRI SENDIRI DAN JANGAN CEPAT PERCAYA ORANG
Bagi kalian yang polos banget jadilah diri sendiri jangan cepet minder yah,,
nah biasanya tipe yang pendiam dan penyendiri itu polos-polos banget, hati-hati deeeeh jika merantau jangan cepet percaya sama orang yah.. kalian harus memiliki sikap mawas diri loooh.. kalian harus cerdas-pandai mencerna sesuai yang baru kalian alami, bukan maksud ntuk negatif thinking yah .. hanya untuk berhati-hati aja..  alasannya adalah kita ngak mampu nebak isi hati orang-orang yang kita temui, meskipun tampakpolos, baik de el el… namun kalian harus amati baik-baik sebelum percaya kepada orang lain.
5. HATI-HATI DALAM BERTEMAN
Nah.. nah … nah… ini ia.. kalian yang pendiam alias penyendiri di periode Sekolah Menengan Atas,, yuuuk mulai beradaptasi dengan kehidupan kampus… mulailah untuk lebih berkomunikasi, menjalin pertemanan semoga jika kalian susah atau kesulitan dengan sesuatu kalian bisa kok meminta perlindungan. 
Teman yang aku maksud disini ialah mereka yang memiliki tujuan dan sasaran  kuliah yang sama,, jangan sampai kalian berteman dengan mereka-mereka yang hanya pamer kekayaan,, baju baru,, tata rias baru,, de el el..  Pokoknya aku tekan kan jangan sampai berteman dengan orang-orang yang mirip itu, amatilah sesaat… dan pertimbangkan sebelum berteman manfaat apa yang mampu kalian ambil jikalau berteman akrab dengan orang tersebut.
Kenapa aku menyarankan untuk hati-hati?? alasannya adalah sebagian anak perantau telah terbuai dengan susana kota yang waaaaaaw.. mengapa seperti itu? yaaah alasannya termakan dan terhasut dengan teman-sobat yang Kuliah yang otaknya hanya mikir jajan alias gentayangan tanpa tujuan ,, atau sekedar cari hiburan mulu… 
(KARENA TERKADANG TEMANMU MENCERMINKAN SIAPA DIRIMU)
Ohiya yang paling penting bagi kalian cewe yah,, jangan gampang terbawa omongan cowo-cowo looh.. kalian harus fokus ama kuliah,, jangan terhasut pokoknya.. CUEK yakni perilaku yang paling baik untuk memberantas mereka para cowo yang banyak menghasut, apalgi menginginkan kalian sebagai PACAR (-___-)”’ .. nauzubillah … 
6. SIAPKAN MENTAL DAN SEMANGAT
Tips terakhir deh… siapin mental kalian…. bagi kalian yang tipe penyendiri alias pendiam.. akan tak gampang untuk menjalin komunikasi, tidak gampang untuk mengatakan apa yang kalian inginkan,, aib bertanya sesat di?????…..
Siapkan mental kalian untuk menjelajahi sendiri dunia luar yang jauh dari kedua orang tua,, ohiya terlebih kalian itu cewe.. beda cerita jika kalian cowo sih…
Baca postingan menyangkut kuliah di kota perantauan seperti apa, kehidupan menjadi anak kos mirip apa de el el,, banyak mengajukan pertanyaan dengan mereka yang udah selese kuliah.. karena pengalaman seseorang kerap kali akan sama dengan kita.. meskipun tak sama secara keseluruhan … 
Fokus sama apa yang kalian persiapkan dari awal,, ingatlah selalu jangan berbuat sesuatu yang memalukan kedua orang tua kalian yaaah.. alasannya semalu-malunya diri kalian akan lebih malu kedua orang tua kalian. Jadikan kedua orang bau tanah,, keluarga kalian sebagai semangat kalian.. 🙂
Semoga berhasil dan supaya bisa menyelesaikan kuliah kalian dengan sempurna waktu.. 
 
Semoga berfaedah…
Wallahu a’lam..