close

Kiat Menganggap Baik Buruknya Seseorang !!!

Assalamu’alaikum.. yah yah yah.. mengatakan baik buruknya seseorang, pasti semua orang mempunyai sisi baik dan buruk. Yuuupppsssss, tetapi sisi manakah yang lebih menonjol dari orang itu? apakah sisi jelek atau baiknya? darimanakah kalian bisa menilai seseorang itu baik atau buruk? berikut beberapa penilaian yang biasa saya kerjakan :
1. Bertanya ihwal sesuatu dan mendengar pendapatnya
Yupppssss… cara yang aku kerjakan adalah menguji seseorang lewat pertanyaan yang aku berikan, dan bagaimana cara dia menerangkan pendapatnya. Seseorang yang mempunyai kesanggupan menganalisis mana kata yang baik beliau gunakan mana kata yang tak pantas beliau katakan, bisa mencirikan beliau yaitu eksklusif yang bagus loh!..
2. Mengamati kata yang beliau gunakan baik langsung maupun tidak eksklusif
Nah,, cara yang kedua ini juga sering menjadi tolak ukur dalam menganggap seseorang, akan berbeda jikalau kata-kata yang dia gunakan di status atau media umum yang dia miliki dan kata-kata sehari-hari yang umum beliau lontarkan. Bagaimana tidak, suatu status bisa jadi hanya kata-kata bijak yang dia copy atau status orang lain. Tapi, kata-kata yang ia gunakan dalam keseharian tidak dengan mudah beliau menjaganya alias senantiasa menatanya menjadi baik, jikalau tidak dimulai dari kepribadiannya sendiri.
3. Amati apa yang sering dia lakukan
Wah ini ia,, aku sendiripun kadang cuma gampang ngomong tanpa bukti, jadi diri saya sendiripun tak baik.. masih mesti belajar lagi menatanya. Yah… memperhatikan apa yang dijalankan seseorang setiap hari, kita bisa melihat dari kebiasaan apa yang dia lakukan. Hal ini bisa menolong kita untuk menilai seseorang itu baik atau tidak.
Tips penilaian berikutnya berasal dari membuatkan pihak yang hendak berdiskusi dengan saya pagi ini. Yuks silahkan di simak :
1. Pertemuan pertama
hayoooo… siapa disini yang menganggap seseorang pada saat pertama kali berjumpa ? cara menilai seseorang pada pertama kali berjumpa ialah lihat bagaimana cara beliau menyaksikan kita, berbicara dengan kita, menegur kita, disitu kita bisa lihat bagaimana pribadinya. Pada umumnya hampir diantara kita akan menilai lewat pertemuan pertama mereka. TAPI, eiiiiits  ada tapinya nih yah… jangan eksklusif menilai ia seperti itu sepenuhnya, yah karena sebab itu cuma kesan pertama. Jangan juga menganggap dari tampang atau pakaiannya.
2. Mengenalnya, Keluarganya, dan Teman-temannya
Nah, mengenal seseorang merupakan cara yang baik untuk menilainya. Bagaimana mungkin kita menganggap tanpa mengenalnya? hihihi  menilai seseorang tak mesti mengenalnya hingga kenal banget loh karena setiap orang punya privasi yang harus mereka jaga, biasa dalam islam disebut malu. Cara menilainya bukan cuma sekedar kenal dirinya, tetapi kenali juga keluarganya, dan sobat-temannya. Mengapa? karena lazimnya nih seseorang akan berlawanan sifatnya dikala bersama keluarga, bersama mu, dan bareng sahabat-temannya.
3. Menilai dari topik pembicaraannya
Terkadang topik obrolan akan menjadi kesan seseorang dikala berkomunikasi loh kok gitu sih?… yah, disatu sisi mampu dikatakan kepo  alias saking mau deket sama dia jadi, topik apapun dijadikan bahan percakapan, padahal itu tak baik loh. Hal ini biasa menjadi penilaian seseorang alasannya adalah topik obrolan akan menggambarkan siapa dirimu.
Demikianlah tips menganggap seseorang dari hasil diskusi aku dengan abang, adik, dan teman2 aku hari ini. Semoga bermanfaat … 
Nah.. bagaimana cara kalian menganggap seseorang? apakah sama dengan apa yang aku tulis atau berbeda? jika berlainan silahkan memberi masukan atau mengkritik apa yang sudah saya tulis yah..  salam tenang dan berhasil.. 😀

Wallahu a’lam…