close

Kiat Meminum Obat Yang Bagus Dan Benar






Perlu diketahui bahwa menggunakan obat ada empat macam: 

  • Untuk menyembuhkan penyakit
  • Mencegah penyakit
  • Mengurangi rasa sakit
  • Untuk mempertahankan kesehatan

Selain itu perlu anda ketahui bahwa obat mampu bermetamorfosis racun apabila takarannya cukup usang dan sering cara penggunaanya keliru, aturan obatnya keliru atau obatnya yang keliru.

Obat penambah nafsu makan untuk anak-anak misalnya, mengandung siproheptadina dan ada batas maksimal dosisnya, adalah untuk anak umur 2-6 tahun jangan lebih dari 8 mg sehari atau empat sendok teh sirup. Untuk anak antara 7-14 tahun, tidak boleh dari 12 mg sehari. Itu berarti tiga tablet atau enam sendok teh sirup.

Sedangkan bagiorang remaja batas maksimalnya 32 mg/hari. Bila lebih dari itu, maka akan timbul efek samping yang mampu membahayakan yang disebabkan oleh daya antiserotonin dan anticholinergik yang besar lengan berkuasa. Akibatnya, akan terjadi gangguan pada acara otak dan keseimbangannya, mirip kebingungan, timbulnya rasa mengantuk, mengeringnya lisan, tenggorokan dan hidung. Efek samping ini berlaku individualistis, artinya cepat atau lambat   timbulnya tidak sama pada setiap orang. Hal ini utamanya akan terjadi kalau dosisnya terlampaui dan pemakaiannya terlalu sering.

Obat flu yang mengandung kafein dapat mengakibatkan jantung berdebar kalau dosisnya berlebih. Yang harusnya diminum satu tablet sehari, jangan ditelan dua tablet sekaligus dengan cita-cita cepat sembuh Anda juga akan tak bisa tidur nyenyak karena jantung berdebar terus.

Contoh obat yang menyebabkan efek samping kalau dikomsumsi cukup usang atau sering yakni obat kortikosteroida, sejenis Prednison, Deksametaso, Triamsinolon dll. Bila terlalu sering dikomsumsi, maka si tampang penderita akan menjadi bundar (moon face). Selain itu mampu muncul juga garis-garis merah khususnya di kawasan sekeliling perut yang disebut striae.

Obat yang banyak mengandung imbas samping
Obat penghilang rasa sakit seperti AntalginFenibulazon, Amidozon dapa menimbulkan gangguan pada sel darah (Leucopenia/Agranulocytosis), bila sering diminum dan dalam waktu rentang waktu yang lama.

Obat anti bioti kloroamfenikol dapat menyebabkan imbas samping berupa gangguan pada sumsum tulang belakang dan terganggunya pembuatan sel darah merah.

Cara Mengkomsi obat yang bagus.
Sehari tigakali yaitu jam :  8.oo, 14.00 dan pukul 20.00. Jangan sembarang waktu.

Obat sejenis obat nafsu makan, obat antibiotika dirivat penisilin sebaiknya diminum sebelum makan semoga betul-betul memberi hasil maksimal. Sumber Majalah Intisari no.337 Agustus 1991 Oleh Hartono Hdw.