close

Keutamaan Berzakat

Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak kerabat, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah diantara kita saling tolong menolong, kasih sayng. Sehingga orang-orang yang butuh akan sumbangan kita, maka tidak gampang.

Tetapi dalam jiwa orang yang sosial akan tertanam rasa senasib sepenaggungan. Bila kita dalam fleksibilitas persoalan harta benda, maka hedaklah menjadi orang yang murah tangan. Suka memberi sesuatu terhadap orang lain yang memerlukan. Dengan sedekah yang kita berikan kepada pengemis, orang miskin, dan terhadap orang-orangyang amat membutuhkan tunjangan kita dengan rasa ikhlas dan ikhlas, maka tindakan semacan ini akan mampu menghapus segala kesalahan.

Tentang pemberian sedekah hendaknya apalagi dahulu diberikan terhadap orang -orang yang kita nafkahi, mirip menawarkan nafkah kepada keluarga. Dan ini merupakan langkah yang terbaik sekalipun hrta benda yang dimiliki itu hanya sedikit, tetapi lebih diutamakan terhadap orang-orang yang dinafkahinya.
Sebungan dengan ini pula, Nabi saw. Bersabda:

Atinya: sedekah yang di berikan kepada orang miskin hanya merupakan shadaqah saja, sedngkan yang di berikan kerabat karib itu merupakan sedekah dan pengubung silaturahmi.

Deikian yang mampu kami sampaikan melalui mimbar kuliah tujuh menit. Praktis-mudahan kita tergolong orang yang gemar bederma denagan semata-mata mencari ridha Allah swt. Cukup sekian materi yang bisa kami sampaikan.igdinash shiraathal mustaqiim.

  Tanda-Tanda Orang Pandai