close

Kemukakan Isi Deklarasi Kuala Lumpur Tersebut

 Untuk mempertahankan dari hal-hal yang tidak dikehendaki, pada tanggal 27 November 1971 ditandatangani Deklarasi ZOPFAN (zone of peace, freedom, and neutrality) atau disebut juga Deklarasi Kuala Lumpur. Kemukakan isi Deklarasi Kuala Lumpur tersebut!

Jawab:

Berikut isi Deklarasi Kuala Lumpur.

  1. Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura setuju untuk melakukan upaya- upaya menjamin pengukuhan dan penghormatan daerah Asia Tenggara selaku zona damai, bebas, dan netral dari setiap bentuk campur tangan kekuatan-kekuatan luar.

  2. Negara-negara Asia Tenggara hendaknya melakukan upaya memperluas daerah kolaborasi untuk mempererat solidaritas dan kekerabatan yang sudah terjalin.


Pembahasan 


Deklarasi Kuala lumpur ditandatangani pada tanggal 27 November 1971. Deklarasi tersebut dihadiri oleh Adam Malik, tun Abdul Razak bin Husein, Rajaratnam, thanat khoman, dan Carlos romulo.


Dengan adanya deklarasi tersebut, dibutuhkan daerah Asia tenggara akan mempunyai perdamaian tanah keleluasaan, dan netralitas. Sehingga kawasan tersebut ialah kawasan yang tenang dan bebas dari dampak campur tangan ajaib.


Sebagaimana diketahui, banyak negara yang memiliki kepentingan di Asia tenggara. Di antaranya adalah Amerika serikat, Jepang, uni soviet, dan Cina. Apabila negara-negara di tempat Asia tenggara tidak bersatu tanah tidak menutup kemungkinan imbas dampak aneh tersebut mampu memperkeruh keadaan di kawasan Asia tenggara.


Terimakasih telah berkunjung ke langsut.com. Semoga menolong. 


  Pelajaran Sejarah, Tema, Ucapan Untuk Perayaan Hari Palang Merah Sedunia