close

Jika Seorang Muslim Punya Hutang???

Jika Seorang Muslim Punya Hutang? 
Punya tekad lunasi utang, dan beliau selalu berupaya keras supaya utangnya itu lunas, maka Allah akan menolongnya. Beda halnya dengan orang yang cari utangan, lantas kabur atau menghindarkan diri dan tak pernah mau melunasi.
Ibnu Majah dalam sunannya membawakan dalam Bab Siapa saja yang memiliki utang dan dia berniat melunasinya. Lalu dia membawakan hadits dari Ummul Mukminin Maimunah.
Dulu Maimunah ingin berutang. Lalu di antara kerabatnya ada yang menyampaikan, Jangan kau kerjakan itu! Sebagian kerabatnya ini mengingkari perbuatan Maimunah tersebut. Lalu Maimunah menyampaikan, Iya. Sesungguhnya saya mendengar Nabi dan kekasihku shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
Jika seorang muslim mempunyai utang dan Allah mengenali bahwa beliau berencana ingin melunasi utang tersebut, maka Allah akan membuat lebih mudah baginya untuk melunasi utang tersebut di dunia. 
(HR. Ibnu Majah, no. 2408; An-Nasai, no. 4690. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
(Rumaysho)
Sumber :
Oleh: Pusat Buku Sunnah
Share yuk mudah2an sobat anda mendapat manfaat ilmu dari status yg anda bagikan dan menjadi pembuka pintu amal kebaikan untuk anda.. aamiin
—-
✏ Gabung Yuk bareng Grup Untaian Penuh Hikmah PBS di :
Web : PusatBukuSunnah.com
FB : Pusat Buku Sunnah
IG : pusatbukusunnah
Line Id : hikmahpbs
Channel Telegram : hikmahsunnah
BB : 5E02C278 (Pin Bb ke Delapan)
WA : 089628224224 ketik [Gabung PBS35 Nama]
(Wallahu’alam)… 
  Acuan Makalah Filsafat Aturan Tentang Peran Aturan Sebagai Pembaharuan Penduduk