close

Inilah Teks Pidato Ir. Soekarno Pada 1 Juni 1945, Jadi Dasar Lahirnya Pancasila

Hai Sobat , tahukah Sobat bahwa awal mula dirumuskannya Pancasila salah satunya berasal dari pidato inspiratif Bung Karno?

Ya, benar sekali. Pada sidang BPUPKI dalam rangka merumuskan antisipasi kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno yaitu sosok inspirator. Melalui pidatonya, dia mengenalkan Pancasila sebagai dasar negara.

Di kala itu, sila Pancasila belumlah tersusun rapi sebagaimana yang sering kita baca saat upacara bendera. Namun, Bung Karno sudah merumuskan poin-poin penting yang kemudian dirumuskan menjadi Pancasila.

Seperti apa isi pidatonya?

Berikut disajikan naskah pidato yang disampaikan Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 selaku dasar lahirnya Pancasila beserta maknanya.

Mari disimak ya:

Naskah Pidato Soekarno 1 Juni 1945

Contoh Susunan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Makna Pidato Soekarno 1 Juni 1945

Pidato Bung Karno di atas cukup panjang ya Sobat? sudah menjumlah, setidaknya ada lebih dari 5.700 kata. Meski cukup panjang, sesungguhnya inti dari sajian pidato ia yakni untuk menyampaikan 5 hal selaku dasar pijakan kemerdekaan Indonesia.

Di permulaan pidatonya, Soekarno mengajak pada pendengar untuk menyatukan semangat dan niat untuk menyatakan kemerdekaan. Makna kemerdekaan pula bukan sekadar gaungan, ucapan, atau pun teks tertulis.

Hal ini dibuktikan dengan kutipan pidato beliau:

“Jikalau telah membicarakan hal yang kecil-kecil hingga njelimet, barulah mereka berani menyatakan kemerdekaan.”

Apa makna kalimat di atas? Maknanya adalah, pembahasan mengenai kemerdekaan memang perlu diulas secara detail mulai dari hal yang paling besar sampai hal yang terkecil. Sama halnya mirip kita ingin membangun pondasi. Meski begitu, bukan mempunyai arti hal-hal yang njelimet tersebut dijadikan alasan untuk menangguhkan kemerdekaan.

Menurut Bung Karno, kemerdekaan itu cukup dengan apa yang dikatakan aturan internasional: asal ada buminya, rakyatnya, ada pemerintahannya, kemudian diakui oleh satu negara yang lain, inilah yang sudah bernama merdeka.

Pada lanjutan pidatonya, Bung Karno pun mulai membicarakan 5 dasar yang menjadi cikal bakal sila-sila dalam Pancasila.

Sebagaimana yang Gurupenyemangat.com kutip dari laman ” target=”_blank”>Pantun Ucapan Hari Lahir Pancasila

Download Pidato Soekarno 1 Juni 1945 PDF

Bagi Sobat yang memerlukan teks pidato Soekarno yang disampaikan pada 1 Juni 1945 untuk kebutuhan berguru maupun pengetahuan wawasan, berikut siapkan dokumen PDF-nya.

Silakan Sobat klik tombol download syahdan tunggu beberapa ketika untuk mendapatkan naskah pidato Bung Karno selaku tonggak lahirnya Pancasila.

Pidato Soekarno 1 Juni 1945 248kb

***

Demikianlah hidangan sebagaimana yang dikutip dari WartaKota.tribunnews.com perihal teks pidato Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 yang menjadi dasar lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Semoga berguna
Salam.

  Persepsi Holistik Kepada Imbas Suatu Program Komunikasi