close

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menghancurkan Kesehatan Organ Ginjal

Hai Sobat Sehat , Sudah Peduli dengan Ginjalmu Hari Ini?

Ginjal merupakan salah satu organ vital pada badan insan. Setiap insan mempunyai dua organ ginjal yang berada di bagian punggung bawah. Organ ini bentuknya mirip kacang dan ukurannya sekitar kepalan tangan.  

Organ ginjal bagaikan filter pada tubuh manusia, yang mana fungsinya yakni untuk membersihkan tubuh dari limbah dan racun yang ada pada darah.

Tak cuma itu, fungsi lain dari organ ginjal diantaranya selaku penyeimbang cairan badan, mengontrol tekanan darah, menstimulasi pembentukan sel darah merah, dan menolong mengaktifkan vitamin D.

Seperti organ yang lain, ginjal pun dapat rusak, saat organ ginjal sedang tidak sehat maka berbagai dilema akan timbul.

Di antaranya mirip pergantian air kencing hingga pembengkakan pada bagian badan, sesak nafas, tekanan darah menjadi tidak stabil, hingga dapat menjadikan ajal. 

Salah satu penyebab organ ginjal yang tak sehat adalah masakan dan Kebiasaan. Apa saja sih? Berikut merupakan kuliner dan kebiasaan buruk yang berpotensi merusak organ ginjal.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Organ Ginjal

Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Mete untuk Kesehatan

Jenis-jenis Penyakit Ginjal

Ada beberapa jenis gangguan pada organ ginjal di antaranya ialah:

1. Penyakit Ginjal Kronis atau Gagal Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis menjadikan menurunnya fungsi ginjal secara sedikit demi sedikit selama lebih dari 3 bulan. Biasanya, gagal ginjal kronis disebabkan oleh diabetes tipe 1 dan 2, hipertensi, penyakit autoimun, dan bisul pada ginjal.

2. Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut menciptakan menurunnya fungsi ginjal secara datang-tiba. Biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan, cedera pada ginjal, atau adanya penyumbatan yang membuat cairan ke ginjal.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh penumpukan zat dan mineral yang lalu membentuk kristal di ginjal. Kondisi ini dipicu oleh penyakit asam urat dan bengkak pada kanal kemih.

4. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik menimbulkan terbentuknya kista-kista atau kantong-kantong berisi cairan di ginjal, penyebabnya adalah alasannya adanya kelainan genetik.

5. Infeksi Ginjal

Infeksi pada organ ginjal mampu disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Penyakit ini juga bisa terjadi akibat jerawat pada terusan kemih yang menyebar ke ginjal.

Itulah beberapa kuliner dan kebiasaan jelek yang dapat menyebabkan gangguan pada organ ginjal, serta jenis-jenis penyakit pada ginjal. Mari mulai kini jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Boleh Baca: Anak Mengalami Demam Naik Turun? Begini Penyebab dan Rekomendasi Penyembuhannya

Semoga bermanfaat
Salam

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • Aucella, et al. (2019). Beyond Chronic Kidney Disease: The Diagnosis of Renal Disease in the Elderly as An Unmet Need. A Position Paper Endorsed by Italian Society of Nephrology (SIN) and Italian Society of Geriatrics and Gerontology (SIGG). Journal of Nephrology, 32(2), 165–176.
  • Johnson, S. Healthline (2017). Kidney Health and Kidney Disease Basics.
  • National Kidney Foundation. Know Your Kidney Numbers: Two Simple Tests.
  • Mayo Clinic (2019). Diseases & Conditions. Chronic Kidney Disease.
  • Mayo Clinic (2018). Diseases & Conditions. Polycystic Kidney Disease.
  • Pugh, D., Gallacher, P. J., & Dhaun, N. (2019). Management of Hypertension in Chronic Kidney Disease. Drugs, 79(4), 365–379.
  Imbas Alkohol Kepada Organ Tubuh