close

Ikan Bahari Lepas Versus Ikan Yang Ditangkarkan: Mana Yang Lebih Baik ??

Ikan .. siapa sih yang tidak suka ikan? yah.. mungkin sebagian kita tidak mampu menyantap ikan, tetapi sebagian besar dari kita menyukainya..
Ada berbagai macam cara untuk mengkonsumsinya. Di negeri Sakura tepatnya Jepang mereka lebih menyukai menyantapnya mentah-mentah alasannya adalah kandungan nutrisinya yang lebih baik jikalau diolah seperti yang kita kenal yaitu sushi.
Namun, berbeda dengan di Indonesia, bukan? kita lebih menyukai jikalau dibakar, direbus, di goreng.. de el el… pokoke sesuai selera dah… ehehhe
Nah… saking banyaknya undangan ikan diberbagai negara membuat hadirnya penangkaran-penangkaran ikan dimana-mana bukan cuma di Indonesia saja, di Australia dan aneka macam negara lain pun membuat penangkaran-penangkaran ikan untuk memenuhi usul konsumennya.
Ikan-ikan yang umum di tangkar yaitu ikan lele, tuna, salem,trout, tilapia, dan berbagai macam ikan yang lain. Di Indonesia bukan cuma ikan laut (asin) tetapi ikan air tawar turut dibudidayakan.
Tapi… Tahukah Ikan yang ditangkap di maritim lepas atau ikan yang ditangkarkan mana yang lebih baik?
Yuuuks.. mari sama-sama simak penjelasan yang sudah aku kutip dari sebuah buku kesehatan  yang berjudul The secret of staying young  (John E. Morley. M.D. & Sheri R. Colberg, Ph.D.) berikut ini :
“Ikan yang ditangkarkan condong mengandung lemak 2-5 kali lebih banyak dibanding ikan yang hidup bebas di maritim walaupun lemak dalam ikan liar berlainan, sesuai dengan musim dan siklus reproduksi.
 Walaupun memiliki kalori lebih banyak, ikan hasil tangkaran condong mengandung lebih banyak lemak omega-3, asalkan para penangkarnya memberi makan ikan-ikan ini dengan gandum atau ikan lain yang mengandung lemak sehat lebih tinggi”.
Nah.. dari penjelasan di atas maka, kita mampu memutuskan sendiri kan untuk menyantap ikan laut atau ikan hasil penangkaran.
Dalam tanda kutip sih, bagi saya baik ikan di tangkar atau di maritim sama sehatnya asalkan segar, dan lingkungan daerah berada ikan-ikan itu tidak terpapar zat-zat beracun mirip merkuri dan de el el… 
Semoga ikan yang dijual dipasaran dan yang selama ini kita konsumsi menyehatkan kita yah..

So.. telah beli ikan segar hari ini?? kalau belum.. ayooo buruan secepatnya beli dan masak untuk keluarga Anda .. ehehehe kok kayak ngiklan yee..
Yuuups…. Sekian berita kesehatan hari ini… InsyaAllah kita jumpa di gosip kesehatan lainnya..

Sumber :
gambar :  Tribunnews.com
Buku bacaan :  The secret of staying young  (John E. Morley. M.D. & Sheri R. Colberg, Ph.D.) hal. 8.
Wallahu a’lam..