close

Hari Raya Keagamaan Umat Hindu: Ngembak Gni

pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Setiap agama memiliki hari besar selaku bagian dalam perjalanan sejarah perkembangan keagamaan. Tanpa terkecuali umat Hindu. Hari raya dalam agama Hindu dirayakan dalam waktu berlawanan alasannya memaknai sejarah dari hara-hari peringatan tersebut. Beberapa daftar perayaan umat Hindu ialah Siwa Ratri, Saraswati, Pagerwesi, Thaipusam, Tawur Kesanga, Nyepi, Ngembak Gni, Galungan, Kuningan, dan Deepavali setiap tahun dirayakan dalam hari-hari yang saling berhubungan. Seperti teladan: hari raya keagamaan untuk umat Hindu, Pagerwesi dirayakan sesudah hari raya Saraswati, Tawur Kesanga dirayakan sebelum hari raya Nyepi, Ngembak Geni dirayakan setelah hari raya Ngembak Geni.

Untuk beberapa daftar hari raya keagamaan umat Hindu yang pengertianartidefinisidari.blogspot.com tentu beberapa diantaranya kau masih bertanya apa yang dimaksud dengan hari raya ini. Sebagai awal sebelum pembahasan perayaan yang lain, mari kita mulai dengan Hari Ngembak Geni.

PENGARTIAN HARI RAYA NGEMBAK GENI DALAM AGAMA UMAT HINDU

Ngembak Geni yaitu dua kata yang dalam bahasa Bali memiliki pengertian sebagai berikut:

  • Ngembak artinya bebas, dan;
  • Geni artinya api.

 Setiap agama memiliki hari besar sebagai bagian dalam perjalanan sejarah perkembangan kea HARI RAYA KEAGAMAAN UMAT HINDU: NGEMBAK GNI

Dari kedua pemahaman diatas, secara singkat bahwa pengertianartidefinisidari Ngembak Geni mempunyai makna bebas menyalakan api (dalam pemahaman luas terbebas dan mampu kembali beraktifitas).

Dalam artian yang lebih lazimnya , Ngembak Geni memiliki arti terbebas dan dipersilakan kembali untuk melakukan berbagai macam aktifitas seperti sedia periode. Hal ini dimaksudkan karena saat Upacara Nyepi dikerjakan seluruh aktifitas masyarakat Hindu dilarang dan baru diperbolehkan untuk aktifitas kembali sehabis hari raya besar itu simpulan.

  Catatan Pendidikan Kalimantan Kristen Gke & Negeri, 1993 - 2008 & Kampus ?

Sebagaimana dimengerti bahwa terdapat beberapa aktifitas yang tidak diperbolehkan ketika Hari Raya Suci Nyepi mirip selaku berikut:

  • Amati Karya, artinya bahwa dihentikan melaksanakan aktifitas jasmani, sebaliknya diwajibkan hanya melakukan aktivitas rohani seperti bersembahyang;
  • Amati Geni, dihentikan menyalakan api serta tidak mengobarkan hawa nafsu;
  • Amati Lelungaan, dihentikan bepergian melainkan mesti selalu melaksanakan mawas diri;
  • Amati Lelanguan, dihentikan mengobarkan kesenangan melainkan melakukan pemusatan asumsi cuma terfokus terhadap Sanghyang Widhi Wasa.

Oleh karena itu, sehari sesudah pelaksanaan hari raya Nyepi dilakukan hari raya Ngembak Geni. Pada hari Ngembak Geni, seluruh umat Hindu di Bali melaksanakan sembahyang dan memanjatan ucapan doa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) dengan kata-kata permintaan semoga pada tahun gres Saka berikan fasilitas, kebaikan dan kembali menjadi insan baru lagi, yang higienis juga suci dari segala dosa-dosa dimasa lalu.

Setelah sambutan Tahun baru saka, baru diperbolehkan untuk melakukan aktifitas kembali. Ini artinya bahwa Ngembak Geni merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan hari raya Nyepi, adapun tahapan-tahapan yang mampu pengertianartidefinisidari.blogspot.com sebutkan ialah sebagai berikut :

  • Tahap pertama Melasti, yakni membuang mala dalam upaya mensucikan Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit;
  • Tahap kedua Tawur, yakni caru yang bermaksud mengharmoniskan Tri Hita Karana;
  • Tahap ketiga Sipeng, yakni menggelar tapa-berata-yoga-samadi;
  • Tahap keempat Ngembak Geni, adalah mengakhiri tapa-berata-yoga-samadi, dan ber Dharma Santi dalam bentuk saling berkunjung dan saling memaafkan;
  • Tahap kelima ialah nunas tirta amertha pada Purnama Kadasa, di ketika mana Ida Sanghyang Widhi memberkati dunia dan isinya semoga sejahtera menghadapi tahun yang akan tiba.

Baca:

  Soal Tryout dan Prediksi UN Matematika SMP/MTs 2014/2015

KESIMPULAN HARI RAYA KEAGAMAAN UMAT HINDU: NGEMBAK GENI

Pada hakikatnya Ngembak geni mampu diartikan sebagai program untuk bersilaturahmi mulai dari Mesima Krama (lingkungan keluarga), tetangga, serta Dharma Santi atau yang lebih luas, dan disamping itu selaku bentuk permintaan maaf atas segala kesalahan serta merenungkan diri selama Catur Brata Penyepian berjalan. Akhir kata, sobat di pengertianartidefinisidari.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi dan Selamat Ngembak Geni Tahun baru saka.