close

Frederick Soddy – Penemu Isotop

 adalah seorang ahli radiokrit Inggris yang meluncurkan kata isotop untuk menandakan zat y Frederick Soddy - Penemu Isotop

Frederick Soddy adalah spesialis radiokrit Inggris yang meluncurkan kata isotop untuk menunjukan zat yang secara kimiawi identik tetapi memiliki sifat radioaktif yang berlainan (mengambarkan adanya isotop komponen radioaktif tertentu).

Ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia 1921 untuk penemuannya pada isotop. Ia juga mempublikasikan suatu catatan dalam majalah Nature yang memuat rumus matematika yang menggambarkan bundar Soddy.

Bersama Ernest Rutherford, menerangkan bahwa radioaktivitas disebabkan oleh transmutasi bagian, yang kini dimengerti melibatkan reaksi nuklir.

Dia menemukan kembali teorema Descartes pada tahun 1936 dan menerbitkannya selaku suatu puisi, “The Kiss Precise”, dikutip dari Problem of Apollonius. Lingkaran ciuman dalam problem ini kerap kali dikenal dengan lingkaran Soddy.

Dia menerima Hadiah Nobel dalam bidang Kimia pada tahun 1921 dan pada tahun yang serupa ia terpilih sebagai anggota Komite Bobot Atom Internasional. Sebuah kawah kecil di sisi yang jauh dari Bulan dan juga mineral radioaktif Uranium Soddyite dinamai berdasarkan namanya. Sumber: en.wikipedia,org

  Profil Carlo Perrier - Penemu Komponen Teknesium Bareng Emilio Segrè