close

Faktor Alamiah Dan Sosial Wawasan Nusantara (Trigatra Dan Pancagatra)

Aspek wawasan nusantara – Wawasan nusantara ialah cara pandang dan perilaku yang menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan bangsa Indonesia. Wawasan nusantara haruslah diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, baik pada aspek alamiah maupun aspek sosial.

Secara umum, pengertian pengetahuan nusantara yakni cara pandang dan sikap bangsa Indonesia perihal diri dan bentuk geografinya menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam pelaksanaanya, wawasan nusantara memprioritaskan kesatuan daerah dan menghargai kebhinekaan untuk meraih tujuan nasional.

Adapun tujuan wawasan nusantara berfungsi sebagai konsepsi ketahanan nasional, selaku pembangunan nasional, selaku pertahanan dan keamanan serta selaku wawasan kewilayahan. Peran pengetahuan nusantara penting guna merealisasikan persatuan dan kesatuan di negara Indonesia.

Wawasan nusantara pun bisa dibagi menjadi beberapa faktor, yaitu aspek alamiah dan faktor sosial. Aspek alamiah ialah faktor yang harus dipenuhi oleh suatu negara yang dimulai di ketika negara itu sendiri. Aspek ini disebut selaku aspek trigatra dan tiap negara mampu memiliki kadar faktor yang berbeda-beda satu sama lain.

Adapun aspek sosial merupakan faktor yang berada di dalam kehidupan negara sehari-hari. Aspek ini memiliki keterkaitan dengan aneka macam macam interaksi dan pergaulan hidup dari warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Aspek ini disebut sebagai aspek pancagatra dan bekerjasama dengan ikatan, aturan, dan norma yang berlaku di dalam suatu negara.

(baca juga hakikat wawasan nusantara)

aspek wawasan nusantara

Aspek-Aspek Wawasan Nusantara

Berikut akan dibahas apa saja aspek-aspek trigatra dan pancagatra dalam pengetahuan nusantara, berisikan aspek alamiah dan sosial.

  Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan Termasuk Usaha Pembelaan Negara ?

Aspek Alamiah Wawasan Nusantara (Trigatra)

Aspek alamiah wawasan nusantara terdiri dari 3 (tiga) aspek, yang disebut selaku aspek trigatra. Adapun faktor trigatra dalam wawasan nusantara berisikan letak geografis, kependudukan, dan kekayaan alam.

1. Letak Geografis

Salah satu aspek alamiah pengetahuan nusantara yaitu letak geografis. Yang dimaksud letak geografis adalah letak daerah sebuah negara menurut posisi geografisnya. Adanya letak geografis menunjukan bahwa sebuah bangsa atau negara itu memang betul-betul ada.

2. Kependudukan

Kependudukan juga tergolong faktor alamiah yang dimiliki suatu negara. Hal ini juga jadi salah satu bagian-unsur negara yang pasti mempunyai penduduk. Penduduk merupakan orang yang mendiami kawasan suatu negara. Jika tidak ada penduduk, maka pasti negara tersebut tidak akan pernah ada.

3. Kekayaan Alam

Kekayaan alam merupakan faktor alami tunjangan Tuhan terhadap suatu negara. Kekayaan alam mesti dapat dimasak seoptimal mungkin oleh negara. Tiap negara mempunyai kekayaan alam yang berlawanan-beda, tergantung banyak faktor. Indonesia tergolong negara dengan kekayaan alam yang melimpah.

Aspek Sosial Wawasan Nusantara (Pancagatra)

Aspek sosial wawasan nusantara berisikan 5 (lima) aspek, yang disebut sebagai aspek pancagatra. Adapun faktor pancagatra dalam wawasan nusantara berisikan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keselamatan.

1. Ideologi

Tiap negara pasti mempunyai ideologi. Ideologi menjadi cara pandang sebuah bangsa terhadap segala aspek dalam kehidupan berbangsa dan bernegar. Ada banyak jenis-jenis ideologi, seperti liberalis, sosialisme atau komunisme. Indonesia sendiri menganut ideologi Pancasila.

2. Politik

Politik yaitu suatu ilmu untuk menyusun sebuah negara. Politik ini tergolong ke dalam ilmu pemerintahan untuk menduduki jabatan penguasa. Politik ini dapat terbentuk segera sehabis terbentuknya pemerintahan. Politik harus disikapi secara konkret semoga tidak terjadi perpecahan atau kudeta.

  Pengertian Keadilan Berdasarkan Para Jago Dan Secara Lazim Beserta Macam Macam Keadilan

3. Ekonomi

Ekonomi juga tergolong unsur sosial dalam pengetahuan nusantara. Yang dimaksud ekonomi berhubungan dengan keadaan ekonomi dan finansial suatu negara. Hal ini berkaitan juga dengan kebijakan di bidang moneter dan perbankan, mencakup ekspor impor dan devisa negara.

4. Sosial Budaya

Sosial budaya menjadi aspek yang muncul berhubungan dengan kependudukan. Aspek sosial budaya muncul akhir adanya interaksi sosial keseharian dari penduduk yang ada di lingkungan negara. Pada hasilnya akan terbentuk budaya yang menjadi ciri khas dan identitas dari suatu bangsa.

5. Pertahanan dan Keamanan

Aspek sosial pengetahuan nusantara yang terakhir yakni pertahanan dan keselamatan. Aspek ini berperan penting untuk melindungi negara dari potensi ancaman, baik dari dalam atau luar negeri. Adanya aspek ini akan menjamin keamanan bagi warga negara.

Nah itulah tumpuan aspek-faktor wawasan nusantara beserta contoh dan penjelasannya, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Wawasan nusantara mempunyai sejumlah faktor yang membentuk trigatra dan pancagatra yang mesti kita pahami dan kita optimalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.