close

Eugène-Anatole Demarçay – Penemu Europium

 Salah satu matanya kehilangan penglihatan saat terjadi ledakan dalam suatu percobaan Eugène-Anatole Demarçay - Penemu Europium

Eugène-Anatole Demarçay (1 Januari 1852 – 5 Maret 1903) yakni seorang ahli kimia Prancis. Dia belajar di bawah bimbingan Jean-Baptiste Dumas. Salah satu matanya kehilangan pandangan ketika terjadi ledakan dalam sebuah percobaan.

Eugene Anatole Demarcay yakni spesialis spektrum. Pada tahun 1896, ia mengira sampel samarium yang gres ditemukan terkontaminasi oleh komponen yang tidak diketahui, dan diisolasi pada tahun 1901, diberi nama europium. Pada tahun 1898 dia menggunakan kemampuan spektroskopi untuk membantu Marie Curie menentukan bahwa beliau telah menemukan unsur radium.

Europium

Europium adalah komponen kimia dengan simbol Eu dan nomor atom 63. Diisolasi pada tahun 1901 dan dinamai berdasarkan benua Eropa. Logam ini agak keras dan keperakan yang gampang teroksidasi di udara dan air. Sebagai anggota khas dari seri lantanida  europium lazimnya mengasumsikan kondisi oksidasi +3, namun keadaan oksidasi +2 juga umum terjadi. Semua senyawa europium dengan kondisi oksidasi +2 sedikit menyusut. Europium tidak memiliki tugas biologis yang signifikan dan relatif tidak beracun ketimbang logam berat yang lain. Sebagian besar aplikasi europium mengeksploitasi fosfor senyawa europium. Europium adalah salah satu elemen paling melimpah di alam semesta; Hanya sekitar 5 × 10 -8 % dari semua bahan di alam semesta yaitu europium.

Sejarah inovasi Europium

 Salah satu matanya kehilangan penglihatan saat terjadi ledakan dalam suatu percobaan Eugène-Anatole Demarçay - Penemu Europium
Europium,  63Eu

Meskipun europium hadir di sebagian besar mineral yang mengandung komponen langka lainnya. Karena kesulitan dalam memisahkan bagian-unsur itu tidak sampai tamat 1800-an, bagian tersebut diisolasi. William Crookes memperhatikan spektrum berpendar dari komponen langka dan mengamati garis spektral yang lalu diperintahkan ke europium.

Europium pertama kali didapatkan pada tahun 1890 oleh Paul Émile Lecoq de Boisbaudran , yang menemukan fraksi dasar dari konsentrat samarium-gadolinium yang mempunyai garis spektrum yang tidak dicatat oleh samarium atau gadolinium. Namun, inovasi europium biasanya dikreditkan ke jago kimia Prancis Eugène-Anatole Demarçay, yang mengira sampel samarium komponen yang baru ditemukan tercemar dengan bagian yang tidak dikenali pada tahun 1896 dan yang mampu mengisolasinya pada tahun 1901; Dia lalu menamakannya europium.

  Perbedaan Kertas Indikator Universal dengan Kertas Lakmus

Ketika europium-doped itrium orthovanadate fosfor merah ditemukan pada permulaan 1960-an, dan diketahui akan mengakibatkan suatu revolusi di industri televisi berwarna, ada perebutan pasokan terbatas europium di tangan di antara prosesor monazite, Sebagai konten europium khas di monazite yakni sekitar 0,05%. Namun, deposit bastnäsite Molycorp di tambang langka di Mountain Pass, California, yang lanthanida mempunyai kandungan europium yang hebat tinggi sebesar 0,1%, akan segera diluncurkan dan menunjukkan europium yang cukup untuk menopang industri ini. Sebelum europium, fosfor merah warna TV sungguh lemah, dan warna fosfor lainnya mesti dibungkam, untuk mempertahankan keseimbangan warna. Dengan fosfor europium merah cemerlang, tidak perlu lagi untuk membungkam warna lain, dan gambar TV warna yang lebih terang akibatnya. Europium terus dipakai di industri TV dan juga di monitor komputer. Bastnäsite California sekarang menghadapi kompetisi ketat dari Bayan Obo, China, dengan kandungan europium “lebih kaya” sebesar 0,2%.

Frank Spedding, yang dirayakan untuk pengembangan teknologi pertukaran ion yang merevolusi industri tanah jarang di pertengahan tahun 1950an, pernah menceritakan cerita bagaimana ia mengajar di bumi langka di tahun 1930an dikala seorang laki-laki tua mendekatinya. Dengan tawaran bantuan beberapa pon oksida europium. Ini yakni jumlah yang tidak pernah terdengar pada saat itu, dan Spedding tidak menilai laki-laki itu serius. Namun, suatu paket selayaknya masuk lewat surat, berisi beberapa kilo oksida europium asli. Pria tua itu ternyata yaitu Herbert Newby McCoy yang sudah menyebarkan sistem pemurnian europium yang populer yang melibatkan kimia redoks.

Sumber: