close

Download Logo Dan Sambutan/Pidato Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019

SAMBUTAN/PIDATO UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-58 TAHUN 2019


Gerakan pramuka di NKRI ini bangun sejak bulan agustus tahun 1961 tepatnya pada tanggal 14 agustus 1961 lewat keputusan presiden republik Indonesia nomor 448 tahun 1961. pada tangga 14 inilah terjadi kejadian peresmian mapinas ( majelis pimpinan nasional ), kwarnas dan kwarnari di instana negara.

gerakan pramuka sendiri memiliki pengertian suatu nama organisasi non formal yang mengadakan pendidikan tentang kepanduan di negara indonesia.
Dalam praktiknya kita serign mendengar istilah pramuka, kepramukaan, pendidikan kepramukaan. PRAMUKA ( praja muda karana ) adalahh rakyat muda yang suka berkarya. pramuka merupakan sebutan bagi orang yang meliputi pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega. disamping itu, pramuka juga memiliki anggota yakni pembina, andalan, instruktur, pamong saka, staf kwaran dan mabigus. KEPRAMUKAAN adalah proses pendidikan diluar lingkup sekolah dan keluarga yang dibungkus dalam aktivitas menawan, mengasyikkan terarah dan praktis. 
pada tahun 2019 ini gerakan pramuka telah berusia 58 tahun. lazimnya pada peringatan hari pramuka selalu dilaksankan upacara perayaan hari pramuka. berikut ini ialah pidato sambutan upacara HUT Pramuka ke 58 tahun 2019

SAMBUTAN/PIDATO UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-58 TAHUN 2019

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum wr. wb. Selamat pagi, salam sejahtera.
Salam Pramuka!
Yang kami hormati Bapak dan Ibu Dewan Pembina Pramuka ……. dan seluruh adik- adik sekalian yang kami cintai dan kami banggakan.
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang sudah menunjukkan nikmat, rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam memperingati hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019.
Selanjutnya, Saya juga ingin mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke 58, biar jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, kreatif dan kreatif dalam berkarya, dan senantiasa menjadi generasi muda yang terdepan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.
Tema Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini yaitu “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membanguna keutuhan NKRI. Karena itu, Pramuka mampu hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.
Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus selaku bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan acara bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk Mengurangi Sampah Plastlk.akst higienis sampah plastik, aksi higienis pantai, bahari, sungai, penghijauan, dan lain-lain.
Tepuk Pramuka …….
Tepuk Pramuka…….
Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang memiliki arti “sekumpulan bawah umur mud ayang suka berkarya”. Makara, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang faktual dalam kehidupan.
Tujuan dari acara pramuka itu sendiri sangatlah mulia, ialah untuk mendidik generasi muda jaman kini ke hal-hal aktual dengan adanya dasar dan tata cara kegiatan pramuka yang tepat dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.
Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki watak, mental dan akal pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan mengakibatkan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berkhasiat dan berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.
Hadirin sekalian yang aku hormati,
Terakhir Saya ingin berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di sini. Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang konkret dan produktif. Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia yakni generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang.
Ingatlah senantiasa hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia yakni manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan biar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pancasila yakni dasar kita bernegara. Pancasila yakni pemersatu Bangsa. Pancasila yaitu rumah kita bersama.
Itu saja yang perlu aku sampaikan.
Salam Pramuka ! Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

LOGO HARI PRAMUKA KE 58 TAHUN 2019

Berikut ini yakni beberapa larangan aplikasi logo HUT Pramuka yang merujuk pada Pedoman Penggunaan Logo Hari Pramuka ke 57 tahun 2018.
Logo tidak diperbolehkan untuk didistorsi, diputar, maupun dibalik.
Logo tidak diperbolehkan untuk di ganti warna selain yang disetujui.
Logo tidak diperbolehkan untuk diubah atau diiris sebagian selain yang disetujui.
Logo berwarna tidak diperbolehkan ditaruh pada latar berwarna.
Logo tidak diperbolehkan untuk diberi efek gambar yang tidak cocok.

Pada tahun ini tidak jauh berlainan dengan tahun kemarin. berikut ini yaitu logo peringatan hari pramuka tahun 2019


  Faktor Kebijakan Publik Pendidikan Dan Budaya
logo hari pramuka ke 58 tahun 2019