close

Di Bulgaria Pengamen Wajib Punya Ijazah Diploma Pendidikan Musik

DI BULGARIA PENGAMEN WAJIB PUNYA IJAZAH DIPLOMA PENDIDIKAN MUSIK
Para musisi di Plovdiv, Bulgaria tengah, cuma akan diizinkan bermain musik di jalan utama kota itu jika mereka mempunyai diploma pendidikan musik, kata badan penyiaran nasioanal BNT.
Kota itu terpilih menjadi Ibu Kota Budaya Eropa untuk tahun 2019.

Dewan kota menyampaikan mengikuti jejak beberapa kota lain, tergolong Madrid, yang mulai memberlakukan proses audisi bagi para pemusik jalanan di tahun 2013.

Ibu kota Spanyol pada waktu itu menuntut para pemusik untuk tampil di hadapan suatu panel juri sebelum menerima izin, tetapi mereka tidak diminta ijazah resmi.

Dewan kota kini membagi Plovdiv ke dalam tiga zona, dengan jalan kawasan perbelanjaan utama dan wilayah Kota Tua terbuka hanya untuk pemusik yang mempunyai kualifikasi.

Sedangkan area kedua kini ditawarkan untuk mereka yang tidak memiliki ijazah resmi, tetapi harus telah pernah tampil di acara musik atau ikut dalam kompetisi.

Yang ketiga yakni di luar kedua wilayah tersebut. Para pengamen lain bebas mencari nafkah di tempat ketiga ini.

“Saya tidak ingin menyampaikan bahwa tolok ukur ini sangat ketat. Para pejabat hanya ingin menentukan bahwa para musisi cukup elok untuk menghibur turis dan warga setempat,” kata ketua kebijakan biasa dewan kota Bulgaria, Georgi Marinov seperti dikutip dari BBC, Minggu (29/3/2015).

Walau dikritik, Pemkot Plovdiv berargumentasi perlu melaksanakan sertifikasi ini. Soalnya kota ini ditunjuk selaku Ibu Kota Kebudayaan Eropa pada 2019 mendatang. Pemkot cemas pengamen asal pilih bikin aib gambaran kota di hadapan turis aneh.

Tidak semua musisi memprotes aturan tersebut. Georgi Dimitrov, salah satu pengamen kawakan, menyatakan di lapangan mereka saling sikut. “Dengan adanya hukum ini, maka pertengkaran antar pengamen bisa dikurangi alasannya adalah telah ada kawasan masing-masing,” tuturnya.

  Teladan Peran Seminar Manajemen Keuangan
 ini mungkin cara yang mampu ditiru DKI Jakarta untuk menghemat jumlah pengamen bersuara sumbang. Setiap pengamen mangkal alun-alun harus punya ijazah. Tapi sayangnya tidak mampu, Pemerintah sekarang tak memperhatikan hal-hal mirip ini dan juga akan muncul aneka macam protes serta amukan para pengamen yang telah mengamen bertahun-tahun, lah toooh pengamen lebih banyak ketimbang para pejabat Pemerintah  :V 
Sumber : 
http://www.merdeka.com/dunia/kota-di-bulgaria-wajibkan-pengamen-punya-ijazah-seni-musik.html

http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/03/150327_bulgaria_pengamen

http://global.liputan6.com/read/2198743/larangan-unik-pengamen-di-bulgaria-harus-berijazah

(wallahu’alam)..