close

Definisi, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Penjelasannya

Pengertian teks anekdot – Teks anekdot ialah salah satu jenis teks berupa dongeng singkat yang di dalamnya mengandung bagian lucu dan memiliki maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasa membahas mengenai gosip-informasi terkini di kalangan sosial dan penduduk serta memperlihatkan tokoh atau figur yang bersahabat dengan kehidupan sehari-hari.

Tujuan teks anekdot yakni untuk memperlihatkan kritikan sosial atau sindiran halus pada tokoh terkenal atau terkait informasi sosial masyarakat yang berkembang. Teks anekdot juga bisa menghibur pembacanya, alasannya adalah isi kisah yang ada pada teks anekdot bersifat lucu serta disisipi humor dan dagelan yang mampu menciptakan pembacanya tertawa.

Teks anekdot menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kepeduliannya pada masalah atau isu-informasi di sekeliling dan mengingatkan orang lain akan kebenaran yang mesti dilakukannya. Anekdot dapat menyadarkan kekeliruan orang lain, tanpa mesti merasa tersinggung, sebab berisi sindiran-sindiran halus.

pengertian teks anekdot

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian teks anekdot adalah jenis teks berupa kisah pendek dan lucu yang digunakan untuk menyampaikan kritik lewat sindiran kepada insiden yang menyangkut orang banyak. Dengan begitu, kritik yang disampaikan tidak menyakiti atau bernafsu serta dibentuk secara humoris dan menghibur.

Sedangkan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti teks anekdot adalah suatu dongeng singkat yang menawan alasannya lucu dan mengesankan, lazimnya membahas tentang orang penting atau populer dan menurut peristiwa yang sebenarnya.

Menurut Keraf (1991)

Pengertian teks anekdot menurut Keraf adalah cerita pendek yang bermaksud menyampaikan karakteristik yang menawan atau gila tentang seseorang atau atau suatu hal lain. Oleh karena itu, mampu disimpulkan bahwa anekdot yakni teks yang lucu, berkarakter, dan mengandung kritikan yang membangun.

  Tujuan Anjuran Beserta Manfaat Dan Fungsi Pengerjaan Ajuan

Menurut Mayora dkk (2017)

Definisi teks anekdot menurut Mayora dkk ialah sebuah teks dongeng yang sifatnya lucu serta mempunyai tujuan untuk menyindir seseorang atau sebuah kebiasaan jelek.

Menurut Wijana (1995)

Teks anekdot yaitu sebuah teks atau tentang yang bermuatan humor untuk menyindir, bersunda gurau atau mengkritik secara tidak langsung segala macam kepincangan atau ketidakberesan yang tengah terjadi di golongan masyarakat penciptanya.

Menurut Kosasih (2017)

Arti teks anekdot berdasarkan Kosasih yakni suatu cerita yang transpirasi oleh fakta, sifatnya lucu (mengandung humor) serta diikuti dengan adanya kritikan halus atau makna tersirat konkret yang lainnya.

Menurut Cuddon J. A. (1992)

Teks anekdot mampu juga didefinisikan selaku sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik yang mungkin menggambarkan peristiwa atau peristiwa orang bahu-membahu.

Menurut Dananjaja (1997)

Pengertian teks anekdot ialah suatu dongeng fiktif lucu langsung seorang tokoh atau beberapa tokoh yang sungguh-sungguh ada.

Menurut Tim Studi Edukasi (2013)

Pengertian teks anekdot yakni dongeng lawakan atau humor yang di dalamnya terkandung pelajaran ataupun pesan yang tersirat.

Menurut Setiawan (1990)

Definisi teks anekdot berdasarkan Setiawan merupakan dongeng narasi ataupun dialog yang lucu dengan banyak sekali tujuan, baik cuma sekedar untuk hiburan atau senda gurau, sindiran atau kritik secara tidak langsung. Hal-hal yang anek dan nyeleneh mampu dijadikan humur, sehingga tidak menutup kemungkinan segala hal yang ada di dunia ini lazimdijadikan sebagai materi dagelan.

Menurut Prasetyo

Teks anekdot merupakan dongeng rekaan yang tidak mesti didasarkan pada realita yang terjadi di masyarakat, yang menjadi pekau atau paritisipan di dalamnya pun tidak mesti orang penting.

Menurut Muthiah (2012)

  Bahasa Pemrograman Apa Yang Sering Digunakan Untuk Pembuatan Website?​

Anekdot merupakan suatu teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa, pengalaman tersebut disampaikan terhadap orang lain dengan tujuan untuk menghibuar pembaca atau pendengar.

Menurut Gerot & Wignell

Menurut Gerot dan Wignell, teks anekdot pada umumnya terdiri atas lima bab atau struktur, lima bagian tersebut antara lain abstrak, orientasi, krisis, reaksi dan koda.

Menurut Husen (2001)

Menurut Husen, teks anekdot dipakai untuk menamai humor atau lawakan dalam pengertian lazim.

Menurut Mega Book oleh Tim Eduka

Teks anekdot adalah sebuah teks yang berisikan pengalaman seseorang yang tidak biasa, yang disampaikan dengan tujuan menghibur pendengar maupun pembaca.

Menurut Kemendikbud

Teks Anekdot adalah sebuah cerita yang singkat serta menawan sebab lucu dan mengesankan umumnya tentang orang-orang penting atau terkenal dan berdasarkan peristiwa yang sebenarnya.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Berikut ini ialah beberapa karakteristik dan ciri-ciri teks anekdot selengkapnya.

  • Isinya mengandung kritikan atau sindiran halus
  • Terinspirasi dari peristiwa positif, yang disampaikan dalam bentuk kelakar
  • Menampilkan tokoh atau figur yang populer dan bersahabat dengan kehidupan sehari-hari
  • Isinya humoris dan lucu serta bisa membuat terhibur
  • Membahas isu-isu sosial dan penduduk
  • Berfungsi selaku media penyampai aspirasi masyarakat terkait isu terkini
  • Berupa teks yang mendekati perumpamaan
  • Mengandung pesan susila dan amanat

Struktur Teks Anekdot

Berikut ini akan dibahas apa saja struktur teks anekdot beserta penjelasannya secara lengkap.

  1. Abstraksi, yaitu bab awal dari teks yang berfungsi memberikan citra secara jelas mengenai isi dongeng
  2. Orientasi, adalah bagian yang menawarkan latar belakang bagaimana insiden terjadi atau bab yang menawarkan awal kejadian
  3. Krisis, yakni bab yang menerangkan inti atau dilema utama
  4. Reaksi, adalah bagian yang berisi cara penulis menyelesaikan masalah yang muncul di bagian krisis
  5. Koda, yakni bab final dari cerita unik
  Pengertian Bahasa

Nah itulah acuan mengenai pengertian teks anekdot secara lazim dan berdasarkan para jago beserta definisi, ciri-ciri, dan strukturnya lengkap. Semoga bisa memperbesar wawasan dan referensi tentang apa itu teks anekdot.